Kudapan Khas Natal Dari Berbagai Negara

Salah satu perayaan yang selalu digelar setiap menjelang pergantian tahun adalah Natal. Perayaan Natal adalah perayaan keagamaan yang dilakukan oleh umat Kristen setiap tahun yaitu pada tanggal 25 Desember. Sebagaimana suatu perayaan, umat Kristen biasanya melakukan berbagai macam kegiatan seperti memasang berbagai atribut dan pernak-pernik Natal, membuat pohon Natal yang indah, dan saling bertukar kado baik di tempat tinggal ataupun di tempat ibadah mereka.

Saat merayakan Natal, umat Kristen tidak hanya merayakannya dengan memasang atribut maupun pernak-pernik di rumah maupun di gereja meraka saja. Mereka juga merayakannya dengan memasak dan menyantap hidangan khas Natal. Hidangan khas Natal cukup beragam mulai dari kue hingga makanan berat.

Hidangan yang disajikan saat merayakan Natal pun sangat beragam di setiap negara. Masing-masing negara mempunyai tradisi khas serta hidangan khas nya masing-masing yang menjadikan Natal di seluruh dunia menjadi lebih berwarna. Salah satu jenis hidangan khas Natal yang banyak disukai adalah berbagai jenis kudapan yang manis. Berikut adalah berbagai macam kudapan unik khas Natal dari beberapa Negara:

1. Kurisumasu Keiki (Jepang)

Kurisumasu Keiki merupakan hidangan Natal dari negara Jepang yang sangat populer. Kurisumasu Keiki merupakan pelafalan bahasa Jepang dari Christmas Cake. Hidangan ini pada dasarnya adalah sponge cake stroberi dengan whipped cream serta ditambah potongan stroberi. Kue yang satu ini, menurut sejarahnya, dijual pertama kali di Ginza pada tahun 1910. Kurisumasu cake di Jepang sangat banyak dijual di toko-toko khususnya menjelang Natal dan banyak diburu pembeli menjelang malam sebelum Natal.

2. Figgy Pudding (Amerika Serikat)

Figgy Pudding merupakan salah satu hidangan khas Natal yang berasal dari Amerika Serikat. Hidangan yang satu ini bukan merupakan jenis pudding yang biasa. Hal tersebut karena dalam pembuatannya, figgy pudding dicampurkan dengan rum maupun brandy. Hal tersebut membuat hidangan ini manis dan juga membuat hangat tubuh disaat disantap di malam Natal yang dingin. Secara tradisional, terdapat 13 bahan pembuat figgy pudding yang melambangkan Kristus dengan 12 muridnya. Keunikan lain dari pudding ini ialah penggunaan buah kering untuk bahan utamanya.

3. Chicken Bones (Kanada)

Kudapan unik yang satu ini bukanlah tulang ayam. Chicken bones adalah jenis hidangan khas Natal yang berasal dari Negara paling utara di Benua Amerika, Kanada. Hidangan yang satu ini merupakan permen berwarna merah muda dengan isian cokelat. Bahan utama dari permen tersebut adalah cinnamon/kayu manis dan cokelat sebagai isiannya. Mengenai penamaan chicken bones ada banyak pendapat diantaranya karena bentuk permen tersebut mirip dengan tulang ayam.

4. Stollen (Jerman)

Kue yang mempunyai cita rasa manis dari buah ini merupakan salah satu hidangan Natal khas Jerman. Kue ini terbuat dari adonan ragi yang manis ditambahkan dengan isian berupa buah kering, kacang-kacangan, serta marsipan dan ditaburi dengan taburan gula. Stollen sudah ada sejak tahun 1329 di Dresden. Setiap tahunnya di kota Dresden diadakan festival Stollen dengan membagi-bagikan Stollen raksasa kepada penduduk sekitar dan para pengunjung festival.

5. Nougat (Spanyol)

Sajian khas Natal dari negeri Spanyol adalah Nougat. Hidangan satu ini merupakan menu dessert tradisional untuk hidangan natal di negara Spanyol. Nougat terbuat dari gula atau madu yang dicampurkan dengan jenis kacang-kacangan (biasanya kenari, almond, atau hazelnut) serta ditambahkan buah kering. Untuk perayaan natal, biasanya ditambahkan putih telur yang dikocok hingga halus untuk memberikan warna putih pada nougat.

Biasanya hidangan-hidangan tersebut dibuat secara tradisional dengan peralatan dapur sederhana untuk konsumsi pribadi. Namun jika diperuntukkan untuk dijual, biasanya memerlukan mesin pengolah makanan terutama untuk membuat adonannya. Mesin pengolah makanan tersebut sangat mudah didapatkan karena telah banyak tempat jual mesin pengolah makanan dengan harga yang bersaing. Dengan menggunakan mesin pengolah makanan maka hidangan Natal yang akan dibuat dan dijual mempunyai kualitas yang lebih baik dan merata serta bisa diproduksi lebih cepat walaupun dibuat dalam jumlah yang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *