Uncategorized

Mau Workshop Anda Didatangi Banyak Orang ? Contek Saja 3 Tips Ini !

Lokakarya atau lebih dikenal dengan istilah workshop, adalah forum ilmiah yang mempertemukan pakar dengan masyarakat biasa yang memiliki ketertarikan yang sama akan suatu hal yang bersifatk teknis atau praktikal.

Umumnya, workshop dipimpin oleh satu atau beberapa orang pakar yang berperan sebagai narasumber utama. Sementara, kursi audience diisi oleh masyarakat biasa yang memiliki ketertarikan pada masalah yang dibahas dalam workshop tersebut.

Tidak melulu ceramah, workshop juga bisa berupa diskusi, demonstrasi (peragaan), evaluasi dan lain sebagainya. Nantinya, selain ada narasumber dan pendengar, ada pula moderator yang bertugas mengatur jalannya acara agar diskusi dapat dilakukan secara tertib.

Acara ini sifatnya informatif sehingga mampu menarik banyak orang untuk mengikutinya. Meski begitu, ada pula workshop yang sepi peserta. Selain harga tiket yang mahal, masih ada faktor lainnya yang menurunkan minat masyarakat untuk berkunjung ke workshop, seperti tema yang membosankan misalnya. Lalu bagaimana cara untuk membuat workshop menjadi menarik di mata peserta ? Berikut ini adalah tipsnya !

Tips Menyelenggarakan Workshop Agar Mendatangkan Banyak Peserta

sumber : https://www.evergreen.edu

Bahas Tema Yang Istimewa

Dalam suatu workshop, narasumber akan membahas isu – isu tertentu untuk dibedah secara mendetail. Sebaiknya, hindari membahas materi lama atau materi yang sering diungkap di workshop – workshop lain. Hal tersebut akan membuat para peserta malas untuk datang ke workshop anda karena materi yang anda ulas sudah mereka dapatkan di tempat lain.

Tekanan semakin berat ketika anda tidak mampu menyampaikan materi sebagus pembicara – di workshop lain. Kesamaan tema tersebut secara tidak langsung akan membuat peserta melakukan komparasi / perbandingan antara workshop anda dengan workshop lain. Sehingga anda akan semakin dipersulit dengan ekspektasi peserta yang terlalu tinggi.

Selain unik, usahakan untuk membahas tema yang sesuai dengan perkembangan zaman, seperti Cara Membuat Kerangka Pengukuran Media Sosial Yang Berarti Untuk Bisnis oleh Jonathan See, Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Layanan Pelanggan oleh Rainbow Cheung, Cara Membuat Video Youtube Yang Menguntungkan oleh Ferri Yuniardo, dan lain sebagainya.

Terapkan Harga Tiket Terjangkau

Salah satu hal yang membuat peserta gamang mendatangi workshop anda ialah mahalnya harga kursi yang anda tawarkan. Jika ingin menekan harga tiket, maka anda harus mengatur cara untuk meminimalisir pengeluaran yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan acara.

Menghemat biaya penyelenggaraan workshop bisa dimulai dari pemilihan venue yang tepat. Memilih gedung dengan harga sewa tinggi tentu akan membuat anda sulit menurunkan harga tiket workshop. Oleh karena itu pilihlah lokasi yang minim budget, salah satunya ialah ruang terbuka.

Namun, menyelenggarakan workshop di ruang terbuka tetap harus memperhatikan aspek penting lainnya, seperti kapasitas ruang, kemudahan akses, kondisi cuaca, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi kondisi cuaca yang bisa berubah kapan saja, anda bisa memasang tenda untuk melindungi peserta dari sengatan sinar matahari dan tumpahan air hujan. Sewa Tenda Makassar adalah pilihan tepat bagi anda yang menginginkan tenda berkualitas namun dengan harga terjangkau. Dengan menggunakan jasa vendor tenda yang pas, sangat mungkin bagi anda untuk memberikan kenyamanan pada seluruh peserta workshop tanpa membuat anggaran membengkak.

Gencar Promosi

Tidak bisa dipungkiri bahwa workshop membutuhkan strategi promosi yang pas untuk mendatangkan banyak peserta. Promosi bisa dilakukan lewat media sosial, brosur, hingga datang ke kampus – kampus atau organisasi sejenis lainnya. Jangan lupa terapkan teknik copywriting yang baik untuk menjangkau lebih banyak peminat.

Yuk mulai !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *