5 Metode Membuat Kandang Ayam, Gampang serta Murah!

Metode membuat kandang ayam jadi perihal yang banyak dicari dikala ini bersamaan dengan kian banyaknya peminat peternakan ayam.

Gimana tidak, permintaan hendak daging ayam serta telur tidak sempat surut, apalagi dapat dibilang besar.

Mau lihat ide bagus >> 18+ Best Outdoor Bird Aviary Ideas

Baik buat Kamu yang berbisnis ternak ayam ataupun juga yang hanya memelihara ayam buat kebutuhan individu, pasti memerlukan kandang yang layak.

Sebab tempat yang layak pasti hendak membuat hewan ternak lebih sehat serta produktif.

Terlebih buat sediakan kandang, Kamu tidak butuh menghasilkan bayaran besar dengan membelinya. Sebab Kamu dapat lho coba metode membuat kandang ayam yang gampang.

Pada dasarnya, sebab kandang berperan bagaikan rumah serta sekalian jadi tempat berlindung untuk ayam, hingga telah sepatutnya Kamu mencermati bermacam perihal dalam pembuatan kandang.

Misalnya saja tipe bahan yang digunakan.

Bicara bahan, tidak senantiasa wajib mahal kok. Sebab dapat saja memakai bahan- bahan semacam kayu sisa ataupun sisa, yang pastinya masih dalam keadaan layak.

Umumnya kayu ini dijual dengan harga miring, sehingga Kamu dapat jauh lebih irit.

Berikut sebagian perihal berarti yang butuh dicermati saat sebelum membuat kandang ayam:

Ukuran

Pastinya dimensi kandang wajib disesuaikan dengan jumlah ayam yang Kamu miliki. Bagaikan cerminan, Kamu dapat membuat kandang berdimensi 10m2 dengan kapasitas menggapai 100 ekor ayam.

Posisi

Perihal ini butuh dicermati pula sebab pengaruhi kenyamanan Kamu, apalagi pula orang sebelah dekat. Idealnya posisi kandang ayam terbuat sepanjang 250 m.

Tidak hanya aspek kenyamanan, semacam bebas dari aroma tidak nikmat, pula sebab aspek kesehatan.

Dimana dengan membuat jarak, hendak meminimalisir Kamu serta keluarga ataupun orang dekat terinfeksi bila ayam terkena penyakit.

Oya, yakinkan pula buat membuat kandang ayam dengan posisi yang lebih besar, supaya tidak digenangi air dikala hujan.

Kemudian upayakan memusatkan kandang ke timur, sebab tidak hanya bagus buat kesehatan pula baik dalam melindungi insting natural ayam.

Material

Tidak hanya dapat memakai kayu sisa yang murah meriah bagaikan bahan utama, perhatikan pula material buat bagian- bagian yang lain.

Misalnya saja bagian atap.

Sebab ini berperan buat melindungi ayam dari panas serta hujan, yakinkan buat membuat atap dari bahan- bahan yang dapat melindungi hewan ternak Kamu.

Contohnya Kamu dapat memilah ijuk, seng, terpal ataupun sebagian bahan lain yang memanglah teruji bagus dalam melindungi ayam di bermacam keadaan.

Sedangkan bagian bilik pula tidak kalah berarti. Buat ini Kamu dapat pakai anyaman bambu ataupun triplek. Bahan ini dapat digunakan pula buat sekat antar kandang.

Kemudian bagian lantainya lebih baik dicor semen. Tujuannya buat memudahkan pembuangan kotoran.

Tetapi jika ini dirasa tidak membolehkan, Kamu dapat pakai kombinasi serbuk gergaji, sekam serta kapur, yang diyakini dapat melindungi supaya senantiasa bersih apalagi tidak becek jika kena air. Serta jangan kurang ingat buat membuat lantai dengan ketinggian minimun 5 centimeter ya…

Desain

Walaupun desain kandang beragam, tetapi secara universal dapat dipecah jadi 2 jenis ialah jenis postal serta jenis baterai.

Buat jenis postal, kandang ayamnya tidak mempunyai sekat pemisah. Model ini sesuai buat anak ayam ataupun ayam hias.

Jenis postal ini wujudnya pula bermacam- macam, mulai dari persegi sampai bundaran.

Kebalikannya, jenis baterai ialah kandang dengan sekat yang memisah- misahkan ayam.

Bila jenis postal dapat bermacam wujud, hingga jenis baterai dapat terbuat dengan bermacam dimensi. Apalagi dapat dibentuk dalam dimensi sangat besar serta mempunyai tingkatan semacam halnya rumah manusia.

Buat cocok kebutuhan

Ya, seluruh perihal di atas pasti pada kesimpulannya didetetapkan oleh kebutuhan Kamu yang dipengaruhi tipe ayam sampai keahlian finansial.

Misalnya bila Kamu memelihara ayam dengan dimensi besar serta mau membuat sekat pada kandang, hingga ruang sekat pasti wajib lebih besar cocok dimensi badan ayam.

Ataupun jika memelihara ayam kampung, Kamu dapat membuat kandang postal dimensi kecil ataupun lagi saja, apalagi tidak butuh membuat lantai.

Lumayan memakai lantai tanah( natural), yang membuat ayam kampung lebih gampang menyesuaikan diri.

Lagipula, lantai tanah dapat meresap kotoran ayam dengan gampang serta membuat tanah disekitarnya jadi gembur dengan sendirinya. Jika tanah gembur, cacing hendak timbul, kemudian dapat jadi santapan natural ayam tersebut.

Kandang semacam ini pastinya lebih gampang pembuatannya serta memakan bayaran yang lebih sedikit. Dikira sesuai untuk ayam kampung, sebab kandang buat ayam tipe ini cuma memakai kandang bagaikan tempat berlindung dikala malam serta berteduh dikala hujan.

Pastinya berbeda dengan ayam pedaging ataupun petelur.

Jika buat peternakan dalam skala besar yang tujuannya merupakan hasil panen berlimpah, hingga butuh pertimbangkan buat membuat kandang ayam yang sempurna walaupun memakan bayaran relatif mahal.

Sebab tidak hanya harga material yang terpilih serta bermutu, Kamu pula butuh konsultasi ke tukang yang telah berpengalaman, spesialnya menimpa desain kandang yang sesuai.

Tetapi jika Kamu lagi mencari metode membuat kandang ayam petelur skala kecil, dapat berupaya sebagian langkah simpel semacam di dasar ini.

Serta berikut metode membuat kandang ayam skala kecil:

Persiapkan perlengkapan serta kumpulkan bahan

Buat membuat kandang ayam, perlengkapan yang umumnya hendak Kamu butuhkan merupakan gergaji buat memotong balok kayu ataupun bambu, amplas, palu, paku dengan dimensi kecil serta lagi, sampai perlengkapan buat mengukur semacam meteran serta pensil.

Jangan kurang ingat pula mempersiapkan sarung tangan buat keamanan ya!

Sehabis perlengkapan ada lengkap, saatnya mengumpulkan material alias bahan.

Mau yang simpel, Kamu dapat coba metode membuat kandang ayam dari kayu dengan paling tidak sediakan balok kayu berdimensi 2 x 4 centimeter.

Kemudian sajikan pula bambu seperlunya.

Bagaikan panduan, memilih bambu yang telah lumayan tua, sebab diyakini hendak lebih tahan lama.

Sedangkan buat bagian atap, semacam yang dipaparkan tadinya, lebih baik pakai bahan- bahan yang tahan air serta panas, misalnya seng, genteng ataupun ijuk.

Buat kerangka

Pastinya di sesi ini, Kamu telah mempunyai desain kandang sendiri.

Jika telah, saatnya buat kerangka dengan memotong balok kayu cocok kebutuhan.

Buat kerangka dengan besar kaki paling tidak 10cm, kecuali jika Kamu mau membuat kandang tanpa lantai.

Jumlah kaki ini pastinya disesuaikan dengan panjang kandang. Jadi, jika kandang yang terbuat lumayan panjang, otomatis terus menjadi banyak jumlah pasang kaki yang diperlukan.

Besar kerangka yang Kamu buat di sesi ini pula telah mencakup ruang buat menampung kotoran ayam, dimana ini spesialnya berlaku buat metode membuat kandang ayam tingkatan dengan jenis baterai.

Dalam pembuatan ini pula telah diperhitungkan ruang untuk pemasangan atap.

Bagaikan panduan dalam membuat kerangka, buat balok kayu yang dipasang buat panjang kandang, posisikan dimensi terpendek di dasar ya, tujuannya supaya kayu tidak gampang melengkung.

Misalnya bila Kamu memakai kayu dimensi 2x4cm, hingga bagian yang 2cm terdapat di dasar.

Buat lantai kandang

Saat sebelum membuat bilik, pengerjaan hendak lebih gampang bila Kamu membuat lantai lebih dahulu.

Sebab berperan bagaikan penopang, hingga hendaknya memilih bahan yang kuat, semacam bambu. Kamu dapat manfaatkan yang berdimensi kecil ataupun lagi tanpa butuh dibelah.

Pakai amplas buat menghaluskan permukaan bambu saat sebelum dipasang ke kerangka, sehingga nyaman serta tidak melukai kaki ayam.

Panduan dikala membuat lantai ini, beri sedikit rongga alias jangan menyusun bambu sangat rapat. Tujuannya supaya kotoran ayam dapat jatuh ke dasar lebih gampang.

Kamu juga bisa baca ini >> 21+ BEST LARGE OUTDOOR BIRD AVIARY IDEAS

Tidak hanya dapat menyuburkan tanah di dekat kandang, Kamu pula dapat lebih gampang dikala hendak mensterilkan kandang, sebab kotoran ayam tidak menumpuk di lantai.

Serta supaya lantai lebih kuat, Kamu dapat memasang balok kayu di bagian tengah lantai bambu.

Pasang dinding

Material bilik dapat disesuaikan dengan ketersediaan bahan. Bila mendapatkan bambu lebih gampang serta murah, hingga pakai bahan ini buat bilik pula.

Tetapi jika bambu terbatas, Kamu dapat pakai ram kawat bagaikan alternatif.

Misalnya bila memakai bambu, awali dengan membelah bambu jadi sebagian bagian dengan lebar 2- 3 centimeter.

Potong dengan panjang cocok dimensi kandang, amplas serta paku ke kerangka.

Buat bilik bagian depan, jangan kurang ingat ya membuat pintu. Bahan buat daun pintu pula dapat memakai kawat ataupun bambu, sedangkan kerangkanya dapat terbuat dari kayu.

Pasang atap

Buat atap, hendaknya terbuat miring di salah satu sisi. Serta bagian depan letaknya lebih besar dibandingkan bagian balik.

Perhitungkan pula dimensi lebar serta panjang atap.

Tidak diajarkan membuat atap dengan dimensi yang sama dengan kerangka, sebab pastinya tidak dapat melindungi kandang dengan optimal, paling utama dikala hujan.

Jadi upayakan tiap sisi atap terbuat lebih panjang paling tidak 30 centimeter dari kerangka.

Nah, itu ia metode membuat kandang ayam simpel dari bambu serta kayu.

Mudah- mudahan berguna!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *