Cara Screenshot Laptop ASUS Windows 10 (Cukup Dengan Tombol)

Cara Screenshot Laptop ASUS Windows 10

Cara Screenshot Laptop ASUS Windows 10 (Cukup Dengan Tombol) – Screenshot atau sering disebut juga dengan screen capture, kadang sangat dibutuhkan untuk keperluan-keperluan tertentu. Seperti misal: Kamu sedang membuat tutorial cara install autocad di laptop. Untuk memudahkan pembaca memahami tutorial Anda, Anda perlu menambahkan langkah-langkahnya melalui beberapa screenshot.

Nah di kesempatan kali ini, entah untuk apapun keperluan screenshot yang akan Anda lakukan, jika Anda ingin melakukan screenshot di laptop, maka bisa ikuti cara yang akan saya sampaikan di artikel ini.

Pada artikel ini, judul saya beri “cara screenshot laptop asus di windows 10 (Cukup dengan tombol)”. Ini bukan berarti hanya bisa digunakan bagi Anda yang ber-laptop Asus saja. Laptop lainnya, asal Windows 10, bisa pakai cara yang ini.

Saya bikin judul seperti itu, karena kebetulan saja laptop yang saya pakai adalah ASUS, lebih tepatnya ASUS VivoBook A442U. Sehingga ketika menulis sesuai dengan cara dan laptop yang saya praktekkan, lebih kerasa feel-nya.

Screenshot laptop Windows 10, bisa menggunakan tombol ataupun software/ aplikasi bawaan Windows. Tapi, kali ini yang saya jelaskan hanya yang pakai tombol.

Langsung saja mari kita cek langkah-langkahnya di bawah ini…

Untuk melakukan screenshot di Windows 10 dengan tombol, bisa menggunakan 2 cara berikut ini sesuai kebutuhan:

Cara Screenshot Laptop ASUS Windows 10 Dengan Tombol Print Screen

Caranya cukup mudah..

Tekan tombol Print Screen >>> buka salah satu program MS Office (MS Word, Excel atau Powerpoint) atau salah satu program grafis (MS Paint, Photoshop, Coreldraw) >>> Paste-kan hasil screenshot. Bisa dengan klik kanan mouse kemudian paste atau dengan tombol Ctrl + V

Tombol print screen, jika kalian menggunakan laptop ASUS, simbolnya PrtSC Sysrq. Untuk laptop lain, mungkin bisa berbeda simbol, seperti PrtSc, PrintScreen dll.

Screenshot Dengan Tombol Print Screen + Alt

Beda cara yang kedua dengan yang pertama adalah untuk screenshot Print Screen + Alt, yang ter-screenshot hanya Windows yang aktif atau yang live.

Maksudnya, jika kamu membuka beberapa aplikasi misal browser chrome, MS Word, Excel, maka yang nantinya ter-screenshot hanya aplikasi yang sedang live/ sedang kamu gunakan.

Caranya…

Pertama, Siapkan tampilan aplikasi yang sedang aktif di layar laptop Anda, yang akan di-screenshot.

Kedua, Tekan tombol Alt + PrtSc Sysrq

Ketiga, Lihat hasil screenshot di folder screenshot. Letak folder ada di folder picture.

Untuk laptop selain ASUS, kadang tombol print screen simbolnya bukan Prt Sysrq. Bisa saja tombolnya ber-simbol PrtSC, Print Screen Sysrq dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *