Sejarah Gitar Elektrik

Sejarah Gitar Elektrik – Insinyur mulai bereksperimen dengan instrumen bertenaga listrik, seperti kotak musik dan piano pemain, pada 1800-an. Namun upaya pertama pada instrumen yang diperkuat tidak sampai pengembangan amplifikasi listrik oleh industri radio pada 1920-an.

Salah satu inovator paling awal adalah Lloyd Loar, seorang insinyur di Gibson Guitar Company. Pada tahun 1924, Loar mengembangkan pickup listrik untuk biola dan senar bass. Dalam desain pickup Loar, string melewati getaran melalui jembatan ke magnet dan koil, yang mendaftarkan getaran itu dan meneruskan sinyal listrik ke amplifier. Gitar listrik komersial pertama yang diiklankan, dibuat oleh perusahaan Stromberg-Voisinet pada tahun 1928, menggunakan pickup yang sama, dengan getaran yang diambil dari papan suara.

 
Tujuan inovator awal ini adalah untuk memperkuat suara alami gitar, tetapi sinyalnya terlalu lemah. Hanya ketika para insinyur menggunakan sistem pickup yang lebih langsung, di mana elektromagnet mendaftarkan getaran senar dari senar itu sendiri, gitar listrik modern menjadi kenyataan. Model komersial pertama yang sukses, yang disebut “Wajan Penggorengan,” dikembangkan dan dipasarkan oleh George Beauchamp dan Adolph Rickenbacker pada tahun 1932.


Diagram dari paten pickup asli Gibson, 1937
The Rickenbacker “Frying Pan” adalah model Hawaii listrik, bermain datar di pangkuan, dan langsung tertangkap dengan gitaris gaya Hawaii. Namun, gitar listrik gaya standar atau “Spanyol” terdengar sangat berbeda dari gitar akustik sehingga lambat untuk diterima. Artis pertama yang mengembangkan gaya bermain yang unik untuk gitar listrik adalah Charlie Christian (pada 1939). Pada saat yang sama, beberapa orang mulai bereksperimen dengan jenis baru gitar listrik, menggunakan pickup yang sama dengan desain sebelumnya tetapi memasang pickup pada balok kayu yang solid. Les Paul, yang sudah menjadi gitaris akustik terkenal, membangun gitar semacam itu di atas selembar kayu pinus empat-empat dan dijuluki “The Log.” Leo Fender, mantan tukang reparasi radio, memperkenalkan gitar listrik solid-body yang diproduksi secara massal pada tahun 1950, dan Gibson memperkenalkan model yang didukung oleh Les Paul sendiri pada tahun 1952. Gitar tubuh padat tidak memiliki masalah umpan balik yang menjadi ciri berlubang. gitar listrik tubuh, dan mereka memiliki menopang yang lebih besar.

Pada 1950-an dan 1960-an, bintang-bintang rock mengamankan desain Gibson dan Paul, serta Stratocaster Fender yang terkenal, tempat permanen dalam budaya Amerika. Sejak itu, setiap generasi telah menemukan cara baru yang mengejutkan untuk membuat instrumen bernyanyi. Dari semua akun, potensinya tidak terbatas. Berkat para inovator industri musik berkembang dengan cepat seperti Stafaband yang dulu juga tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *