10 Jam Tangan

Dewasa ini, jam tangan menjadi salah satu produk fashion yang semakin hari semakin canggih. Karena kebutuhan serta permintaan pasar yang tinggi, banyak merk jam tangan global terus menerus berinovasi untuk menghasilkan jam tangan yang berkualitas. Hasil inovasi yang dilakukan tentunya menghasilkan jam tangan yang semakin canggih, berkualitas unggul, dan memiliki desain yang terus disempurnakan.

Berbagai perusahaan jam tangan besar tersebut tentunya terus berinnovasi untuk memenuhi permintaan konsumen. Ditambah dengan masuknya smartwatch di industri jam tangan, tentunya kompetisi antar brand semalon sengit. Berbagai brand besar jam tangan berupaya terus melakukan perubahan dan pengembangan terhadap jam tangan mereka agar bisa terus bersaing baik dengan sesama brand jam tangan lain maupun dengan smartwatch.

Dalam kaitannya dengan pemasaran, terdapat segmentasi konsumen untuk jam tangan. Mulai dari jam tangan biasa hingga jam tangan mewah. Walaupun dalam beberapa tahun terakhir terdapat persaingan dengan smartwatch, beberapa brand besar dalam industri jam tangan tetap bisa bertahan dan tetap memperoleh keuntungan yang signifikan. Berikut adalah 10 Brand besar yang tetap kuat berdasarkan penjualan tahun 2018:

1. Fossil Group

Fossil Group mempunyai posisi yang unik dalam pasar jam tangan dunia. Fossil Group menjadi yang teratas dalam penjualan jam tangan karena memiliki beragam merk arloji yang terkenal dan sangat laris. Beberapa merk jam tangan yang termasuk dalam Fossil Group diantaranya adalah Fossil, Relic, Zodiac, dan Abacus yang terkenal sebagai merk jam tangan mewah.

2. LVMH

LVMH adalah konglomerat jam tangan mewah dengan beberapa merk terkenal seperti Bulgari, Hublot, Luis Vuitton, hingga Tag Heuer. Jam tangan LVMH mendominasi pasar jam tangan mewah dunia dengan desain yang mewah dan inovatif serta teknologi yang mutakhir.

3. Richemont

Didirikan tahun 1988, Richemont terkenal di kalangan pecinta jam tangan mewah. Perusahaan ini mendominasi jam tangan premium dengan berbagai brand high-end seperti Cartier, Roger Dubuis, dan Baume & Mercier. Tahun lalu secara mengejutkan Richemont mengeluarkan jam tangan entry-level dengan merk Baume yang dilabeli dengan harga yang lebih terjangkau.

4. Rolex

Salah satu perusahaan manufaktur jam tangan, berlian, dan jam paling kuat adalah Rolex. Perusahaan ini terkenal sebagai brand jam tangan pertama yang menciptakan jam tangan waterproof dan jam tangan otomatis yang bisa menyesuaikan tanggal. Sebagai perusahaan besar, Rolex telah beroperasi lebih dari 1 abad lamanya dan telah menciptakan banyak inovasi dalam industri jam tangan.

5. The Swatch Group

Swatch Group merupakan perusahaan asal Swiss yang didirikan dari merger tiga perusahaan besar yaitu Tissot, Omega, dan ASUAG. Beberapa merk dari Swatch Group adalah Omega, Tissot, Swatch, Calvin Klein, dan Harry Winston.

6. Audemars Piguet

Dari jam tangan sport yang mewah hingga jam tangan yang di desain untuk milenial, Audemars Piguet merupakan salah satu yang paling inovatif di industri jam tangan. Beberapa merk dari Audemars Piquet adalah Royal Oak, Millenary, Haute Joaillerie, dan Jules Audemars.

7. Breitling

Didirikan pada tahun 1884 oleh Leon Breitling, perusahaan yang namanya mengambil nama belakang pendirinya, Breitling, menjadi salah satu jam tangan mewah dengan sertifikasi tahan air. Beberapa range produk mereka adalah Windrider, Proffesional, Navitimer, Breitling for Bentley, dan Aeromarine.

8. Casio

Jam tangan Casio adalah salah satu jam tangan dari raksasa elektronik Jepang, Casio Computer Ltd. Casio telah mengubah industri jam tangan dengan inovasi yang terus dilakukan secara konsisten dan pengenalan lini produk mereka. Beberapa lini produk Casio yang terkenal adalah G-Shock, Youth Series, Oceanus, dan Edifice.

9. Chanel

Dengan pengalaman lebih dari 3 dekade dalam industri jam tangan dan manufaktur berlian, Chanel terus tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan jam tangan global dengan menggabungkan inovasi dan teknologi. Tiga brand dari Chanel adalah PREMIERE, MONSIEUR, dan Code Coco Black.

10. Chopard

Chopard didirikan pada tahun 1860 oleh Louis Ulysse Chopard. Perusahaan ini terkenal dengan pembuatan jam saku serta jam tangan mewah untuk perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *