Hilangkan Kesan Angker dan Membosankan Bagian 2

Kemudian, di usia hampir 2 tahun, pernah diajak ke Museum Purna Bhakti Pertiwi. “Waktu pulang, ditanyalah Freya, ’Waktu di museum lihat apa?’ Dia bilang melihat kodok. Padahal, kodok itu bentuk tempat sampah he he.. bukan koleksi museum. Tapi dia dengan bangganya bilang dan melihat kodok,” papar istri dari Abi Kusno (31) ini. Kali ketiga, Ajeng mengajak Freya ke Museum Travel. Di sana buah hatinya sudah bisa diajak ikut berkegiatan, seperti mewarnai, kemudian menempelkan perangko pada surat lalu mengirimkan ke alamat rumah. Pada kesempatan yang ke-4, Ajeng mengajak Freya ke Museum Nasional. Ajeng berharap, Freya kelak akan mencintai warisan budaya dan sejarah bangsa yang diabadikan ke berbagai museum di Indonesia, seperti dirinya.

Acara Dikemas Menarik

Kegiatan fun apa yang diberikan Museum Ceria? Dalam rangka Hari Pahlawan, misal, dibuat program “Indonesian Heroes!” di Museum Keprajuritan. Acara untuk anak berusia 2—4 tahun di antaranya mewarnai gambar pahlawan raksasa yang fotonya ada di uang. Sedangkan acara untuk anak 5—12 tahun yaitu multisensory tour.

Mereka tur keliling museum sambil menyanyi lagu-lagu wajib pakai gitar akustik, pegang dan cium bau rempah-rempah, serta mencicipi rasa makanan dari daerah asal pahlawan tertentu. Mereka juga mengeksplorasi sejarah pahlawan yang jarang dibahas di sekolah, seperti Sultan Mahmud Badaruddin II, Sultan Nuku dan Kapiten Pattimura. Seru dan tetap edukatif. Contoh lain saat ke Museum Nasional, anak-anak diajak bermain mencari Ganesha yang tersebar di Gedung Lama Museum Nasional. Mereka harus mendeskripsikan ciriciri Ganesha.

Lalu ada permainan roleplay mitos Samuderamanthana. Mitos ini tentang terjadinya gerhana bulan. ”Anak bebas memilih untuk menjadi dewa atau raksasa. Ada Dewa Matahari (Surya), Dewa Bulan (Chandra), Dewa Pemelihara (Wisnu), Dewa Penghancur (Siva), Rahu sang Raksasa, dan sebagainya. Anak-anak sangat antusias.” Untuk para murid kelas 4—6 SD, mereka diajak menjadi epigraf, seorang ahli pembaca huruf-huruf kuno. Mereka ditantang memecahkan teka-teki yang tertulis dalam huruf jawa kuno yang terdapat pada prasasti-prasasti. Ajeng juga mengembangkan program yang melibatkan orangtua dan anaknya. Misal, family weekend.

Rekomendasi tempat kursus GRE di jakarta bisa membantu anak anda yang akan mengikuti tes GRE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *