Perbedaan Content Writer dan Copywriter Ternyata Begini

Bagi yang baru mau terjun ke dunia kepenulisan akan sedikit bingung dengan content writer dan copywriter. Melihat dari namanya yang mirip, tak salah jika banyak yang menyangka dua hal tersebut adalah hal yang sama. Padahal pekerjaan keduanya cukup berbeda. Ada beberapa perbedaan content writer dan copywriter yang signifikan.

Apa Isi Tulisan Content Writer dan Copywriter Sama?

Keduanya di tuntut memiliki wawasan yang luas, mengundang pembaca dan menarik perhatian. Namun, dalam bentuk tulisan content writer diharuskan untuk menulis sesuatu yang informatif, edukatif dan menarik minat. Seorang content writer baik freelance atau bekerja di perusahaan memiliki aturan umum yang sama.

Aturannya adalah memiliki kata kunci yang telah ditentukan, relevan tentang brand/klien yang diangkat, informatif serta edukasi dan mengikat pembaca untuk sadar tentang brand/klien. Sedangkan seorang copy writer, dituntut untuk menghasilkan tulisan yang bisa membujuk pembaca untuk bertindak seperti yang diinginkan perusahaan.

Perbedaan content writer dan copywriter yang mencolok adalah seorang conter writer secara umum menghasilkan sebuah artikel yang cukup detail. Sedangkan seorang copy writer menghasilkan slogan, lirik sebuah jingle, skrip komersial, billboard dan masih banyak lagi.

Apa Tujuan dari Tulisannya?

Seperti yang ditulis sebelumnya, pekerjaan seorang content writer secara garis besar adalah membuat tulisan yang informatif dan menarik minat. Tujuan utamanya bukan sebuah tindakan langsung dari pembaca yang menguntungkan dari segi material.  Sebenarnya kebiasaan menggungah post di Instagram atau facebook merupakan sebuah konten.

Sedangkan tujuan utama dari seorang copywriter adalah tindakan langsung dari pembaca, pendengar atau penonton yang menguntungkan dari segi materi. Misal membeli produk yang diiklankan, mengikuti seminar, membagikan tulisan, mengikuti kuis/give away dan masih banyak lagi.

Dimana Tulisan Content Writer dan Copywriter Digunakan?

Jika melihat sebuat web dengan artikel yang informatif dan detail bisa dipastikan itu adalah konten.  Sebuah blog pun merupakan konten. Bisa juga ditemui dalam dunia nyata seperti koran dan majalah. Seperti yang sudah disebutkan tadi, postingan di Instagram dan facebook juga merupakan sebuah konten.

Sedangkan copywriter mempublikasikannya di media komersil seperti iklan media cetak, iklan di tv bahkan iklan radio. Karena sejatinya seorang copywriter harus meningkatkan penjualan suatu produk maka medianya pun khusus untuk penjualan.

Yakin sudah paham dengan perbedaan content writer dan copywriter? Jika belum mungkin bisa menggunakan jasa penulis artikel, khusus untuk orang-orang yang memiliki bisnis. Tapi, bingung bagaimana membuat konten yang bagus. Sedangkan untuk yang baru mau berkecimpung di dunia kepenulisan maka ada banyak lowongan dan kesempatan. Jangan menyerah untuk belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *