Kesehatan

Hati-Hati! 5 Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Mempercepat Datangnya Osteoporosis

penyebab osteoporosis

Penyebab Osteoporosis – Osteoporosis adalah suatu kondisi penurunan kepadatan tulang dan hilangnya kekuatan, sehingga tulang lebih rentan patah. Meskipun pria dan wanita dapat menderita osteoporosis, penyakit yang berhubungan dengan keropos tulang ini lebih cenderung menyerang wanita di atas usia 50 tahun.

Osteoporosis bisa terjadi karena banyak faktor. Termasuk faktor genetik, jenis kelamin, riwayat minum obat-obatan tertentu dan gaya hidup yang buruk. Untuk menghindari osteoporosis, Anda harus menerapkan gaya hidup sehat.

Dengan menjalankan gaya hidup sehat, dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis. Karena itu, Anda harus menghindari kebiasaan buruk yang bisa membuat Anda terkena osteoporosis. Berikut contoh 5 kebiasaan buruk yang harus Anda hindari:

Malas Olahraga

Nah, ini kebiasaan buruk yang merupakan penyebab utama terjadinya osteoporosis, yaitu jarang atau malas berolahraga. Padahal, olahraga teratur mempunyai banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan energi, yang kemudian mampu melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Selain itu, olahraga teratur juga dapat memadatkan tulang dan membuatnya lebih kuat, sehingga bisa mengurangi risiko osteoporosis. Jika Anda malas berolahraga, kepadatan tulang Anda akan lebih cepat hilang. Hal ini menjadi penyebab datangnya osteoporosis.

Terlalu Sering Konsumsi Kopi

Walaupun minum kopi sudah menjadi kebiasan sebagian besar orang sebelum melakukan aktivitas di pagi hari, ternyata minum kopi terlalu banyak juga dapat mengakibatkan osteoporosis.

Hal ini terjadi karena kandungan kafein dalam kopi, secara langsung berkontribusi pada pengeroposan tulang, dengan meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin dan mengurangi efisiensi penyerapan kalsium dalam usus.

Menghindari Sinar Matahari

Osteoporosis lebih mudah menyerang tubuh yang kekurangan vitamin D. Sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet B yang mampu menghasilkan vitamin D. Jadi jangan salah, vitamin D tidak hanya ada dalam buah dan sayuran saja ya. Vitamin D ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang Anda, sehingga risiko terkena osteoporosis semakin kecil.

Tidak semua sinar matahari memiliki manfaat baik bagi tubuh, hanya sebelum jam 8 pagi yang baik bagi tubuh. Karena sinar matahari pagi mengandung sumber alami vitamin D. Sebaliknya, hindari terkena sinar matahari langsung pada jam 10 hingga jam 4 sore. Karena pada jam tersebut, matahari mengandung sinar ultraviolet yang membahayakan tubuh.

Merokok

Ternyata osteoporosis juga bisa disebabkan karena kebiasaan merokok. Dalam rokok yang berisi tembakau mengandung atom-atom berbahaya, yaitu radikal bebas pembunuh sel-sel yang berperan dalam pembentukan tulang.

Selain itu, rokok juga dapat meningkatkan produksi kortisol, hormon penyebab stres. Hormon ini dapat membuat tulang menjadi lemah dan menjadi penghambat berkembangannya hormon kalsitonin, yang berkontribusi pada pembentukan tulang.

Minum Minuman Beralkohol

Sama dengan rokok, minuman beralkohol berpengaruh terhadap meningkatnya hormon kortisol dalam tubuh. Efeknya kepadatan tulang menurun. Jadi, hindari minum-minuman beralkohol, karena bisa mengakibatkan juga menurunnya hormon testosteron dan estrogen.

Nah, 5 kebiasaan buruk diatas bisa menyebabkan osteoporosis. Terapkan gaya hidup sehat untuk menghindari osteoporosis. Selain itu, untuk tindakan pencegahan, Anda dapat mengambil manfaat minyak zaitun agar terhindar dari osteoporosis. Buah zaitun dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *