Jangan Salah, Malang dan Kota Batu Punya 4 Wisata Coban Ini Loh

Wisata Coban

Coban di Malang kebanyakan terletak di kabupaten, karena untuk kotanya sendiri lebih ke wisata-wisata sejarahnya.

Wisata alam sangat dinanti-nanti oleh para pengunjung yang ingin menghilangkan diri untuk sementara dari hiruk pikuk kehidupan, sehingga alternatif yang bisa dicari adalah dengan berkunjung ke wisata-wisata alam yang kebanyakan di wilayah kabupaten.

Pemilihan wisata di daerah pedalaman atau daerah yang kurang terjamah oleh orang banyak sangat cocok untuk anda yang menginginkan kedamaian, ingin sendiri, dan rehat sebentar dari apapun. Selain itu, pemilihan lokasi wisata didasarkan pada wisatanya yang masih fresh dan alami.

Hal tersebut bisa anda kunjungi di beberapa daerah kabupaten Malang maupun Batu, yang ternyata mempunyai beberapa coban yang menarik dan pastinya seru untuk dijadikan refreshing.

Malang dan Batu memang terkenal memiliki banyak wisata alam. Namun, pada artikel ini admin hanya akan membahas wisata coban, untuk selengkapnya kamu dapat menyaksikannya melalui website Makota.ID.

Berikut ini adalah daftar coban di kabupaten Malang yang bisa anda kunjungi, antara lain:

1. Coban Glotak

Coban Glotak

Coban Glotak merupakan air terjun yang terletak di lereng gunung Kawi sehingga otomatis lingkungan wisata ini masih alami. Tinggi air terjun sekitar 100 meter. Coban ini berada di urutan ke-7 paling bawah sendiri dari 6 terjun lainnya yang ada di atas wilayah ini.

Menuju ke tempat wisata ini terbilang cukup mudah dan sulit karena dilihat dari wilayahnya yang di kabupaten dan jalannya yang masih belum optimal dan menanjak. Saat di tempatpun, pengunjung masih diharuskan ke bawah melakukan perjalanan sekitar 30 menit lebih (sekitar 2 km) untuk menuju ke coban ini.

Dan jangan salah, anda tidak akan dikecewakan dengan pemandangannya dan suasananya. Pasti bagus!. Letak tepatnya wisata coban ini berada di desa Bedalisodo, Kec.Wagir, Kab. Malang, Provinsi Jawa Timur. Cukup uang 4000 rupiah saja anda bisa masuk ke wisata ini.

Walaupun tempatnya di kabupaten, wisata ini sudah dikelola oleh pihak perhutani. Dengan perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, hal tersebut bisa terbayar saat anda sudah kesana dan tahu cobannya seperti apa.

2. Coban Rondo

Coban Rondo

Coban Rondo berada di wilayah pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.135 mdpl. Tinggi air terjun sendiri sekitar 84 meter.Tempat wisata ini baru diresmikan pada tahun 1980 dan coban ini berasal dari mata air lereng gunung Kawi (Cemoro Mudo).

Letak coban ini berada di desa Pandesari, Kec.Pujon, Kota Batu. Jika melakukan perjalanan dari Malang, maka durasi perjalanan kurang lebih 20 km (sekitar 1 jam). Jarak dari kota Batu ke lokasi kurang lebih 12 km (30 menit).

 Saat anda kesana, maka jangan kaget disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan.

3. Coban Supit Urang

Coban Supit Urang

Coban Supit Urang dikenal sebagai wisata alam dengan petualangan yang terbuka dan adrenalin. Coban ini juga belum terjamah oleh banyak orang, sehingga masih fresh alami sekali. Lokasi coban ini berada di kawasan Taman Hutan Raya S.Soeryo, desa Madiredo, Kec.Pujon, Kota Batu.

Jika masih bingung karena belum mengenal wilayah Batu, maka bisa Makam Pahlawan Pujon dan Pasar Pujon dijadikan poin titik utama.

Berada di alam terbuka dengan dikelilingi oleh perkebunan warga membuat perjalanan anda semakin keren!. Dengan perjalanan yang melelahkan akan terbayarkan dengan 3 coban sekaligus, yaitu Coban Supit Urang 1, 2 (Coban Undak), dan Watu Talang (walaupun ada jarak sekitar ratusan meter antar coban).

So, masih tidak mau ke wisata coban yang satu ini?. Langsung saja cus buruan.

4. Coban Pelangi

Coban Pelangi

Coban Pelangi ini dikelola oleh Perum Perhutani Malang yang dikelilingi oleh pepohonan hijau dengan suasana sekitar yang menyegarkan. Berada di ketinggian 1.400 mdpl udara terasa sejuk dan dingin. Suhu terendah di lokasi ini sekitar sampai 19 derajat celcius.

Coban ini dekat dengan gunung Semeru dan masih satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo. Medan menuju coban ini terbilang cukup adrenalin karena mempunyai sudut kemiringan hampir 45 derajat dan jalannya sangat licin serta batu-batunya berlumut.

FYI, masyarakat di coban ini kebanyakan beragama Hindu loh. Dan hal tersebut tidak masalah dengan agama yang lain di wilayah itu juga, salah satunya Islam. Lokasi tepatnya coban ini berada di desa Gubukklakah, Kec.Poncokusumo, Kab.Malang, Jawa Timur.

So, daripada ditunggu langsung saja kesana.

Nah, itulah 4 coban yang bisa anda kunjungi di wilayah Kota Malang dan Kota Batu. So, buruan kesana!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *