Tips Desain Masjid yang Megah

Kubah merupakan simbol kebesaran agama Islam dan penanda arah kiblat dari luar. Sehingga setiap tempat ibadah orang Islam atau masjid harus dilengkapi dengan kubah. Biasanya kubah ini berbentuk lingkaran di mana lingkaran tersebut melengkung keluar. Bahan yang dibuat kubah bermacam-macam seperti kubah masjid tembaga.

Namun untuk membuat kubah tersebut diperlukan berbagai desain untuk melambangkan bahwa masjid tersebut megah dan indah. Setelah desain kubah tersebut selesai, maka akan dipilihkan bahan yang bagus dan tahan lama untuk kubah tersebut. Rata-rata bahan yang digunakan adalah tembaga. Sebelum membuat kubah masjid tembaga, ada baiknya mengetahui tips desain masjid yang megah.

1. Zonasi

Zonasi merupakan pembedaan tempat yang berada di area masjid. Seperti membedakan tempat untuk kegiatan sholat dan kegiatan non sholat. Maksudnya tempat kegiatan sholat hanya untuk orang muslim yang ingin melaksanakan ibadah. Sedangkan kegiatan non sholat disediakan untuk non muslim atau wanita yang ikut ke masjid tapi dalam keadaan haid atau tidak suci.

2. Sirkulasi

Sirkulasi merupakan pembedaan tempat wudhu bagi pria dan wanita agar tidak baku bercampur. Selain itu, jalur wanita dan wanita juga perlu dibuat sehingga tidak membatalkan wudhu. Ada juga batas suci yang bertujuan agar orang yang memakai sandal maupun sepatu ke masjid melepas alas kakinya. Sehingga tidak mengotori lantai masjid khususnya di tempat wudhu.

3. Thaharah

Thaharah bertujuan agar tidak membuat seseorang mendapatkan najis ketika sudah maupun sebelum berwudhu. Najis tersebut biasanya melengket di pakaian dan juga di telapak kaki ketika tidak sengaja diinjak. Yang berbentuk najis seperti kotoran kucing, kotoran ayam, kotoran anjing, dan kotoran hewan lainnya.

4. Desain yang Megah Tidak Harus Over

Maksudnya, desain masjid harus terbebas dari berbagai macam gangguan. Sehingga tidak mengganggu kekhusyu’an sholat. Gangguan suara yang biasa terjadi di sekitar masjid seperti penempatan genset yang tidak tepat. Selain itu, gangguan visual juga biasa mengganggu konsentrasi sholat seperti pantulan cahaya yang silau.

Sebelum membangun masjid, sebaiknya memperhatikan desainnya terlebih dahulu. Dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan seperti kesalahan tempat. Jika terjadi seperti itu maka masjid biasa dirombak dan akan mengeluarkan biaya yang sangat besar. Setelah perombakan, fasilitas dalam masjid juga biasanya diperbaharui karena sudah rusak akibat perombakan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *