Wisata

Tempat Wisata di Gunung Gede Pangrango

gunung gede

Siapa yang tidak mengenal keindahan dari Gunung Gunung Gede Pangrango, salah satu tempat wisata yang ada di Jawa Barat. Gunung ini terletak di perbatasan antara kabupaten bogor Cianjur. Ketinggiannya mencapai 2392 meter di atas permukaan air laut sehingga menawarkan keindahan menawan saat mendaki dan sampai di puncaknya. Keindahan  gunung Gunung Gede yang tersohor ini yang membuat anda tergerak untuk mengunjungi dan mendakinya. Apalagi, Gunung Gede disebut-sebut sebagai ikon wisata Jawa Barat. Tentunya tidak lengkap mengunjungi Jawa Barat apabila tidak menuju Gunung Gede, kan? Gunung ini sendiri masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Cibodas. Saat anda berkunjung kemari, anda terlebih dahulu menuju View Point agar dapat melihat pemandangan spektakuler matahari terbit dari ketinggian.

Petunjuk Ke Gunung Gunung Gede

Rute Perjalanan Menuju Gunung Gunung Gede

Ada beberapa rute yang bisa ditempuh pendaki untuk menuju Gunung Gunung Gede. Ada beberapa jalur transportasi yang dipilih karena tempat wisata ini sangat mudah dijangkau. Pengunjung dari luar provinsi bisa transit terlebih dahulu di Jakarta kp.rambutan kemudian menggunakan salah satu rute di bawah ini :

1. Yang pertama adalah jalur dari Kabupaten Bogor. Wisatawan dapat menempuh perjalanan mulai dari Kota Bogor menuju Gunung Gunung Gede.

2.Kedua adalah jalur dari Kota Sukabumi. Jalur inilah yang anda tempuh saat berwisata ke Gunung Gede. Perjalanan dimulai dari Kota sukabumi

3. Terakhir adalah jalur dari Cipanas. Jalur ini adalah yang utama serta menjadi favorit banyak wisatawan, walaupun sudah tidak asing kena macet buka tutup di akhir pekan

Tempat Wisata di Gunung Gunung Gede

Banyak kegiatan yang anda lakukan selama berada di Gunung Gunung Gede. Kegiatan wisata sendiri sudah dimulai sejak pukul 03.00 ,pada jam ini membawa anda menyaksikan sun rise dari atas puncak bukit. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan saat mengunjungi tempat wisata Gunung Gede.

1. Pertama adalah View Point, yang sudah anda bahas sebelumnya yaitu tempat yang digunakan khusus untuk melihat pemandangan Gunung Gede dari ketinggian.

2. Kedua ada Kawah Gunung Gede. Tempat ini juga tidak luput dari perhatian anda saat berwisata kemari. Kawah ini memiliki diameter 800 meter dan bisa dicapai dengan menggunakan berjalan kaki, lalu diteruskan dengan menaiki anak tangga yang jumlahnya mencapai 250 buah. 

Tips Wisata ke Gunung Gunung Gede

Agar bisa menikmati keindahan Gunung Gunung Gede, dibutuhkan beberapa persiapan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda berikan untuk liburan ke Gunung Gede berdasarkan pengalaman anda sendiri.

-Pertama, pilih waktu liburan yang tepat. Akan sangat baik untuk berkunjung ke Gunung Gede di musim kemarau agar bisa menyaksikan matahari terbit secara sempurna. Tapi kekurangan dari berkunjung di musim kemarau adalah pemandangan di Padang Savana tidak akan terlalu bagus karena rumput-rumputnya mengering. Sementara kunjungan di musim penghujan akan membuat kita kehilangan pemandangan matahari terbit, namun keindahan alun-alun akan terlihat sangat jelas. Anda berkunjung kemari saat musim kemarau agar bisa melihat indahnya sun rise secara sempurna.

-Kedua, jagalah kondisi fisik mengingat suhu di Gunung Gede yang sangat dingin. Jangan sampai kesenangan saat berada di Gunung Gede terusik masalah kesehatan.

-Ketiga, persiapkan perlengkapan pribadi masing-masing yang akan dibawa. Yang harus dipersiapkan di antaranya adalah jaket, kaos kaki, sarung tangan serta masker. Namun jika tidak menyediakan barang-barang ini, di sekitar Gunung Gede akan ditemukan banyak penjual serta persewaan perlengkapan yang dibutuhkan. Anda sendiri membawa tambahan kamera serta makanan ringan untuk bekal di perjalanan.

-Keempat,Satu hal yang tidak boleh terlupa dari persiapan perjalanan travel menuju Gunung Gunung Gede ialah memesan akomodasi villa puncak sejak jauh-jauh hari. Khusus masalah akomodasi ini telah anda persiapkan beberapa hari sebelum keberangkatan, untuk menghindari kehabisan tiket serta kamar hotel maupun villa . Hal ini penting untuk menjadi perhatian apabila wisatawan berasal dari luar kota atau bahkan luar provinsi, seperti anda. Apalagi jika waktu berlibur bertepatan dengan akhir pekan atau high season saat jumlah wisatawan sedang banyak-banyaknya. Akomodasi harus sudah tersedia saat sampai di tujuan agar tidak terlunta-lunta di jalanan. Banyak hotel yang bisa dipilih untuk tempat menginap, mulai dari yang terjangkau sampai yang cukup mewah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *