31 Manfaat Manggis yang Wajib Kamu Tahu!

Manggis (Garcinia mangostana) adalah buah berwarna ungu tua atau kemerahan yang cukup populer di Thailand. Buah ini memiliki daging berwarna putih yang kaya xanthones.

Xanthones memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-karsinogenik yang kuat yang memberikan sejumlah manfaat terapi pada manggis.Manggis juga kaya akan berbagai antioksidan lain dan sering diproses sebagai jus anti-penuaan.

Di bawah ini adalah berbagai manfaat kesehatan dari manggis :

Antioksidan

Manggis terdiri dari dua jenis polifenol yang dikenal sebagai xanthone. Dua jenis xanthones yang ada dalam buah ini adalah alpha manggis dan gamma manggis. Keuntungan paling penting dari kedua jenis xanthones adalah sifat anti-inflamasi.

Xanthone adalah salah satu perawatan paling manjur untuk penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini memiliki khasiat penyembuhan yang menyembuhkan sel-sel tubuh yang telah dirusak oleh efek radikal bebas berbahaya.

Xanthone bahkan diketahui memperlambat proses penuaan dan mencegah kontraksi penyakit degeneratif. Mereka juga melindungi tubuh manusia dari gangguan fisik dan mental.

Nilai Kalor Rendah

Buah ini hanya mengandung 63 kalori dalam setiap 100 gram sajian. Ini sepenuhnya tanpa kolesterol dan konten lemak jenuh yang tidak sehat. Manggis kaya akan kandungan serat makanan yang menghasilkan sekitar 13% dari seluruh komposisi 100 gram porsi buah.

Kaya Vitamin C

Manggis kaya akan vitamin C. Menjadi anti oksidan kuat yang larut dalam air, Vitamin C dengan ganas melindungi tubuh manusia terhadap influenza dan penyakit serupa, dan juga dari radikal bebas pro-inflamasi.

Perlindungan Terhadap Gangguan Tidur

Santon, hadir dalam manggis, mengurangi kecemasan, mengatur tingkat kortisol dan melatonin, mempercepat proses metabolisme tubuh dan menstabilkan laju metabolisme basal dan mempertahankan keseimbangan dalam persentase asam amino yang ada dalam tubuh manusia.

Xanthone mengendalikan tingkat triptofan serta menjaga permeabilitas saluran pencernaan. Tryptophan adalah asam amino esensial dengan banyak manfaat bagi tubuh. Ini meningkatkan durasi tidur serta membuat tidur nyenyak dan sehat, dan tidak memiliki efek samping pada memori dan kemampuan kognitif kita.

Melindungi Batu Ginjal

Batu ginjal adalah kelainan yang disebabkan karena kalsifikasi. Batu-batu ini bisa tersangkut di saluran kemih dan sangat menyakitkan. Manggis menyebabkan orang berkemih dengan frekuensi yang lebih besar.

Manggis membersihkan saluran genital dan memfasilitasi keluarnya batu ginjal dan mencegah terjadinya penyakit bakteri melalui sering buang air kecil.

Menenangkan Alergi

Sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap partikel asing dan penyerang dengan aksi peradangan flush yang muncul ketika benjolan dan kemerahan bengkak gatal di kulit. Pulpa manggis dikenal untuk menenangkan alergi, meringankan rasa sakit, dan mengurangi kulit.

Melindungi Degenerasi Psikologis

Penyakit otak yang paling umum dan berbahaya adalah Penyakit Alzheimer dan Penyakit Parkinson. Penyakit ini dapat dicegah dengan antioksidan yang ada pada manggis. Antioksidan manggis sangat efektif dalam melindungi tubuh manusia terhadap kepikunan dan kemunduran psikologis.

Memfasilitasi Proses Pencernaan

Xanthones memfasilitasi proses pencernaan dengan mencegah gangguan pencernaan dan sembelit. Manggis kaya akan konten berserat yang membantu pembersihan probiotik di usus.

Perlindungan Terhadap Diabetes

Manggis sangat efektif dalam mengatur kadar glukosa darah. Buah ini menghambat kerja enzim alfa-amilase yang memecah pati menjadi glukosa. Penghambatan ini menghasilkan kadar gula darah yang terkontrol.

Sistem Kekebalan Tubuh

Variasi nutrisi, vitamin, mineral dan terutama Xanthones melindungi tubuh terhadap penyakit umum yang cenderung melemahkan kekebalan tubuh. Xanthones menyingkirkan radikal bebas berbahaya yang merusak kekebalan tubuh.

Perlindungan Terhadap Infeksi Virus

Xanthones, pada manggis, melindungi tubuh dari infeksi virus. Konsumsi buah manggis secara teratur membantu menghilangkan virus tertentu yang cenderung menyerang kulit.

Memberi Energi pada Tubuh Manusia

Buah manggis memberikan tubuh dengan energi serta dorongan bergizi yang sehat.

Memperlambat Proses Penuaan

Manggis kaya akan antioksidan, seperti catechin, yang memerangi radikal bebas berbahaya dan memperlambat proses degeneratif kulit.

Melindungi Tubuh Terhadap Gangguan Perut

Kulit dan daun manggis dapat direbus untuk menyiapkan ramuan atau jus untuk dicerna untuk pengobatan penyakit perut seperti diare, disentri dan penyakit kelamin. Kulit manggis sangat bermanfaat dalam meredakan gangguan pencernaan dan perut.

Tanin dan antioksidan kuat hadir dalam bantuan buah dalam pengobatan disentri dan diare dengan efisiensi tinggi. Manggis adalah tanaman yang memiliki nilai pengobatan kuno dan telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan IBS (Irritable Bowel Syndromes).

Melindungi dari Efek Samping Menstruasi

Xanthones dari manggis sangat penting untuk mengekang gejala fase pramenstruasi seperti suasana hati, hipertensi, masalah kulit, pusing, mual dll. Ramuan yang terbuat dari akar manggis digunakan untuk mengatur siklus menstruasi.

Melindungi Penyakit Mulut

Pulpa manggis adalah pengobatan yang efektif untuk penyakit mulut seperti periodontitis yang mempengaruhi gusi. Ini juga membantu dalam menyembuhkan penyakit gusi lainnya dan menjaga kesehatan mulut.

Daun dan kulit pohon manggis direbus untuk menyiapkan ramuan yang sangat efektif melawan penyakit mulut seperti sariawan mulut karena sifat astringen dari manggis.

Menurunkan Berat Badan Berlebih

Konsumsi manggis menghasilkan pembakaran lemak tubuh berlebih. Selain itu, xanthones dari manggis membantu dalam penumpahan berat badan yang tidak perlu.

Perbaikan Sel

Xanthones pada manggis, mampu menyembuhkan masalah dermatologis, serta memperbaiki dan meregenerasi sel yang rusak. Ini juga melindungi sel-sel dari peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya.

Melindungi Kulit Terhadap Jerawat

Sifat antibakteri dan antimikroba dari manggis sangat efektif terhadap masalah kulit seperti jerawat dan ruam kecil. Buah manggis memiliki sifat antioksidan kuat yang menghambat produksi spesies yang bereaksi terhadap oksigen, sehingga berkontribusi terhadap pencegahan jerawat.

Manggis memiliki kemampuan untuk membersihkan radikal bebas berbahaya dan menindak produksi sitokin inflamasi yang berkontribusi pada pembentukan jerawat jelek terutama pada kulit wajah.

Lebih jauh lagi, xanthone yang ada pada kulit buah merupakan komponen utama manggis yang sangat efektif melawan jerawat dan noda.

Manggis juga memiliki sifat antijamur, antibakteri, antioksidan dan anti-inflamasi yang menghambat berbagai jenis masalah kulit seperti penuaan kulit, kerutan yang tidak beralasan, radang kulit wajah, kekeringan, eksim, dan infeksi bakteri pada kulit.

Melawan Penyakit Alzheimer

Manggis sangat efektif melawan Alzheimer. Santon pada manggis menghambat peradangan di jaringan otak dan membatasi perkembangan penyakit.

Sifat Anti-inflamasi

Konsumsi manggis tiga kali sehari mengurangi rasa sakit akibat peradangan dan efek dari penghambat cox-2. Nyeri Linu Panggul dapat segera diatasi dengan bantuan manggis.

Mengatur Level Tekanan Darah

Manggis mengandung mangan, kalium, magnesium, dan tembaga dalam jumlah yang cukup. Kalium melindungi jantung terhadap penyakit kardiovaskular seperti stroke jantung dengan mengatur tekanan darah dan laju detak jantung.

Properti kardioprotektif dari manggis menghambat peroksidasi lipid selama stroke jantung telah diteliti dengan baik. Manggis, ketika dicerna secara teratur, mengurangi kemungkinan infark miokard secara luas.

Perlindungan Terhadap Kanker

Pericarp buah manggis memiliki sifat antikanker yang kaya. Xanthone manggis mencegah kanker usus besar dengan menghambat metastasis sel kanker di usus besar. Xanthone juga digunakan sebagai obat melawan kanker.

Suatu xanthone tertentu bernama alpha-mangostin menginduksi kematian sel dari sel-sel kanker ketika digunakan dalam pengobatan kanker payudara.

Sifat-sifat anti-kanker manggis diuji dengan menerapkan ekstrak buah pada melanoma dan karsinoma. Pengamatan percobaan mengungkapkan sifat anti-kanker yang kuat dari manggis.

Lebih jauh, xanthones memiliki kemampuan luar biasa untuk mengendalikan metastasis dengan menekan pertumbuhan dan multiplikasi sel kanker. Xanthone sangat efektif melawan kanker pada semua tahap penyakit mematikan.

Tuberkulosis

Manggis mempercepat pemulihan dari tuberkulosis, penyakit yang terdiri dari gejala seperti batuk darah dan dahak yang konstan, kehilangan berat badan dan keringat di malam hari. Manggis meningkatkan antibiotik agar lebih efektif melawan bakteri TBC.

Mengurangi Tingkat Kolesterol

Konsumsi manggis setiap hari mengurangi kadar kolesterol tidak sehat serta menahan volume trigliserida untuk memastikan fungsi kardiovaskular yang tepat.

Membantu Aliran Darah

Manggis membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dan melindungi tubuh terhadap anemia. Buah ini juga meningkatkan sirkulasi darah dan melindungi tubuh terhadap aterosklerosis, kolesterol, sakit dada, dan blokade jantung.

Nilai Gizi Yang Tinggi

Selain gurih, manggis sangat bergizi. Buahnya kaya akan karbohidrat dan kandungan berserat. Itu dimuat dengan Vitamin A, B-Kompleks, dan C serta mineral seperti kalsium, zat besi, dan kalium. Vitamin bertindak sebagai kofaktor untuk merangsang metabolisme karbohidrat dan lemak.

100 gram manggis mengandung nutrisi penting berikut:

15,60 gram karbohidrat, 0,40 gram lemak, 0,50 gram protein, 5,1 gram serat, 7,2 miligram Vitamin C, 0,36 miligram zat besi, dan 10 miligram kalsium.

Nilai Obat Yang Signifikan

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri manggis menjadikannya tanaman yang memiliki nilai pengobatan yang signifikan. Manggis mempercepat proses penyembuhan luka.

Kulit pohon manggis dan daunnya direbus menjadi jus obat, dengan sifat terapeutik yang tinggi, untuk diambil secara oral.

Melindungi Mata

Buah ini dikemas dengan Vitamin A dan C yang melindungi lensa alami, menghambat radikal bebas berbahaya, serta menyembuhkan gangguan mata dan luka.

Vitamin yang terdapat dalam manggis meningkatkan penglihatan dan melindungi mata terhadap kebutaan malam dan katarak dengan mempertahankan aliran darah yang stabil ke mata.

Kehamilan Sehat

Manggis mengandung mangan yang membantu perkembangan tulang janin di dalam rahim. Vitamin C, juga pada manggis, meningkatkan imunitas janin dan ibunya. Senyawa folat, mengurangi risiko yang terkait dengan kelainan dan cacat lahir.

Selain itu, banyak antioksidan yang ada pada manggis menurunkan risiko persalinan bayi biru, stres akibat kerusakan oksidatif, dan keguguran. Menelan manggis dalam jumlah sedang sangat bermanfaat tetapi hanya jika dokter Anda mengizinkannya.

Manfaat Manggis Lainnya

Kulit buah manggis digunakan dalam penyamakan kulit. Ranting manggis digunakan sebagai tongkat pengunyah untuk kesehatan mulut. Selanjutnya, kayu pohon digunakan dalam pembuatan furnitur.

Nah, itulah 31 manfaat kulit manggis untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi jamu untuk daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *