Bisnis WiFi Rumahan di Desa

Bisnis WiFi merupakan ladang bisnis baru namun sangat menjanjikan. Penerapan bisnis ini pun sangat mudah karena bisa dilakukan di kos-kosan, perumahan, lingkungan RT bahkan pedesaan.

bisnis wifi
internet

Karena tidak dapat dipungkiri bahwa internet menjadi media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk mencari berbagai informasi. Bahkan internet ini bisa digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan seperti belajar, bisnis, menjalin kerjasama, komunikasi dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, keberadaan internet menjadi semakin tinggi dari sebelumnya. Kebutuhan internet ini juga dirasakan di daerah desa, karena dengan bantuan internet masyarakat pedesaan bisa berkomunikasi dengan masyarakat di perkotaan. Selain itu, berbagai komoditi dan produk di desa bisa dijual dengan mudah melalui internet.

Keuntungan dan Peluang Bisnis WiFi di Pedesaan

bisnis wigi
Keuntungan Bisnis Internet WiFi

Bisnis internet dengan menggunakan WiFi dipedesaan tentu memiliki keuntungannya tersendiri. Keuntungan ini bisa diperoleh secara langsung ataupun tidak langsung bergantung pada cara masyarakat menggunakannya. Adapun keuntungan bisnis ini di pedesaan adalah:

  • Memudahkan komunikasi dan akses informasi bagi masyarakat pedesaan
  • Ikut serta memeratakan teknologi informasi di daerah pedesaan.
  • Mengajak masyarakat pedesaan agar melek teknologi informasi.
  • Bisa memperoleh berbagai harga komiditi sehingga para petani di pedesaan mengetahui harga produk pertaniannya. Hal ini sangat penting sehingga petani memiliki bargain terhadap tengkulak atau dapat menjualnya langsung dipasar terdekat dengan harga yang baik.
  • Bisa menggunakan berbagai aplikasi atau software pertanian sehingga penjualan hasil tani semakin mudah.
  • Mencari informasi tentang bibit unggul ataupun program bantuan pemerintah untuk perkembangan desa yang lebih baik.
  • Prospek bisnis ini cukup cerah, karena jika berhasil memasang akses WiFi ini maka warga desa tersebut akan memakai jasa ini dengan cepat.
  • Terdapat peluang untuk membuka bisnis yang sama di beberapa desa yang berdekatan. Namun, hal ini dapat terjadi jika akses WiFi di desa tujuan utama berjalan dengan baik dan hasilnya memuaskan.

Tentu masih banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan membuka bisnis WiFi di daerah pedesaan. Namun, setiap keuntungan ini bergantung kepada pemakaian masing-masing. Jadi, jika internet WiFi yang disediakan hanya digunakan untuk instagram, Youtube-an atau searching hal yang tidak jelas maka keuntungan tersebut tidak akan diperoleh.

Kerugian dan Tantangan Bisnis WiFi di Pedesaan

bisnis wifi
Kerugian Bisnis Internet WiFi di Pedesaan

Bisnis internet WiFi di daerah pedesaan tentunya memiliki dua sisi. Satu sisi memberikan keuntungan dan sisi lainnya memberikan kerugian. Adapun beberapa kerugian yang timbul dengan adanya bisnis ini dipedesaan adalah:

  • Jika tidak difilter dengan baik, maka budaya luar yang merusak akan mudah masuk dan merusak tatanan, adab dan norma dipedesaan tersebut.
  • Jika tidak dimanfaatkan dengan baik maka keuntungan yang bisa diperoleh tidak akan pernah didapatkan oleh masyarakat desa tersebut.
  • Perlu melakukan edukasi kepada masyarakat sekitar plus memberikan pemahaman betapa pentingnya internet. Karena beberapa masyarakat (terutama orangtua dan sesepuh) tidak menyukai keberadaan internet ini karena dapat merusak moral anak-anak.
  • Biaya pengadaan internet WiFi di pedesaan lebih mahal daripada di perkotaan.
  • Beberapa desa tidak memiliki akses jaringan provider apapun sehingga sulit untuk menerapkan bisnis WiFi tersebut.
  • Harus mempersiapkan diri dan mental jika terjadi komplain dari masyarakat desa yang kurang paham ketika bisnis ini berjalan.

Setiap kerugian dan kendala di atas dapat diatasi asalkan pihak yang akan membuka bisnis tersebut terus berkomunikasi dengan warga desa setempat. Karena bisnis ini menawarkan jasa, maka anda harus mempertimbangkan keinginan dan opini masyarakat setempat agar bisnis WiFi ini dapat berjalan untuk jangka waktu yang panjang.

Peralatan yang Dibutuhkan

Peralatan Internet WiFi dan Sejenisnya

Setelah anda mengetahui apa saja sisi peluang keuntungan serta kerugian dari bisnis WiFi di daerah pedesaan ini dan masih tetap ingin melanjutkannya. Maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan berbagai peralatan untuk mewujudkan bisnis tersebut, yaitu:

  • Modem. Alat ini merupakan yang paling wajib, karena modem akan mengubah sinyal yang ada sehingga dapat digunakan di smartphone ataupun laptop masing-masing. Modem yang dipakai bisa dari kartu provider ataupun dari ISP (Internet Service Provider). ISP yang direkomendasikan adalah Indihome, MyRepublic, Firts Media dll.
  • Access Point. Alat ini berperan sebagai hotspot yang dapat diletakkan di beberapa titik. Jadi, anda bisa menjangkau seluruh desa dengan menyediakan beberapa hotspot. Hanya saja, semakin jauh rumah warga dari hotspot maka kecepatannya pun akan menurun.
  • Router. Alat ini berfungsi untuk mengatur bandwidth sekaligus menyalurkan jaringan internetagar selalu stabil. Pengaturan bandwidth sangat penting untuk mencegah pemakaian trafik tinggi bagi warga yang memakai Torrent seperti IDM dan sejenisnya.
  • Tower. Alat ini hanya diperlukan bagi anda yang ingin meningkatkan penerimaan kualitas jaringan di desa yang dituju. Tower ini juga bisa digunakan untuk mengirimkan sinyal internet sehingga dapat menjangkau seluruh area pedesaan.

Hal yang Harus Diperhatikan

Pertimbangkan Berbagai Hal

Membuka bisnis WiFi di area pedesaan merupakan hal yang baik karena memiliki peluang yang besar dan ikut memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Walaupun demikian, anda harus mempertimbangkan banyak hal dan membandingkan keuntungan dan kerugian yang akan diperoleh.

Kedua hal ini harus dipertimbangkan baik dari sisi ekonomi dan sosial sehingga anda dan masyarakat dapat memperoleh keuntungan yang maksimal. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah:

  • Biaya pembuatan jaringan internet tersebut apakah feasible atau tidak.
  • Biaya sewa yang dibebankan kepada masyarakat memberatkan atau tidak. Namun, biaya sewa harus menutupi biaya pembuatan, perawatan serta menyediakan dana cadangan agar anda tidak merugi.
  • Berapa besar persen keuntungan yang akan diperoleh namun tetap memperhatikan kemampuan warga setempat.
  • Bagaiman tanggapan warga sekitar (positif/ negatif).
  • Areanya memungkinkan untuk dibangun jaringan internet WiFi atau tidak.
  • dll

Tentunya masih banyak lagi yang harus dipertimbangkan seperti kondisi sosial anak-anak di desa tersebut dan lainnya. Tentu membuka bisnis WiFi tidaklah mudah terutama di area pedesaan. Akan tetapi, dengan adanya bisnis tersebut maka anda tidak hanya memperoleh keuntungan tapi juga pahal karena ikut serta mencerdaskan anak bangsa dan menyebarkan internet di berbagai daerah.

Sumber https://barbarcheat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *