Sembuhkan Jerawat Batu Secara Alami

Jerawat vulgaris atau jerawat batu adalah salah satu masalah kulit paling mengganggu yang diderita banyak orang. Jerawat ini juga dikenal sebagai jerawat kistik, yang biasanya muncul selama masa remaja dan kemudian terus tumbuh. Hal ini terjadi terutama karena perubahan hormon selama menstruasi, pubertas, infeksi kulit, atau bahkan pola makan yang tidak sehat.

Selain itu, seringkali karena kelainan genetik folikel kulit tersumbat dan akhirnya membuat kulit bersisik, berkomedo, kemerahan, berjerawat dan menimbulkan bekas luka.

Namun, ada beberapa perawatan yang tersedia beberapa obat alami terbaik untuk menyembuhkan jerawat batu. Berikut perawatan yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan sekaligus menghilangkan jerawat batu.

Perawatan kulit rutin

Mempertahankan rutinitas perawatan kulit yang tepat tidak tergantikan dengan apa pun, baik kamu menderita masalah kulit atau tidak, kamu harus mempertahankannya agar kulit tetap bersih dan mencegah timbulnya jerawat batu tersebut.

Membersihkan, menggosok, dan melembabkan adalah tiga metode wajib untuk mendapatkan kulit yang bebas masalah. Mencuci wajah dua kali sehari dapat membantu menjaga kulit bersih dan mengangkat sel-sel kulit kusam.

Gel lidah buaya

Gel lidah buaya yang mengandung aloe vera berguna untuk menenangkan kulit dengan sifat organiknya. Penggunaan gel Aloe Vera secara teratur dapat menenangkan kulit yang bermasalah dan mencegah pembentukan jerawat dengan mengendalikan minyak berlebih.

Cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan salah satu solusi efektif dengan hasil yang pasti. Cuka sari apel bekerja luar biasa dalam menyembuhkan jerawat dengan zat anti-inflamasi. Cara menggunakannya, kamu harus mencampurkannya dengan sedikit air agar kulitmu tidak terasa terbakar.

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan zat antibakteri yang membantu menyembuhkan jerawat batu. Untuk menyembuhkan jerawat batu, kamu bisa menggunakannya sebagai masker yang dicampur dengan kunyit bubuk maupun minyak zaitun. Dengan begitu, wajah kamu akan menjadi lembab.

Benzoil peroksida

Krim ini memiliki sifat anti-bakteri untuk menyembuhkan jerawat kistik atau jerawat batu karena dapat mencegah bakteri untuk berkembang biak dan menyebar meskipun penerapan krim ini dapat membuat kulit kamu menjadi kering dan merah.

Antiseptik

Ada banyak krim antiseptik yang bekerja secara efektif menyembuhkan jerawat batu. Krim antiseptik berguna untuk menghilangkan sisa kotoran pada wajah, bakteri, dan debu yang menempel pada wajah.

Nah, itulah bahan-bahan untuk menyembuhkan jerawat batu secara alami. Selain menggunakan bahan-bahan tersebut, tentunya kamu harus mengatur gaya hidup sehari-hari seperti makan makanan begizi, menghindari junk food dan alcohol, dan tidur cukup untuk mengurangi stress pemicu timbulnya jerawat batu. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Baca juga : jamu penghilang jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *