Fungsi Hati dan Macam-macam Hati

Kamu tau Hati nggak sih? Hehe, iya hati itu bagian terpenting dalam diri kita. Ada Hati secara jasmani (organ hati), dan ada juga Hati secara Ruhani, yaitu bagian dari kita yang merasakan senang, sedih, bahagia, kecewa, cemburu, dll. Itu namanya hati secara ruhani.

Berbeda dengan hewan, hewan hanya memiliki hati jasmani yang biasa diolah sebagai menu makanan. Atau kebanyakan orang berkata, hewan punya otak tapi tidak berakal. Memang keduanya ada yang menyebut sama, antara Hati dan Akal, sebagaimana yang diterangkan oleh Imam Ghozali.

Dan perbedaan antara manusia dan hewan pun tidak terbatas hanya di situ. Dari segi sel, sel hewan dan manusia juga banyak perbedaan. Oleh karenanyalah Manusia diunggulkan.

Fungsi Hati

Fungsi Hati

Kalau cerita “hati” di atas ada 4 macam, saya mau cerita fungsi hati ada 7 macam:

  • Mengatur: Dapat mengatur jumlah karbohidrat yang ada didalam tubuh hati juga menjaga agar glukosa darah tetap terjaga alias tidak jauh dari 90 mg/dl, dapat menyeimbangkan jumlah lemak dalam tubuh. Berfungsi Mengatur keseimbangan asam amino, asam lemak, trigliserida, dan kolesterol. Dan juga Mengatur sirkulasi hormon.
  • Memproduksi dan atau Mensekresi: Fungsi lain Memproduksi empedu dan mensekresi empedu. Dapat Memproduksi protein plasma didalam tubuh manusia.
  • Membersihkan: Dapat membersihkan zat zat berbahaya contohnya bekas bekas obat. Membersihkan antibodi residu (sisa)
  • Memakan: Bekerja Memakan antigen (dilakukan oleh sel-sel hepar). Dan befungsi Memakan (memfagosit) mifroorganisme
  • Menyimpan: bermanfaat Menyimpan vitamin larut lemak (Vitamin A, D, E, K) dan vitamin B12Dan juga Menyimpan mineral didalam tubuh kita
  • Memproses: Memproses emulsi lemak (emulsifikasi lemak)
  • Menghentikan: Menghentikan kerja obat (inaktivasi obat).

Melihat banyaknya fungsi hati kita, adalah penting bagi kita untuk memelihara kesehatan hati kita….

Macam-macam Hati

Menurut riwayat dari Abi Sa’id RA, terdapat empat macam hati yang disebutkan oleh baginda Rasulullah SAW. Hadits ini bisa dijumpai juga dalam sebuah buku yang berjudul Kitab al-Kabair, karangan Syeikh Imam Abi al-Hasan Muhammad bin Abdul Wahab.

Pertama, Qalbun Ajrad (hati yang murni)

yaitu hati laksana lentera yang memancarkan cahaya. Hati ini membuka pintu-pintunya untuk mendengar dan menerima kebenaran (alhaq). Itulah hati orang-orang Mukmin yang menjalankan ketaatan kepada Allah dan RasulNya secara konsisten. Jenis hati ini disebut juga sebagai Qalbun Shaleh (hati yang sehat).

Kedua, Qalbun Aghlaf

Yaitu hati yang keras dan tertutup untuk menerima kebenaran dan petunjuk dari Allah. Ia disebut juga sebagai Qolbun Mayyit (hati yang mati) karena tidak mengenal dan mengakui Allah sebagai Tuhannya. Ketika diseru pun ke jalanNya, maka seruan itu tidak berfaedah sama sekali disebabkan hatinya sudah tertutup. (QS. Al-An’am [6]:25). Tidak lain, jenis hati ini adalah hatinya orang-orang kafir.

Ketiga, Qalbun Mankus (hati yang terbalik)

Yaitu hati orang-orang munafik. Hati ini sebetulnya mengetahui kebenaran Islam sebagai agama samawi, akan tetapi ia berbuat inkar. Bahkan ia memusuhi dan menghalang-halangi orang lain untuk mengikuti kebenaran tersebut.

Kempat Qalbun Mushaffah

Yaitu, hati yang di dalamnya terdapat dua unsur sekaligus, keimanan dan kemunafikan. Kedua unsur ini saling tarik-menarik sehingga terkadang hati tersebut condong dan dekat kepada keimanan dan terkadang kepada kekufuran, tergantung kepada salah satu yang mendominasinya.

Jenis hati ketiga dan kempat ini disebut Qalbun Maridh (hati yang sakit) karena terdapat penyakit atau virus yang menyerangnya, yaitu berupa fitnah syahwat (nafsu) dan shubhat (sikap ragu) dengan motivasi syaitan yang terkutuk.

Sebagai bahan muhasabah diri, masing-masing di antara kita dapat mengetahui secara jujur dan objektif, tipe hati manakah yang sebenarnya kita miliki dari keempat macam hati di atas.

Bicara hati…. seringkali rancu hati dalam pengertian bahasa Indonesia dan bahasa Inggris…

Kita sering bicara hati, tapi yang digambar adalah gambar jantung…. 🙂

Jadi saya lanjutkan untuk bicara hati yang bener2 organ hati atau biasa dikenal juga sebagai liver

Hati atau liver merupakan organ penting di tubuh kita yang terletak di rongga perut tepatnya di bawah diaphragma (pembatas antara rongga dada dan rongga perut) berpangkal dari perut sebelah kanan atas memanjang ke arah uluhati, berat hati manusia normal kira2 1 sampai 1,5kg.

Sumber: netsains

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *