Bisnis

Definisi Digital Marketing Menurut Para Ahli Terlengkap

digital marketing agency

Pemasaran digital terbukti mampu mendongkrak angka penjualan produk ataupun jasa yang ditawarkan dalam suatu bisnis. Hal ini dikarenakan pemasaran digital memanfaatkan jaringan internet sehingga bisa diakses oleh siapa saja yang ada di seluruh penjuru dunia. Meski pemasaran digital sudah sangat familiar, namun nyatanya ada beberapa pelaku bisnis yang masih awam dengan istilah ini. Apabila anda juga demikian, ada baiknya anda ketahui definisi digital marketing menurut para ahli.

Definisi Digital Marketing Menurut Para Ahli

Menurut Kleindl & Burrow (2005), digital marketing ialah proses perencanaan dan pelaksanaan ide yang meliputi konsep, harga, promosi, hingga distribusi. Kleindl & Burrow juga mengemukakan bahwa marketing diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan antara perusahaan dan konsumen yang saling menguntungkan.

Ahli lainnya yang juga mengartikan digital marketing yaitu Urban (2004:2). Menurutnya, digital marketing memanfaatkan internet dan teknologi informasi guna memperluas sekaligus meningkatkan fungsi pemasaran konvensional. Pengertian ini fokus pada semua marketing tradisional. Selain itu, disebutkan juga bahwa digital marketing berkaitan dengan interactive marketing, e-marketing dan one-to-one marketing.

Heidrick & Struggless (2009:1) juga mengemukakan pendapatnya mengenai digital marketing. Disampaikan bahwa digital marketing berkembang lewat situs web, perangkat games dan telepon genggam. Pemasaran digital ini memberikan akses periklanan baru yang tak dikenalkan secara aktif dan sangat berpengaruh. Dari definisi tersebut, para digital marketing agency beralih ke arah media teknologi yang baru dan lebih interaktif.

Definisi digital marketing menurut para ahli lainnya dikemukakan oleh Coviello, Milley & Marcolin (2001:26). Menurutnya, digital marketing ialah menggunakan fasilitas internet yang dipadukan dengan teknologi interaktif lain. Hal tersebut dilakukan untuk membuat sekaligus menghubungkan dialog yang sudah teridentifikasi antara perusahaan dan konsumen. Dengan demikian, bisa ditarik kesimpulan bahwa pemasaran digital memang lebih efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *