2 kerajinan Dari barang Bekas Yang Bisa Jadi Peluang Usaha

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa saat ini sampah menjadi salah satu polemik besar bagi masyarakat perkotaan , terutama jakarta.

Lebih jauh, menurut pernyataan dari dinas kebersihan jakarta baru baru ini . Sebuah data menunjukan fakta mencengangkan bahwasanya dalam sehari masyarakat jakarta mampu menghasilkan sampah sebanyak 7000 ton . Bayangkan 7000 ton dalam sehari , mau dikemanakan sampah sebanyak itu . Bunag ke laut ? , yakin ? .. Buang ke TPS ? Yakin ? , ada berapa hektar luas TPS di jakarta ?

Lebih parah nya lagi , penyumbang terbesar sampah itu adalah sampah non organik yang sebagian besar tak dapat terurai kembali, kalopun bisa tetap memerlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun .

Salah satu cara mengurangi dampak buruk dari sampah non organik ini adalah dengan memanfaatkan nya menjadi product baru , berupa kerajinan tangan .

Nah berikut ini coba penulis bagikan beberapa contoh pemanfaatan limbah sampah menjadi sebuah prouct dengan nilai tinggi .

Ruang Kantor dari kontainer bekas

Bagi sebagian orang, mungkin bisnis modifikasi kontainer bekas masih terdengar asing , Terlebih lagi untuk rumah atau kantor yang dibuat dari container ini lebih banyak dibangun untuk kondisi khusus seperti bencana. Meskipun demikian, laba dari usaha atau bisnis modifikasi container bekas ini ternyata terus naik dan cukup menggiurkan.

Mayoritas masayarkat mengenal kontainer sebagai tempat untuk membawa barang barang tertentu saat di export maupun import , namun Faktanya, container juga bisa disulap menjadi rumah, kelas atau kantor yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti AC dan kamar mandi. Dengan semakin padatnya lingkungan di perkotaaan besar, maka otomatis akan semakin banyak pula proyek pembangunan rumah container.

Lebih dari 70% pemesan modifikasi container adalah berupa hunian atau rumah. Tipe rumah container standar yang paling banyak dikerjakan adalah berukuran 12x6x3 meter. Tidak hanya memodifikasi rumah container dengan penambahan AC, jendela dan keramik, para penyedia jasa modifikasi container juga bisa memasangkan sekat untuk ruangan lainnya sesuai pesanan.

Nah, bagi sobat yang penasaran , bisa langsung cek contoh contoh modifikasi kontainer serta harga nya disini : master-container.com

Tempat pena dari kaleng bekas

Sama hal nya dengan container bekas, limbah kaleng juga menjadi salah satu sampah yang tidak bisa terurai , amak akan sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan yang tepat .

Nah daripada sampah kaleng ini dibiarkan begitu saja sehingga dapat mencemarkan lingkungan , mending kaleng tersebut sobat pungut lalu sulap menjadi kerajinan tangan cantik rak pena .

Contoh jadi nya silahkan lihat gambar di bawah ini :

Gimana ? , cantik bukan !!?

Nah buat sobat yang kepengen bikin kerajinan seperti gambar diatas , berikut beberapa langkah / tata cara nya :

  • Kaleng bekas
  • papan kayu
  • palu
  • cat
  • kuas

Setelah semua bahan diatas terkumpul, ikuti step step di bawah ini :

  • Sediakan Bahan serta Perlengkapan yang Dibutuhkan
  • Cat kaleng dan berikan sedikit sentuhan seni supaya tampak indah.
  • Paku papan kayu ke tembok dapur.
  • Paku kaleng ke papan kayu.
  • Tempat Alat Tulis dan lain-lain dari kaleng bekas pun siap untuk dipakai.

Demikianlah artikel tentang 2 peluang usaha kerajinan tangan berbahan dasar limbah non organik kali ini . Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *