Pengertian VPS , Kapan Websitemu Membutuhkannya

VPS atau Virtual Private Server adalah sebuah server fisik yang dibagi menjadi beberapa server virtual yang di mana setiap server virtual beroperasi secara mandiri. Setiap server virtual bisa diinstal OS, aplikasi, dan segala pengaturannya sendiri. VPS mirip dengan shared hosting, namun berbeda dengan shared hosting, VPS memiliki resource yang lebih besar dan tidak dibagi dengan user lainnya.

Shared hosting membagi resource dalam sebuah server fisik dengan user-user lainnya, sehingga bandwidth yang didapat bisa sangat kecil tergantung dari berapa banyak user yang menggunakan server tersebut. Menggunakan shared hosting juga banyak batasannya, kamu tidak bisa menginstall OS dan aplikasi sendiri.

Walaupun dengan VPS kamu tidak benar-benar menggunakan satu server secara penuh, tapi VPS bisa menjamin bahwa kamu akan mendapatkan 100% resource yang diberikan pada satu VPS. VPS memiliki process, user, files dan menyediakan full root access, juga dilengkapi dengan alamat IP, port number, tables, filtering dan routing rules sendiri. Setiap VPS juga bisa menghapus, menambah dan memodifikasi file apa saja yang ada di dalamnya, termasuk file di dalam root dan install software aplikasi kamu sendiri.

Kapan Saatnya Beralih ke VPS

Jadi pertanyaan selanjutnya adalah kapan kamu sebaiknya migrasi ke VPS? Berikut tipsnya:

  1. Kamu membutuhkan layanan yang jauh lebih baik dari shared hosting dengan harga yang masih terjangkau. Jika website kamu semakin berkembang tentunya semakin banyak orang yang ingin mengunjungi website kamu, sehingga traffic yang didapat juga semakin tinggi. Suatu saat nanti layanan shared hosting tidak akan mampu memenuhi kebutuhan websitemu. Website yang lambat akan membuatmu kehilangan banyak pengunjung, dan kamu akan rugi besar. Kamu bisa menggunakan dedicated hosting untuk bandwidth yang lebih besar, tapi biayanya tidak sedikit. Di sinilah VPS menjadi pilihan yang baik, kamu akan mendapatkan resource yang lebih besar dan leluasa daripada shared hosting tap dengan harga di bawah dedicated hosting.
  2. Manajemen yang lebih baik dari shared hosting. Semakin banyak kebutuhan sebuah website, semakin besar juga kebutuh manajemen website tersebut. Banyak para web developer dan webmaster yang butuh software tambahan untuk website atau aplikasi mereka. Namun banyak dari software tambahan ini butuh instalasi tambahan yang tidak didukung layanan shared hosting. VPS memberikan layanan yang jauh lebih baik dari shared hosting. Dengan VPS kamu bisa melakukan instalasi software tambahan sesuai kebutuhan.
  3. Kamu membutuhkan resource yang lebih fleksibel dari shared hosting. Sulit untuk diprediksi kapan website kamu akan dikunjungi banyak orang secara bersamaan, terutama untuk websirte yang baru berkembang. Ada saatnya di mana jumlah traffic tiba-tiba meningkat secara pesat dan website kamu tidak bisa diakses karena resource yang terbatas. Dengan menggunakan VPS, kamu bisa menambah resource seperti, storage space, RAM dan CPU kapan pun kamu mau. Jika website tiba-tiba dikunjungi lebih banyak orang dari sebelumnya, kamu bisa langsung menambah RAM tanpa perlu melalui proses upgrade melalui Customer Service. Dengan kata lain kamu tidak membuang banyak waktu untuk proses upgrade sehingga website bisa terus diakses semua pengunjung, prosesnya cukup mudah, kamu juga bisa menggunakan jasa setting VPS.

Jika kamu merasa websitemu sudah semakin berkembang dan dikunjungi banyak orang, sebaiknya mulai menggunakan VPS sekarang juga. Semakin besar uptime, semakin besar traffik-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *