Cara Membujuk Anak Supaya Tidak Takut Ke Dokter Gigi

Klinik Dokter Gigi Jogja

Bagi anda yang tinggal di wilayah Jogja, mungkin tidak sulit menemukan berbagai klinik dokter gigi. Klinik dokter gigi Jogja biasanya tidak hanya melayani pemeriksaan dan perawatan gigi untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Namun, sebagian anak-anak justru merasa takut ketika diajak ke dokter gigi. Mereka sudah membayangkan betapa seramnya peralatan dokter gigi. Terlebih anak-anak yang pernah memiliki pengalaman kurang menyenangkan dengan dokter gigi pasti akan semakin sulit diajak mengunjungi dokter gigi.

Klinik Dokter Gigi Jogja

Meskipun anak-anak sulit diajak ke dokter gigi, namun perlu anda ketahui bahwa memeriksakan dan merawat gigi ke dokter gigi sangat penting. Bila gigi jarang diperiksakan ke dokter maka akan menimbulkan berbagai masalah gigi yang lebih parah. Supaya anak-anak tidak takut lagi ke dokter gigi maka berikut ada beberapa cara yang bisa diterapkan.

  1. Mengajak Anak Ke Dokter Gigi Sejak Kecil
    Upayakan untuk mengajak anak ke dokter gigi sedini mungkin. Dengan membiasakan memeriksakan gigi ke dokter gigi sejak anak masih balita maka anak-anak bisa merasa rileks dan tidak takut dengan dokter gigi. Namun jika mengajak anak ketika usianya sudah 7 tahun maka anak sudah mendengar berbagai kisah yang membuatnya takut menemui dokter gigi.
  2. Sampaikan Intinya Kepada Anak
    Jangan sampai anda menyampaikan sesuatu yang pada akhirnya berbeda dengan yang dirasakan anak-anak terkait pemeriksaan dokter gigi. Hal tersebut bisa membuat kepercayaan anak-anak kepada anda menjadi hilang. Sebaiknya sampaikan informasi mengenai pemeriksaan gigi anak sesuai intinya saja. Semakin detail anda menjelaskan tentang pemeriksaan justru membuat anak-anak semakin penasaran.
  3. Prosedur Pemeriksaan Biar Dijelaskan Dokter Gigi
    Biasanya dokter gigi lebih mampu menyampaikan dengan baik kepada anak-anak terkait pemeriksana gigi dan mulut. Prosedur yang dijelaskan juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak-anak sehingga anda tidak perlu menjelaskannya sebelum pemeriksaan.
  4. Memberikan Pujian Tapi Tidak Untuk Hadiah
    Hindari kebiasaan memberi hadiah pada anak setiap ke dokter gigi. Sebab hal tersebut bisa menjadi sebuah bebas yang perlu diseimbangkan oleh anak-anak untuk mendapat hadiah. Lebih baik berikan pujian saja atas keberanian sang anak ketika sudah berkunjung ke dokter gigi.

Demikianlah penjelasan mengenai cara agar anak tidak takut ke dokter gigi yang dapat menambah wawasan anda. Dengan menerapkan cara-cara di atas, maka kini anda tak perlu khawatir jika ingin mengajak anak ke dokter gigi Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *