Inilah Beberapa Gejala Kanker Paru-paru yang Harus Diwaspadai

Kanker hingga saat ini masih menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Karena jenis penyakit yang satu ini sedikit banyak mampu merenggut nyawa seseorang. Seperti pada jenis kanker paru-paru misalnya yang cukup banyak menelan korban. Hal ini lantaran jenis kanker ini baru terdeteksi saat penderita sudah ada pada kondisi terburuk. Sehingga upaya pencegahan yang seharusnya dilakukan tidak terjadi karena sudah ada pada kondisi parah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui gejala kanker paru – paru dan ciri-cirinya sedini mungkin agar bisa melakukan upaya pencegahan dan peluang untuk bertahan hidup juga semakin besar.

Penyakit kanker paru-paru memang tidak menunjukkan gejala berarti dan baru diketahui terkena penyakit ganas ini saat kondisi sudah parah. Namun meskipun begitu, ada beberapa gejala awal yang bisa dideteksi dan mengindikasikan seseorang sudah terkena kanker paru-paru. Sehingga saat mengalami gejala-gejala ini, penting bagi Anda maupun orang terdekat yang mengalami untuk waspada dan segera melakukan tindakan. Adapun beberapa gejala yang mengindikasikan seseorang terkena kanker paru, antara lain:

Sesak napas.

Jika Anda mengalami sesak napas dan napas berbunyi (meng), hal ini bisa menjadi salah satu gejala terkena kanker paru-paru. Hal ini bisa terjadi karena terdapat tumor yang menghalangi saluran pernapasan atau karena cairan di sekitar paru-paru meningkat, sehingga menyebabkan penekanan pada paru-paru.

Batuk membandel.

Batuk mungkin terbilang penyakit yang ringan dan mudah diobati. Namun jika batuk yang diderita tak kunjung sembuh, hingga menyebabkan suara menjadi serak, bisa jadi hal ini merupakan gejala dari kanker paru-paru. Batuk yang berhubungan dengan penyakit ini bisa berupa batuk kering maupun batuk berdahak. Tanda lebih jelas jika batuk ini merupakan gejala dari kanker paru-paru adalah jika bertahan hingga 8 minggu tanpa kejelasan.

Kehilangan berat badan drastis.

Kehilangan berat badan secara tiba-tiba dan dalam waktu singkat merupakan pertanda yang kurang baik. Karena hal ini bisa menjadi salah satu gejala terkena kanker paru. Yang mana disebabkan oleh sel kanker yang sudah menggunakan seluruh energi dan nutrisi yang ada dalam tubuh. Untuk itu, jika Anda mengalami hal demikian, sebaiknya lebih waspada. Terlebih jika Anda tidak sedang diet dan tidak mengubah pola makan.

Mudah merasa lelah atau lemah.

Kondisi ini terbilang umum terjadi pada penderita kanker, termasuk kanker paru-paru. Dimana tubuh merasa lelah karena mengeluarkan banyak energi untuk melawan kanker.

Nyeri pada dada.

Jika mengalami nyeri yang mendalam pada paru-paru saat batuk, tertawa, atau ketika mengangkat benda dengan rasa sakit terus-menerus, maka bisa menjadi pertanda mengalami kanker paru-paru. Rasa sakit ini muncul karena ada tekanan masa tumor terhadap jaringan di sekitarnya. Rasa sakit ini bisa bertambah seiring dengan berkembangnya tumor.

Batuk berdarah.

Batuk berdarah memang tidak selalu mengarah ke penyakit kanker darah. Namun ada baiknya segera periksakan ke dokter karena hal ini juga mengindikasikan ada yang tidak beres dengan paru-paru Anda.

Suasana hati yang berubah-ubah.

Gejala ini memang tidak spesifik karena bisa mengindikasikan sesuatu yang lain. Namun gejala ini juga sering menyerang penderita kanker paru-paru stadium lanjut karena dipicu oleh tubuh yang lelah dan depresi.

Suara serak.

Suara serak biasanya terjadi karena mengalami radang tenggorokan atau efek terlalu banyak bersuara. Namun jika tidak mengalami kedua hal tersebut, tapi suara menjadi serak, maka perlu diwaspadai. Terlebih jika sudah berlangsung selam 2 minggu dan belum membaik, segera periksakan diri ke dokter karena kemungkinan mengarah ke gejala kanker paru-paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *