Kesehatan

Tips Buat Kamu yang Baru Pertama Kali Datang Ke Gym

Buat kamu yang baru mau mulai olahraga di gym, mungkin mulanya akan merasa terintimidasi. Ada beberapa hal yang membuat kamu bingung, terlebih kalau orang lain sudah banyak yang lalu lalang dengan santai untuk mencoba satu alat dan berganti dengan alat lainnya.

Nah, wajar saja kok, kalau kamu merasa clueless saat datang ke gym, tapi ‘kan kamu bisa bertanya. Hal yang paling penting adalah membiasakan diri untuk melakukan rutinitas olahraga secara rutin.

Datang ke gym untuk berolahraga tidak seperti datang ke bandara yang memiliki fasilitas penerbangan paling komplit dengan segala kepadatan aktivitasnya, kok. Tanpa harus terburu-buru, kamu bisa melakukan beberapa tips latihan yang bisa mengurangi kepanikan.

1. Pilih Sesi Latihan dengan Personal Trainer

Kalau memang tidak ada bayangan sama sekali mau ngapain saat datang ke gym, lebih baik kamu menyewa personal trainer. Jadi, saat kamu datang sendirian pun, ada yang mengarahkan kamu untuk melakukan rutinitas olahraga yang benar.

Selain itu, kamu juga tidak akan kesulitan jika mengalami cedera. Pada sesi latihan pertama, kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan mengobrol langsung dan mengenal fasilitas olahraga apa saja yang bisa kamu gunakan sendiri saat ngegym.

2. Ajak Teman untuk Nge-gym Bareng

Tidak terbiasa datang ke tempat ramai sendirian? Ajak saja temanmu untuk ngegym bareng. Ya, sama-sama pertama kali nge-gym pun tidak masalah. Setidaknya, kalau kalian melakukan sesuatu yang salah, kamu tidak malu sendirian.

Akan lebih baik jika teman yang kamu ajak sudah pernah datang ke gym sebelumnya. Jadi, kamu bisa memintanya untuk mengenalkan fasilitas yang ada di dalam gym untuk kamu coba saat datang sendiri.

3. Tidak Usah Malu Dilihat Orang Lain

Selalu ada perasaan was-was ketika baru datang ke tempat baru. Rasanya, semua orang melihat ke arahmu. Namun, dilihat orang lain juga tidak selalu negatif, kok. Tidak masalah kalau ternyata banyak orang yang melihat ke arahmu. Bisa saja karena mereka juga sama-sama sedang kebingungan karena baru pertama datang.

4. Bukan Hanya Kamu yang Pertama Kali Datang ke Gym

Nah, ingatlah kalau orang lain pun bisa saja baru pertama kali datang ke gym. Jadi, ada kemungkinan mereka melakukan kesalahan yang sama denganmu. Tidak usah malu atau takut untuk mencoba fasilitas yang tersedia di dalam gym. Kamu bisa bertanya pada orang di sekitarmu jika tidak tahu cara menggunakan alat yang ingin dicoba. Siapa tahu, selanjutnya bisa punya teman latihan bareng.

5. Ingat Alasan Kamu Datang ke Gym

Kalau semua hal tadi masih bikin kamu panik, cobalah untuk mengingat hal apa yang membuatmu mau datang ke gym. Jika sudah, jadikan hal tersebut sebagai motivasi agar kamu kembali semangat untuk mencoba dan melakukan rutinitas olahraga secara rutin.

Ingatlah bahwa gym merupakan tempat umum yang juga dipakai oleh banyak orang. Jadi, kamu tidak perlu khawatir atau panik saat pertama kali datang. Soalnya, banyak orang bisa dimintai penjelasan agar kamu bisa memanfaatkan layanan gym dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *