Kesehatan

5 Ramuan Tradisional untuk Melancarkan Pencernaan

Sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan sistem pencernaan yang sering dialami kebanyakan orang. Sembelit membuat kamu sulit buang air besar dikarenakan sistem pencernaanmu yang tidak lancar. Untuk mengobatinya, kamu bisa mencoba ramuan tradisional agar pencernaanmu lancar sehingga kamu bisa buang air besar dengan lega.

Daun Senna

Daun senna merupakan tumbuhan semak rendah yang memiliki berbagai khasiat seperti melancarkan pencernaan karena sembelit, pengosongan lambung sebelum foto rontgent, dan lain sebagainya. Daun senna juga bisa dikonsumsi sebagai teh dan bertindak sebagai pencahar yang bekerja merangsang usus untuk menggerakkan feses.

Cara membuat ramuan daun senna yaitu rebus daun senna dengan dua gelas air. Setelah mendidih, saring ramuan daun senna. Tambahkan madu sebagai penawar daun senna yang pahit.Keji beling

Keji beling dipercaya dapat melancarkan pencernaan bagi kamu yang sedang sembelit karena mengandung berbagai bahan kimia seperti kalium, natrium, asam salikat, dan senyawa kimia lain. Cara membuat ramuan keji beling cukup mudah, yaitu rebus setengah genggang daun keji beling bersama dengan dua gelas air hingga mendidih. Lalu, saring dan minumlah satu gelas sehari.

Daun Iler

Daun iler termasuk ke dalam tumbuhan semak dengan daun berbentuk hati dan setiap tepiannya dihiasi lekuk tipis yang bersambungan. Dar segi khasiat, daun iler dapat mengobati beberapa penyakit seperti sembelit, diabetes mellitus, demam, dan lain sebagainya.

Sebagai obat herbal penyakit sembelit, caranya ambil 17 lembar daun iler, 7 lembar daun ngokilo, tiga rimpang kunyit sebesar ibu jari. Lalu, campurkan semua bahan dengan lima liter air dan rebus semua bahan hingga mendidih. Setelah mendidih, saring ramuan tersebut dan minumlah satu kali sehari.

Daun jambu biji

Sembelit bisa diakibatkan jika kamu makan buah jambu biji hingga biji-bijinya. Jika kamu mengalami sembelit dikarenakan hal ini, kamu bisa memnfaatkan daun jambu biji sebagai penawar untuk melancarkan pencernaan. Caranya, cukup ambil beberapa lembar daun jambu biji. Lalu, rebus daun bersama dengan segelas air. Minumlah hasil air ramuan jambu biji tersebut. Minum ramuan daun jambu biji dua kali sehari agar pencernaan menjadi lancar.

Daun ungu

Daun wungu, daun wungu atau handeuleum merupakan salah satu obat herbal yang bermanfaat untuk melunakkan feses sehingga membuat pencernaan lancar. Cara membuat ramuan daun ungu yaitu rebus tujuh helai daun ungu dengan dua gelas air  hingga mendidih. Lalu, saring dan minum airnya satu kali sehari saat pagi hari.

Temulawak

Biasanya, temulawak digunakan sebagai obat asam lambung. Namun sebenarnya ada manfaat lain yang ditawarkan temulawak, yaitu sebagai obat sembelit. Temulawak bermanfaat sebagai diuretik, anti radang, dan anti sembelit. Cara membuatnya, iris temulawak sebesar ibu jari dan tambahkan asam jawa dan gula jawa. Rebus bersama dengan dua gelas air hingga mendidih.

Nah, itu dia enam ramuan tradisional untuk mengobati masalah sembelit. Kamu bisa mencoba membuat ramuan tersebut di rumah. Namun, jika kamu kesulitan untuk membuatnya karena terdapat bahan-bahan yang sulit didapatkan, kamu bisa langsung mengonsumsi obat herbal atau jamu yang bahannya sudah diracik menjadi satu. Dengan begini, kamu tidak perlu bersusah payah membuat rmauan tersebut. Semoga bermanfaat.

Untuk informasi selengkapnya silakan kunjungi jamu tradisional untuk melancarkan pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *