Ampuh! Cara Mengobati Jerawat Hormon

Apakah jerawat kamu terjadi pada waktu yang sama setiap bulan? Apakah kamu memiliki jerawat di tempat yang sama setiap saat? Jika jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah “ya”, ada kemungkinan besar bahwa jerawat kamu dipicu oleh perubahan hormon dalam tubuh.

Jerawat hormonal, sesuai namanya, terjadi ketika ada fluktuasi kadar hormon dalam tubuh. Dalam kebanyakan kasus, jerawat hormon dikaitkan dengan pubertas, ketika tubuh kamu mengalami banyak perubahan hormon.Tetapi jenis jerawat ini juga dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, terutama wanita yang mengalami fluktuasi hormon selama menstruasi, kehamilan dan menopause.

Untuk remaja yang memiliki jerawat hormonal, jerawat biasanya muncul pada area T-zone yang meliputi dahi, hidung, dan dagu. Pada orang dewasa, jerawat sering muncul pada area bawah wajah, seperti bagian bawah pipi dan sekitar rahang.

Selalu merawat kulit dengan baik

Cara paling efektif untuk mengatasi jerawat hormon adalah merawat kulitmu dengan baik untuk membantumu menjaga kulit sehat dan mencegah timbulnya jerawat. Selalu bersihkan wajahmu dengan pembersih ringan.

Cuci wajah dua kali sehari, di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Membersihkan wajah dengan benar membantu mencegah penumpukan minyak dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori.

Pilih produk perawatan kulit dengan hati-hati dan hindari menggunakan banyak riasan wajah. Ketika jerawat mucul, jangan coba-coba untuk memencet jerawat, karena dapat meningkatkan risiko infeksi dan menghasilkan bekas luka permanen.

Kompres hangat

Menerapkan kompres hangat di daerah yang terkena adalah cara lain untuk mengatasi jerawat hormonal. Panas dari kompres dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area tersebut dan membantu mengeluarkan bakteri dan nanah dari pori-pori kulit. Kompres ini akan mempercepat proses penyembuhan dan membantu mengurangi rasa sakit jerawat.

Teh hijau

Teh hijau membantu mengurangi peradangan pada tubuh, sehingga dapat digunakan dalam pengobatan jerawat hormonal. Antioksidan alami dalam teh hijau juga membantu kamu menikmati kulit yang sehat dan bercahaya dari dalam ke luar. Minumlah beberapa cangkir teh hijau per hari untuk membantu menyembuhkan dan mencegah jerawat dari dalam.

Kunyit

Untuk menghilangkan masalah kulit yang mengganggu ini, kamu bisa mencoba kunyit. Senyawa curcumin di dalamnya adalah agen anti-inflamasi yang secara alami mengurangi peradangan serta rasa sakit.

Manajemen Stress

Untuk menjaga kulit kamu cantik dan awet muda kamu harus menjaga agar tingkat stresmu terkendali. Ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengendalikan tingkat stress. Kamu bisa mencoba musik, yoga, olahraga, meditasi atau mengadopsi hobi baru untuk mengurangi tingkat stress. Jika kamu dapat memanajemen stress, maka otomasis jerawat hormone tidak akan muncul.

Asam Hidroksi Alfa

Asam alfa hidroksi (AHA) juga dapat digunakan dalam pengobatan jerawat hormonal. AHA membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Plus, AHA membantu mengurangi munculnya bekas jerawat. AHA dapat ditemukan di banyak masker dan krim yang dijual bebas. Tapi, kamu juga bisa menemukannya dalam cuka sari apel.

Perubahan pola makan

Kamu harus merubah pola makanmu untuk mengatasi jerawat hormonal, yaitu makan makanan nabati yang tinggi antioksidan. Makanan semacam itu dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kulit yang lebih jernih. Sertakan lebih banyak buah-buahan segar dan sayuran hijau dalam makanan kamu.

Minum banyak air untuk membantu mengeluarkan racun dari sistem tubuhmu dan membantu menjaga kulitmu bebas dari jerawat. Hal ini membuat tubuh dan kulit kamu terhidrasi dengan baik.

Nah, itulah cara mengobati jerawat yang disebabkan oleh hormon. Ubahlah gaya hidupmu, maka kamu akan mendapatkan hasil yang sesungguhnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Baca juga : jamu penghilang jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *