Bisnis, Impor

5 TIPS MEMILIH PABRIK PRODUSEN DI CHINA

Ketika mencoba untuk memilih produsen di Cina, ada beberapa tantangan yang mungkin timbul – bahkan untuk veteran berpengalaman. Pengalaman memberi tahu kami bahwa satu-satunya pertimbangan terpenting adalah memverifikasi proses kontrol dan inspeksi kualitas pabrikan, terutama yang berkaitan dengan sumber bahan dan verifikasi. Berikut adalah beberapa tips dan saran yang dapat membantu proses berjalan lebih lancar dan transparan.

1. Lakukan pekerjaan wajibmu

Sebelum membuat komitmen dalam waktu atau uang, pelajari semua tentang pabrik terlebih dahulu. Ini mungkin termasuk melakukan pencarian di situs web pemerintah China berbahasa Inggris, yang memberikan informasi yang relevan tentang lisensi, hak gadai, dan nama-nama kepemilikan utama. Luangkan waktu untuk melacak pelanggan sebelumnya dan tanyakan tentang pengalaman masa lalu mereka jika memungkinkan. Tentu saja, ada perusahaan besar yang beroperasi di Cina yang telah bekerja dengan merek-merek terkenal selama bertahun-tahun sehingga mereka memiliki reputasi yang baik untuk kualitas dan keandalan. Namun, pemasok yang lebih kecil atau khusus mungkin relatif tidak dikenal di luar ceruk pasar. Apa pun yang Anda temukan, jika Anda siap untuk mengambil langkah selanjutnya itu berarti Anda harus berinvestasi untuk mengunjungi pabrik sendiri. Anda juga sebaiknya mengonfirmasi alamat penagihan produsen sejak dini. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa akun tersebut atas nama perusahaan yang sama (bukan atas nama seseorang). Jika Anda memutuskan untuk bergerak maju dengan pembuatan, Anda juga harus memastikan bahwa nama produsen secara jelas dinyatakan dalam semua kontrak, pesanan pembelian, dan dokumen keuangan lainnya.

2. Kunjungi fasilitasnya secara langsung

Setelah Anda mengatur kunjungan, bawa penerjemah Anda sendiri yang bekerja untuk Anda dan yang tidak memiliki hubungan dengan pabrik. Bersiaplah untuk meminta verifikasi semua informasi dokumenter. Ini mungkin dalam bentuk lisensi dan registrasi bisnis, bukti asuransi dan bahkan sertifikat ISO. Jika Anda berada di fasilitas yang tampak bersih, terorganisir dengan baik dan dilengkapi dengan baik, konfirmasikan bahwa ini sebenarnya adalah pabrik yang sama yang akan membuat produk Anda.

3. Pastikan sertifikat karyawannya

Penting untuk meminta catatan yang dimiliki pabrik untuk pelatihan dan sertifikasi karyawan. Jika pabrik membanggakan kepatuhan ISO, berkeras melihat dokumentasi asli dan bahwa karyawan benar-benar memahami posisi mereka dan dapat mengikuti mereka secara memadai.

4. Ikuti siklus produksi dari barang mentah menjadi barang akhirnya

Kualitas bahan baku sangat bervariasi di Cina. Apa pun labelnya, cari tahu dari mana bahan itu dibeli dan cobalah untuk mendapatkan alamat situs web atau informasi pengenal lainnya. Ini akan membantu Anda melacak sumber materi. Substitusi bahan dengan grade lebih rendah setelah kontrak ditandatangani sayangnya tidak pernah terjadi sehingga Anda harus rajin dalam hal ini – selalu periksa dan konfirmasi lagi tentang standar bahan baku dan bagaimana pengujiannya. Ajukan pertanyaan kunci seperti, “Dari mana datangnya peralatan?” Dan “Siapa yang membuatnya?” Paling tidak, produsen harus memiliki peralatan metrologi untuk menguji logam dan plastik. Jika demikian, pastikan mereka dapat menunjukkan cara menggunakannya. Pastikan untuk mengajukan pertanyaan kunci seperti “Seberapa sering dikalibrasi dan oleh siapa?” Dan “Apakah ada catatan kalibrasi?” Penting untuk memverifikasi jenis peralatan inspeksi yang digunakan oleh pabrikan dan memastikan bahwa itu dikalibrasi dengan benar . Bersikeras memiliki karyawan kontrol kualitas – bukan bos atau supervisor – melakukan inspeksi dimensi produk saat Anda menonton. Anda juga harus memastikan mereka memelihara catatan yang tepat dari semua prosedur dan hasil pengukuran dan pengujian dan meminta untuk melihat catatan ini.

5. Dapatkan kontak hari ke harinya

Identifikasi orang yang akan menjadi kontak utama Anda dengan pabrik. Jika sesuai anggaran Anda, sebaiknya Anda memiliki karyawan Anda sendiri yang ditempatkan di China yang dapat menjadi penghubung langsung antara Anda dan produsen.

Untuk informasi terkait lainnya, silahkan kunjungi jasa Taobao Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *