Kesehatan

Tips Merawat Bayi Prematur Di Rumah

Merawat bayi prematur di rumah bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Bagi bayi peramtur dengan kondisi yang normal dokter tidak akan menyarankan untuk merawatnya di rumah sakit. Namun demikian, bayi prematur tidak bisa kita samakan dengan bayi normal yang lainnya. Biarpun bisa kita rawat dirumah, namun terdapat beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelumnya.

Pada kesempatan kali ini, izinkan kami untuk berbagi informasi mengenai beberapa tips yang bisa dilakukan para orang tua yang memiliki bayi prematur di rumah. Dengan menjaga bayi prematur secara benar, diharapkan akan mengoptimalkan pertumbuhannya. Dan inilah beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam merawat bayi prematur di rumah.

Tips Merawat Bayi Prematur Di Rumah

# Susui Bayi Prematur Dengan Teratur

Tidak ada air susu yang paling bergizi untuk bayi melainkan ASI. Usahakan jangan pernah telat dalam memberikan asi kepada bayi anda. Bila bayi masih kesulitan apabila menyusu langgsung, maka anda bisa gunakan botol susu dan masukkan ASI ke dalam botol tersebut. Susui setidaknya 7 hingga 8 kali setiap hari.

# Cegah Bayi Dari Infeksi

Bayi prematur memiliki kekebalan tubuh yang tidak sama dengan bayi normal. Oleh karena itu, dalam menjaga bayi prematur di rumah, hendaknya kita lebih ketat dalam melindunginya. Bila perlu anda gunakan inkubator bayi untuk lebih melindunginya dari gangguan linkungan diluar. Berapa harga inkubator bayi sekarang ini ? Tentu anda tidak harus menggunakan inkubator bayi seperti yang ada di rumah sakit. Anda bisa beli inkubatopr bayi sederhana.

# Perhatikan Waktu Tidur Bayi

Bayi prematur membutuhkan waktu tidur yang lebih lama daripada bayi normal. Hal ini karena memang kondisi fisiknya yang membuat ia harus istirahat lebih lama dibandingkan dengan bayi normal lainnya. Selain itu juga perhatikan posisi tidur si bayi. Segera ubah posisinya ketika ia tidur tengkuerp. Sebaiknya bayi tidur dalam kondisi terlentang.

Nah, itulah sedikit tips yang bisa anda lakukan ketika merawat bayi prematur di rumah. Selebihnya, anda bisa meminta petunjuk dokter dan selalu memantau kondisinya dari hari kehari dan selalu berkonsultasi dengan dokter anda setiap saat. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *