Belajar Agama Islam Online

Belajar agama islam online, apakah bisa menjadi alternatif yang benar di samping belajar islam secara tatap muka langsung?, Hal ini sering di tanyakan oleh sebagian para penuntut ilmu, Berikut ulasannya.

Belajar islam online
Belajar agama islam secara online, Gambar: Penaungu.com

Hati-Hati Dengan Informasi

Di zaman teknologi informasi yang semakin berkembang ini, sebenarnya bisa menjadi berkah atau bencana untuk kita maupun anak-anak kita, mengapa demikian? Sudah jelas, dalam teknologi informasi sekarang ini, informasi apapun dengan mudah kita temui, dari informasi tentang hal-hal negatif sampai yang positif ada semuanya.

Tentu jika kita tidak bijak dalam menggunakan informasi tersebut akan mudah tergelincir dalam hal-hal yang di larang agama. Begitupun sebaliknya jika kita sudah punya landasan yang kuat akan aqidah kita, maka penggunaan informasi juga akan mengarah kepada hal-hal yang positif.

Dakwah Islam Secara Online

Dan saat ini khususnya dalam dunia informasi sedang gencar yang namanya dakwah agama islam secara online. Tentu ini adalah hal yang sangat positif bagi dunia informasi, setidaknya mengimbangi informasi masalah keduniaan yang sudah sangat banyak dan masif.

Saat ini kita patut bersyukur akan banyaknya website ataupun bolg yang meyajikan informasi seputar nasehat agama, fiqih, aqidah dan semua hal terkait dengan ajaran agama islam. Bahkan tidak jarang beberapa ustadz juga membuat blog untuk menyajikan materi islam sebagai ladang dakwahnya.

Begitupun dengan chanel Youtube yang sangat banyak berisi kajian dari ustadz-ustadz yang berkompeten di bidangnya, ada yang membahas tentang sirah nabawiyah,membahas aqidah, membahas ahlak dan hukum hukum agama.

Tapi memang ada beberapa orang yang enggan untuk belajar agama islam secara online dengan alasan ilmu yang di dapat tidak berkah dan menyalahi sunah,benarkah demikian?

Memang benar belajar agama islam kepada guru dengan cara bertatap muka langsung adalah lebih utama, karena ada beberapa hadist yang menerangkan tentang masalah ini. Yaitu hadist tentang datangnya malaikat ke dalam majelis ilmu.

Tapi bukan berarti belajar agama secara online tidak bermanfaat dan salah, belajar agama islam secara online boleh dan sangat bagus, walaupun memang kalau ada waktu dan ada ceramah atau pengajian di wilayahnya sebisa mungkin untuk datang.

Belajar agama secara online membantu orang yang sibuk atau orang yang tidak punya waktu untuk mendatangi pengajian, dan sudah banyak contoh orang yang mendapatkan hidayah dari menonton kajian di youtube, bahkan beberapa artis sudah banyak yang hijrah meninggalkan dunia gemerlap mereka.

Website Belajar Agama Islam Online

Banyak sekali website atau bolg yang menyajikan berita seputar keislaman, dan bahkan ilmu agama yang sangat sakral dengan mudah untuk kita jumpai, tapi apakah ilmu yang di sajikan oleh website tersebut bisa dipertanggung jawabkan, atau malahan bisamenyesatkan.

Seperti yang sudah di tuliskan di atas, bahwa dunia informasi sangat masif dan bebas dalam menyajikan artikel, dan tentu ada saja oknum yang akan memanfaatkan ini untukmenyebarkan ajaran sesatnya, disini akan saya tuliskan bagaimana cara untuk memilih website yang benar.

Jika kita tahu nama ustadz yang selain ceramah dia juga membuat website maka tinggal membaca website tersebut, tapi kalau kita tidak tahu maka, hal yang perlu di perhatikan adalah kontennya, seperti kita ketahui konten atau ajaran islam erat hubungannya dengan dalil AL’Quran dan Al’Hadist atau Sunah.

Jika website yang kita baca selalu menyajikan dalil maka, website tersebut layak di percaya dan di ambil ilmunya, beberapa website yang layak diambil sebagai referensi adalah:

konsultasisyariah.com, yufidz.com, penaungu.com, firanda.com, rumashyo.com, muslim.or.id, almanhaj.or.id, muslimafiyah.com, tafsirweb.com dan juga beberapa chanel youtube seperti khalidbasalamah, lampu islam dan banyak lagi.

Amalkan Ilmu Yang Sudah Dipelajari

Hal yang juga sangat penting adalah mengamalkan ilmu yang sudah kita pelajari secara online tersebut, karena ilmu ada untuk di amalkan. Inilah kebanyakan yang salah dari kita, belajar agama hanya untuk berdebat agar di pandang berilmu, padahal ilmu itu untuk di amalkan.

Jika anda sudah bisa mengamalkan ilmu yang di pelajari, niscaya itu akan menjadi bekal untuk anda di akherat kelak.

Gunakan teknologi untukmenggali ilmu agama, dan jangan sia-siakan waktu kita untuk hal yang tidak bermanfaat apalagi maksiat, semoga bisa diambil hikmahnya dan semoga kita bisa menjadi muslim yang taat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *