Profil & Fakta GFriend, Grup yang Gigih dan Pantang Menyerah

Profil & Fakta GFriend – Sebagian penggemar musik K-Pop mungkin masih ingat dengan video viral dari penampilan GFriend di tahun 2015. Saat itu, grup di bawah naungan Source Music ini menampilkan lagu mereka, Me Gustas Tu, pada panggung yang licin sehingga berkali-kali harus jatuh terpeleset.

Hebatnya, mereka tetap melanjutkan penampilan mereka hingga selesai. Sejak saat itu GFriend terkenal dengan profesionalisme dan kegigihan mereka. Padahal, sebelumnya mereka selalu jadi sasaran bully dari warganet Korea Selatan.

Sudah familiar dengan lagu-lagu GFriend yang catchy? Sekarang, yuk kenalan lebih jauh dengan anggotanya!

1.Sowon

Sowon memiliki nama asli Kim So-jung. Ia lahir di Seoul, Korea Selatan pada 7 Desember 1995—menjadikannya anggota tertua GFriend. Nama Sowon berarti “harapan” atau “keinginan”.

Ia lulus dari Hanlim Multi Art School dan mengambil jurusan media visual dan akting di Sungshin Women’s University. Semasa sekolah, ia mengikuti kegiatan pemandu sorak atau cheerleader.

Sebelum debut sebagai GFriend, Sowon adalah trainee di agensi DSP bersama anggota grup KARD. Ia bahkan sempat muncul di video klip grup Rainbow yang berjudul To Me.

Posisinya di GFriend adalah sebagai leader. Sowon aktif di luar grup sebagai MC untuk program televisi mengenai kecantikan dan menjadi model runway pada acara 2019 S/S Hera Seoul Fashion Week.

2. Yerin

Jung Ye-rin dilahirkan di Incheon, Korea Selatan pada 19 Agustus 1996 sebagai anak bungsu dari dua bersaudara. Kakak laki-lakinya terpaut sebelas tahun darinya. Yerin menganut agama Kristen. Nama Yerin memiliki arti “harta”.

Dia adalah lulusan Seoul School of Performing Arts. Salah satu teman sekelas dan teman dekatnya adalah Joy dari Red Velvet.

Yerin sempat menjadi trainee di bawah naungan Fantagio dan Cube. Posisinya dalam GFriend adalah lead dancer, vocalist, center, sekaligus face of the group. Ia sangat menyukai menari dan berolahraga.

3. Eunha

Jung Eun-Bi alias Eunha adalah anggota GFriend yang lahir pada 30 Mei 1997 di Seoul, Korea Selatan dan merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Nama Eunha memiliki arti “galaksi”.

Saat berusia 7 tahun, dia mendapat diagnosis langerhans cell histiocytosis (LCH). Penyakit ini membuatnya harus dirawat untuk cek darah rutin, namun saat ini dia sudah sembuh sepenuhnya.

Eunha hanya menjalani masa trainee selama dua bulan di Source Music, karena ia langsung terpilih sebagai lead vocalist GFriend. Sebelumnya, ia pernah menjadi trainee di Big Hit Entertainment selama satu tahun.

4. Yuju

Yuju memiliki nama asli Choi Yu-na, sementara nama panggungnya berarti “kasih sayang”. Yuju lahir di Ilsan, Korea Selatan, pada 4 Oktober 1997. Ia bisa bermain gitar dan fasih berbahasa Inggris. Yuju adalah penganut Katolik Roma

Sebelum debut, Yuju pernah mengikuti Kpop Star dan gagal dalam audisi untuk JYP Entertainment. Ia juga merupakan mantan trainee di agensi LOEN.

Yuju bergabung dengan Source Music pada tahun 2011. Posisinya di GFriend adalah vokalis utama. Anggota lain menyebut bahwa Yuju adalah penulis lirik yang baik.

5. SinB

SinB, yang berarti “misterius” atau “rahasia”, adalah nama panggung dari Hwang Eun-Bi. Ia lahir di Cheongju, Korea Selatan, pada 3 Juni 1998. Kakaknya adalah laki-laki yang berusia lebih tua dua tahun darinya.

Sejak masih kecil, SinB sudah aktif sebagai model pakaian dan aktris. Ia dan Eunha adalah teman sejak kecil. Keduanya sempat menjadi trainee di Big Hit Entertainment, namun waktu trainee SinB lebih lama, yaitu lima tahun.

Ketika debut, SinB dikenal sebagai anggota yang memiliki penampilan fisik seperti Jessica Jung. Dia dan Sowon adaah anggota yang paling cepat mempelajari suatu koreografi.

6. Umji

Kim Ye-won adalah maknae atau anggota termuda dari grup GFriend. Nama panggungnya, Umji, memiliki arti “jempol”.

Umji lahir di Incheon, Korea Selatan pada tanggal yang sama dengan Yerin, 19 Agustus 1998. Ayahnya adalah CEO dari sebuah kelompok dokter gigi yang tersohor, Moa Dentist Group. Umji merupakan anak bungsu dengan satu kakak laki-laki dan satu kakak perempuan.

Umji adalah seorang penganut Kristen. Ia dan Yuju sama-sama mampu berbicara bahasa Inggris secara fasih. Kemampuan lainnya adalah bermain piano. Ia juga sering menyanyikan lagu-lagu Disney favoritnya.

Saat masa awal debut, Umji sempat menjadi sasaran perundungan warganet Korea Selatan. Penampilan fisiknya seringkali diberi komentar pedas.

Setelah kenal lebih jauh, tidak heran jika grup yang satu ini terkenal gigih dan pantang menyerah. Buddies pun sepertinya tidak boleh kalah gigih dalam mendukung GFriend, nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *