Belajar Budaya Jawa di Museum Sonobudoyo

paket wisata Jogja

Yogyakarta merupakan salah satu pusat peradaban Jawa yang tumbuh dan berkembang dari jauh sebelum zaman Mataram Hindu hingga saat ini. Sebagai salah satu budaya yang menjadi pegangan bagi masyarakat Jawa baik di Indonesia maupun di luar negeri banyak hasil budaya yang tercipta dalam perkembangannya. Benda seni dan budaya tersebut sebagian besar masih dapat dilihat dan disaksikan di kehidupan sehari-hari seperti dalam upacara pernikahan dan lain sebagainya. Untuk melestarikan hal tersebut artefak atau benda seni dan budaya tersebut disimpan dengan baik di museum-museum yang ada di Yogyakarta salah satunya adalah di Museum Sonobudoyo. 

Paket Wisata Jogja

Museum Sonobudoyo merupakan sebuah museum sejarah dan kebudayaan Jawa, termasuk bangunan arsitektur klasik Jawa. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi mengenai budaya dan sejarah Jawa yang dianggap paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Koleksinya sangat lengkap bahkan terdapat beberapa artefak pada zaman neolitik seperti keramik, ada juga koleksi dari era Kerajaan Mataram Hindu dan Budha berupa patung perunggu dari abad ke-8, museum ini juga menyimpan beberapa macam bentuk wayang kulit, berbagai senjata kuno (termasuk keris), dan topeng Jawa. Dalam sejarahnya, Sonobudoyo merupakan yayasan yang bergerak dalam bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali dan Lombok yang bernama Java Institut yang berdiri pada tahun 1919 di Surakarta. Pada tahun 1924 yayasan ini berhasil mendirikan museum di Yogyakarta yang diberi nama Sonobudoyo dan museum ini masih lestari hingga sekarang dengan koleksinya yang tidak ternilai harganya.

Karena banyak koleksi yang ada namun tempatnya kurang mencukupi maka museum ini dibagi menjadi dua unit. Museum Sonobudoyo Unit I terletak di Jalan Trikora No. 6 Yogyakarta, sedangkan Unit II terdapat di Ndalem Condrokiranan, Wijilan tepatnya di sebelah timur Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Di unit ini pada malam hari (20.00 – 22.00) menampilkan pertunjukan wayang kulit secara ringkas dalam bentuk penampil aslinya yaitu dengan menggunakan bahasa Jawa dan diiringi dengan musik gamelan sebagai salah satu wahana wisata bagi para wisatawan baik asing maupun domestik. Objek ini bisa menjadi paket wisata Jogja yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *