5 Hal Yang Membuat Desain Web yang Bagus Penting untuk SEO

Ketika Anda mencoba untuk meningkatkan kinerja situs web Anda, penting untuk diingat bahwa Anda harus fokus pada banyak faktor secara bersamaan, Baik dalam kehidupan dan pemasaran digital, kita cenderung memberikan semua perhatian kita pada satu atau dua elemen penting sambil mengabaikan hal lain yang ternyata sama pentingnya.

Situs web Anda juga perlu dirancang dengan baik, atau dapat beresiko pada ekuitas organik yang sudah anda bangun. Banyak yang tidak menyadari jika SEO dan desain web bekerja secara bersamaan dapat menhasilkan kinerja situs web yang bagus. Komponen mereka berbaur dan mengalir dengan sangat baik sehingga, ketika dijalankan dengan benar, pengunjung situs web Anda seharusnya tidak benar-benar memperhatikan apa pun tentang apa yang Anda buat; mereka harus mulai menavigasi melalui situs Anda.

Jadi, apa saja elemen-elemen di mana SEO dan desain web berkolaborasi? Lihatlah lima cara ini mereka digunakan bersama.

SEO
  1. Mobile-Friendliness

Siapapun yang sudah terbiasa menggunakan SEO atau web desain pasti sudah sangat paham pentingya membuat desain situs web yang ramah seluler. Google menjadikan keramahan seluler sebagai faktor peringkat pada tahun 2015. Itu setengah dekade yang lalu.

Raksasa pencarian kemudian memperkenalkan pengindeksan seluler pertama kali pada tahun 2017. Jelas untuk melihat betapa pentingnya Google memandang keramahan seluler, tetapi banyak juga situs web yang belum tertarik. Jumlah orang yang mencari di desktop telah menurun selama beberapa tahun sekarang, sementara jumlah orang yang mencari di perangkat seluler terus meningkat.

Lebih dari setengah traffic web berasal dari perangkat seluler, yang berarti lebih dari separuh audiens Anda juga cenderung menggunakan ponsel mereka. Tanpa desain situs web mobile-friendly, anda secara tidak sengaja mengabaikan setengah dari audiens anda dan akhirnya bisa menurunkan peringkat anda di pencarian google.

  • Desain Mudah Dibaca

Desain web yang buruk dapat mempengaruhi minat membaca audiens terhadap konten yang anda berikan. Halaman dengan blok-blok konten yang tidak rapih dan acak-acakan, dan terlalu banyak hyperlink yang tidak memiliki tujuan yang jelas dapat membuat audiens anda meninggalkan situs web yang anda buat. Karena jika audiens tidak mendapatkan informasi yang mereka perlukan apa gunanya?  

Pada titik tertentu, Anda mungkin berada di situs web yang memiliki teks yang tidak mungkin dibaca karena desain halaman.

Mungkin itu adalah teks berwarna terang dengan latar belakang putih bersih atau warna gelap pada hitam. Jenis-jenis desain itu mengingat situs web yang sering mengerikan dari pertengahan hingga akhir 1990-an.

Tapi masalahnya tidak selalu warna. Teks mungkin juga terlalu besar atau kecil, atau ditulis dalam font yang sulit dibaca, Seperti situs web yang tidak ramah seluler, situs yang sulit dibaca di perangkat atau desktop apa pun akan membuat orang meninggalkan web anda.

Desainer web memahami cara membuat situs web yang memudahkan pengguna mengambil konten Anda sehingga Anda mendapatkan hasil maksimal dari uang Anda. Ruang putih, panjang garis, dan elemen tambahan seperti gambar semua dapat memengaruhi cara orang memperhatikan situs Anda. Juga, ingatlah untuk mempertimbangkan penyandang cacat dengan memilih format desain web yang inklusif.

  • Kecepatan Situs Web

Jika peringkat Anda belum baik, mungkin situs web Anda terlalu lambat dan orang-orang mulai meninggalkan situs web anda. Jangan pernah lupa bahwa kecepatan halaman adalah sinyal peringkat yang dikenal, jadi Anda perlu mencurahkan waktu Anda untuk mempercepat situs Anda dengan mengoptimalkan gambar Anda, menghilangkan plugin yang tidak perlu, memungkinkan caching browser, dan sebagainya.

Sekarang, Anda mungkin benar-benar berpikir memuat situs web Anda cukup cepat, tidak tahu berapa lama orang benar-benar mau menunggu. Idealnya, situs web Anda akan dimuat dalam dua detik. Ketika dibutuhkan lebih dari tiga detik, sebanyak setengah pengguna yang mengunjungi situs Anda cenderung mengabaikannya. Kecepatan halaman lebih penting pada perangkat seluler.

Kecepatan halaman tidak hanya penting bagi pengguna, tetapi juga penting bagi Google. Kecepatan situs web Anda memengaruhi kemampuan Google untuk menjelajahnya. Jika kecepatan halaman Anda menyebabkan Google menjelajah lebih sedikit halaman, Anda tidak akan memiliki banyak halaman yang diindeks. Ketika ini terjadi, tidak mungkin halaman-halaman ini mendapat peringkat sama sekali. Memastikan keamanan situs web melalui enkripsi “https” diperlukan.

  • Peta Situs

Berbicara tentang merayapi situs web Anda, desain web dapat membantu dengan lebih dari satu cara. Sitemap adalah elemen penting yang harus ada jika Anda ingin mesin pencari lebih pintar tentang bagaimana mereka merayapi situs web Anda.

Sitemap Anda menyediakan mesin pencari dengan panduan semua halaman dan konten di situs web Anda. Ini memberi Anda kesempatan untuk memberi tahu mesin pencari halaman mana yang paling penting bagi situs Anda. Ini adalah bagian yang sangat penting untuk mendapatkan pilihan yang tepat untuk situs web yang lebih besar, serta yang lebih baru yang mungkin belum memiliki tautan eksternal.

Selain bermanfaat bagi mesin pencari, peta situs juga membantu navigasi pengguna. Pengunjung baru ke situs Anda dapat merujuk ke peta situs Anda untuk mendapatkan bantuan.

Peta Situs juga mengandung metadata penting tentang halaman web Anda untuk memberi mereka peluang peringkat yang lebih tinggi.

  • Mendapatkan Kepercayaan Pengguna

Tidak seperti beberapa faktor SEO lainnya, Anda benar-benar tidak dapat mengukur seberapa banyak orang mempercayai Anda atau situs web Anda. Namun, mendapatkan kepercayaan masih merupakan bagian besar untuk membuat situs web Anda mendapat peringkat lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *