Cara Daftar OVO (2020) Mudah dan Cepat

Mengenal Aplikasi OVO
Apa itu OVO? OVO merupakan sebuah uang elektronik yang berasal dari bank nasional NOBU. Saat ini OVO banyak digunakan sebagai alat pembayaran pada beberapa perusahaan besar seperti Grab dan Tokopedia. Dengan menggunakan OVO, para pengguna tidak report lagi membawa uang tunai saat ingin berbelanja, karena dengan satu saldo pada aplikasi OVO sudah bisa membayar hampir semua tagihan baik barang digital maupun yang berbentuk fisik.

Sama seperti uang elektronik lainnya, OVO tidak memiliki bentuk fisik berupa kartu, tetapi hanya berbentuk aplikasi yang dapat dijalankan pada smartphone Android maupun iPhone. Metode pembayaran OVO sendiri ada dua jenis, yaitu OVO Cash dan OVO Points. Dengan OVO Cash kamu dapat mengirim uang dan membayar tagihan pada beberapa patner OVO seperti Grab dan Tokopedia. Sedangkan OVO Points bisa kamu gunakan untuk membayar produk digital seperti pulsa dan tagihan PPOB (Payment Point Online Bank).

Kelebihan Aplikasi OVO
Kelebihan OVO dibandingkan uang elektronik lainnya lebih simple, lengkap dan cepat dalam penggunaanya. OVO sangat simple karena untuk mendaftar hanya memerlukan data pribadi dan nomer telepon. Berbeda dengan aplikasi elektronik lainnya yang memerlukan Credit Card untuk memiliki sebuah akun. OVO juga lengkap daripada mata uang elektronik lain, karena sudah ada fitur bayar tagihan dan transfer dana ke semua nomer rekening secara gratis.

Kekurangan Aplikasi OVO
Kekurangan OVO hanya belum bisa digunakan tarik tunai di ATM bank national NOBU secara langsung. Berbeda dengan Mandiri e-Cash dan BCA Sakuku, yang sudah bisa melakukan tarik tunai langsung dari sumber bank yang mengeluarkan mata uang elektronik tersebut. Solusinya pertama, kamu bisa melakukan transfer saldo OVO ke nomer rekening yang kamu miliki dan menarik saldo tunai lewat ATM langsung.

Solusi kedua, kamu bisa menarik saldo OVO lewat Alfamart bagi akun OVO yang telah melakukan proses upgrade sebelumnya dari OVO Club menjadi OVO Premier. Cara tarik tunai juga cukup mudah hanya memerlukan kode penarikan yang didapat pada aplikasi OVO dan menujukan pada kasir Alfamart yang sedang bertugas saat itu juga.

Cara Daftar Aplikasi OVO
Cara daftar OVO sangatlah mudah bahkan jika kamu seorang yang baru-baru menggunakan smartphone Android. Namun yang terpenting pastikan kamu menyiapkan koneksi internet yang cukup agar proses install aplikasi OVO berjalan dengan baik dan lancar.

1 Download Aplikasi OVO Lewat Playstore atau AppStore

Buka aplikasi Playstore bagi kamu yang menggunakan smartphone Android. Kemudian ketikan OVO pada kolom pencarian dan klik menu search. Jika sudah ketemu OVO dengan icon khasnya berwarna ungu, silahkan kamu install dengan cara yang sama seperti menginstall game atau aplikasi Android lain pada umumnya.

1 Mengisi Form Pendaftaran

Jika sudah menginstall aplikasi OVO, buka aplikasi tersebut kemudian geser ke kiri untuk melewati step perkenalan dan klik Mulai agar menuju proses pendaftaran. Bagi kamu yang baru pertama kali mendaftar klik Join Now. Isikan detail dengan data yang kamu miliki seperti Nama Lengkap, Nomor Ponsel, Email dan Kode Promo, jika kamu mendapat rekomendasi dari teman kamu.

Saat semua data telah siap, ceklist pada tulisan Saya setuju dengan Syarat & Ketentuan > klik Berikutnya. Masukan kode OTP (One Time Password) yang telah dikirim ke nomer telepon yang kamu daftarkan pada bagian Masukan Kode. Jika kode OTP benar maka secara otomatis akan berpindah ke halaman berikutnya.

2 Menyelesaikan Proses Verifikasi Email dan Nomor Handphone

Selanjutnya selesaikan proses verifikasi email dengan mengambil kode OTP yang telah dikirim ke email kamu. Masukan kode tersebut pada bagian form Masukan Kode. Jika belum ada kode OTP yang masuk ke email kamu, silahkan klik pada tulisan Kirim Ulang untuk meminta kode OTP baru. Lalu masukan kembali kode OTP yang dikirim ke nomer telepon yang kamu daftarkan seperti cara sebelumnya. Terakhir buat kode pengaman untuk aplikasi OVO kamu berupa 6 digit angka rahasia yang sulit ditebak tapi mudah diingat.

3 Menyelesaikan Proses Pendaftaran

Pastikan kamu mengisi data dengan benar agar proses pendaftaran segera selesai. Saat pendaftaran sukses maka kamu akan menemukan halaman aplikasi OVO seperti gambar di bawah ini. Silahkan klik Awesome > Mulai untuk membuka halaman OVO kamu.

4 Menu Utama Aplikasi OVO

Berikut ini adalah halaman OVO yang masih berstatus OVO Club yang hanya bisa digunakan untuk isi saldo dan membayar tagihan pulsa dan PPOB. Sedangkan untuk mengaktifkan menu transfer dana kamu perlu melakukan proses upgrade dari OVO Club menjadi OVO Premier.

Kita telah mengenal sekilas tentang aplikasi OVO, kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. OVO sendiri lebih dikenal sebagai bagian dari salah satu aplikasi rekening ponsel. OVO menjadi salah satu rekening ponsel favorit karena menggabungkan fasilitas pembayaran dengan transfer uang menjadi satu kesatuan. Berbeda pada aplikasi rekening ponsel pada umumnya yang hanya dapat digunakan untuk membayar tagihan saja seperti aplikasi Isaku milik Indomart.

Temukan juga keseruan menggunakan OVO sebagai alat pembayaran untuk mendapatkan banyak keutungan berupa cashback dan points setiap kamu melakukan transaksi. Manfaatkan juga momen-momen promosi yang diadakan oleh OVO yang telah bekerjasama dengan beberapa merchant tempat belanja seperti Matahari dan Hypermart. Jika kamu mendapat banyak manfaat dari artikel ini silahkan berbagi dengan teman-temanmu dengan menyebarkan link artikel teknologi ini ke sosial media yang kamu miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *