Manfaat Mendengarkan Musik

Zaman sekarang ini semua orang suka mendengarkan lagu yang bahkan ada yang berkali kali mendengarkan musik yang diulang-ulang berkali-kali. Namun, ketauhuilah bahwa mendengarkan lagu akan memberikan efek bagi kesehatan kita dan dapat mengurangi stres pada diri anda. Dan berikut rangkuman manfaat mendengarkan musik.

Manfaat mendengarkan musik
  1. Musik membuat Anda lebih bahagia. Ketika kita mendengar orang-orang yang kita sukai, otak melepaskan dopamin, obat tubuh. Ahli saraf Valorie Salimpoor menyuntikkan selai dengan obat yang mengukur jumlah dopamin yang dilepaskan dalam tubuh. Hasilnya: setelah 15 menit mendengarkan musik favorit, tingkat dopamin meningkat pesat dan disertai perasaan bahagia dan kegembiraan yang menggembirakan. Jadi, tidak selalu harus berupa obat antidepresan saat suasana hati kita sedang buruk.
  2. Musik membuat kita lebih baik dalam berlari. Dengan musik yang cepat dan memotivasi, pelari yang diteliti mencapai garis finish lebih cepat pada trek 800 meter daripada dengan musik lambat atau tanpa musik, menurut peneliti dari Brunel University London dengan download mp3 gratis.
  3. Musik menjadi obat yang bermanfaat, dengan memecah hormon stres kortisol yang menyebabkan stres pada diri kita membuat lebih banyak jiwa dan tubuh sakit daripada yang lain. Mendengarkan sudah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Efek terkuat adalah ketika anda membuat musik sendiri atau setidaknya menggerakkan kaki anda dan terlibat secara fisik.
  4. Musik membuat Anda tidur lebih baik. Jika Anda tidak tidur nyenyak atau tidur nyenyak, naiklah ke tempat tidur ke rol manusia, cobalah musik klasik. Dalam sebuah penelitian, siswa tidur jauh lebih baik ketika mereka mendengar musik klasik santai selama 45 menit sebelum tidur, misalnya oleh Bach atau Mozart. Musik ini juga bekerja lebih baik daripada buku audio.
  5. Musik mengurangi depresi. “Musik adalah perlindungan saya, saya bisa merangkak ke ruang di antara not dan bersandar padanya, aman,” tulis Maya Angelou. Mendengarkan musik klasik di malam hari tidak hanya meningkatkan kualitas tidur, tetapi juga mengurangi gejala depresi, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian yang sama. Ilmuwan Jerman mengamati lebih dekat peran jenis musik. Hasilnya: selain musik klasik, itu adalah musik meditatif yang paling sesuai dengan kemurungan kita.

Itulah 5 manfaat mendengarkan music yang memang sudah terbukti. Namun, kami tidak ada jaminan akan berhasil dengan hasil yang sama, karena harus disesuaikan dengan diri masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *