Uncategorized

Kiat – Kiat Berkecimpung Dalam Bisnis EO Bagi Pemula

EO atau Event Organizer adalah penyedia jasa profesional penyelenggara acara. Secara garis besar, tugas EO ialah membantu klien dalam menyelenggarakan acara yang mereka inginkan. Biasanya, orang – orang memilih untuk menggunakan jasa EO karena dianggap lebih profesional dan menjanjikan.

Belakangan ini, bisnis EO mulai menjamur dimana – mana. Keberadaannya yang dulu dianggap kurang penting kini justru diburu oleh orang – orang, khususnya masyarakat perkotaan. Hal tersebut bisa anda tangkap sebagai sebuah peluang manis untuk menjajal bisnis di bidang EO.

Meski nampaknya sederhana, bisnis EO ternyata tidak bisa dianggap remeh , lho. Dalam memulai bisnis EO, anda akan menemukan berbagai rintangan yang bisa menghambat kemajuan bisnis anda. Apalagi, tugas utama EO adalah memanajeri acara mulai dari start point hingga end point. Jika tidak teliti, bukan tidak mungkin acara yang anda garap malah menjadi tidak karuan dan mengecewakan klien.

Bukan hanya soal ketelitian, seorang EO harus memiliki tim yang solid dan kompeten di bidangnya. Oleh karena itu, perekrutan karyawan menjadi isu penting yang harus anda pikirkan sebelum memulai bisnis tersebut. Untuk mengetahuinya secara detail, berikut akan diulas secara lengkap tentang kiat – kiat memulai bisnis EO bagi pemula.

Tips Memulai Bisnis Di Bidang Event Organizer Bagi Pemula

sumber : https://www.educationone-indo.com

Bangun tim yang solid

Kerja tim akan membuat proses pengerjaan acara menjadi lebih cepat. Namun, hal tersebut hanya dapat dicapai apabila tim anda solid. Tim yang solid akan menghasilkan kerja sama yang produktif dan kondusif. Tim yang solid biasanya memiliki visi misi dan tujuan yang sama. Artinya, tidak ada yang berjalan sendirian karena semua tugas akan dikerjakan bersama – sama sesuai divisinya masing masing.

Meski tiap divisi memiliki job desk yang berbeda – beda, namun tujuan yang dibidik tetap sama, yakni menyelenggarakan acara sebaik mungkin dan seapik mungkin. Jika sudah punya goal dan mindset yang sama, maka tim hanya perlu dipoles dengan etos kerja yang tinggi untuk mempercepat proses terealisasinya acara.

Anda bisa gali potensi berikut karakter tiap individu lewat proses wawancara. Dengan wawancara, anda bisa mendapatkan gambaran tentang mereka sekaligus mendapat bahan untuk mencari kesamaan diantara kalian. Banyaknya kesamaan bisa membuat proses kerja sama menjadi menyenangkan.

Miliki Kreativitas

Persaingan ketat antar perusahaan EO membuat anda perlu memiliki modal tambahan selain tim yang solid, yakni kreativitas. Melalui kreativitas, tercipta ide – ide segar yang bisa anda gunakan untuk memenangkan hati klien.

Semakin banyak klien yang merasa puas, semakin besar pula peluang untuk melebarkan sayap bisnis anda di level yang lebih tinggi. Bukan masalah jika progres terasa lamban, yang terpenting bisnis EO anda nantinya bisa mendominasi pangsa pasar.

Jalin Relasi Dengan Pihak Lain

Karena masih merintis, anda perlu bekerja sama dengan pihak lain untuk menekan biaya operasional. Misalnya, daripada membeli berbagai macam model tenda lebih baik anda bekerja sama dengan vendor tenda yang ada, misalnya Sewa Tenda Makassar.

Bekerja sama dengan vendor tenda membuat anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar setiap kali mengadakan acara. Hal tersebut karena setiap penggunaan tenda, anda hanya akan dikenakan biaya sewa saja yang lebih murah ketimbang harga beli.

Anda juga bisa bekerja sama dengan beberapa toko bunga untuk mendapatkan hiasan bunga cantik tanpa harus menanamnya dan merangkainya sendiri. Bagaimana ? Setuju ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *