Uncategorized

Jamu Antioksidan dari Kulit Manggis

Berbicara soal jamu antioksidan, pasti sebagian besar sudah mengetahui buang manggis yang mengandung antioksidan. Buah berwarna ungu dengan daging bewarna puth ini merupakan jenis buah tropis yang banyak ditemukan di Negara Indonesia dan memiliki rasa manis dan asam. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, manggis memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa buah manggis memiliki segudang manfaat, baik dari daging maupun kulit luarnya karena hampir semua bagian buah manggis bermanfaat untuk kesehatan.

Mengapa buah manggis memiliki segudang manfaat?

Berdasarkan penelitian, buah manggis memiliki kandungan xanthone, salah satu jenis antioksidan paling super. Bahkan, buah manggis memiliki lebih dari 40 jenis xanthone yang paling banyak ditemukan pada kulit keras terluar. Seperti yang kita tahu, antioksidan memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Berikut manfaat antioksidan bagi tubuh :

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Berbagai kandungan yang terdapat dalam buah manggis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Obat awet muda

Zat antioksidan pada manggis baik untuk menghambat penuaan dini karena zat ini mampu memperbaiki sel-sel yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

  • Efek antikanker

Penelitian telah membuktikan bahwa xantone pada manggis dapat menghambat pertumbuhan kanker yang terjadi di payudara, perut, dan jaringan paru-paru.

  • Mempercepat penyembuhan

Manggis memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang bermanfaat sebagai obat dan penyembuhan luka secara cepat.

  • Perawatan kulit

Manggis sangat bagus dikonsumsi, khususnya buat kamu kaum wanita. Berdasarkan penelitian, manggis memiliki sifat dapat mencegah kanker kulit dan membantu mengurangi risiko penyakit kullit seperti peradangan kulit, penuaan, alergi, eskim, dan infeksi bakteri.

Selain mengandung antioksidan, buah manggis juga menyimpan nutrisi lain, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, serat, kalsium, dan zat besi.

Bagaimana cara mengolah manggis?

Untuk memperoleh manfaat buah manggis secara maksimal, kamu bisa langsung memakan daging buah buah manggis. Lalu, kulitnya dapat kamu seduh dengan cara memotong-motong kulit manggis kemudian rebus kulit manggis dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Saring air rebusan kulit manggis dan konsumsi secara teratur seminggu tiga kali. Namun, kamu harus berhati-hati saat mengolah kulit manggis karena kulit manggis kemungkinan tidak higenis karena terpapar pestisida. Untuk membersihkannya, cukup cuci bersih kulit manggis.

Bagi kamu yang tidak memiliki waktu luang mengolah kulit manggis untuk kesehatan tubuh, sekarang kamu tidak usah repot-repot. Pada zaman yang serba canggih ini, kulit manggis sudah bisa dikonsumsi secara mudah dengan bentuk kapsul dan banyak dijumpai pada pasar lokal. Dengan begitu, kamu akan tetap sehat meskipun kamu tidak memiliki waktu luang untuk membuat jamu antioksidan dari kulit manggis karena kehadiran kapsul kulit manggis ini.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi jamu antioksidan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *