Bisnis

Tips Mengendalikan Hama Pada Tanaman Padi

Perlu semau petani tahu, bahwa semakin kita melakukan perlawanan dengan hama serta penyakit apda tanaman, tentunya kita semua akan melihat bahwa mereka semakin kuat.

Hal ini diakibatkan karena sistem imun mereka bereaksi dengan pestisida yang kita semprot. Semakin kita memperbanyak dosisi penggunaannya,m maka semakin banyak pula kita memberikan rangsangan kekuatan daya imun pada mereka.

Maka dari itulah mengapa kita harus mulai mengurangi pemupukan dan pembereantasan hama dengan obat kimia pada tanaman yang merupakan bahan makanan yang akan kita makan.

Mengendalikan Hama Tanaman Padi

Lalu bagaimana dengan tanaman padi?

Seperti yang dilansir dari berbagai situs , bahwa tanaman padi sebenarnya semakin kesini semakin berkembang daya tahannya.

Hal ini karena varietas terbaru dikeluarkan terus menerus. Misalnya saja padi jasmin yang terkenal akan wangi dan pulennya, tentunya sekarang lebih tahan terhadap wereng.

Atau padi ciherang yang dulu sangat rentan wereng sekarang pun sudah lebih tahan berkat pengembangan benih padi oleh pemerintah maupun masyarakat.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menanggulangi hama pada tanaman padi.

1.Gunakan bibit berkualitas

Pastikan menggunakan bibit yang berkualitas. Baik itu varietas maupun galur, anda bisa mendapatkannya di berbagai toko pertanian maupun beli di toko pertanian online seperti tokofora.com .

2. Pencegahan dini

Saat mulai ada tanda tanda terkena serangan hama dan penyakit, segera mungkin untuk membasminya. Hal ini karena akan mengakibatkan penularan terus menerus pada tanaman. Sehingga akan merambat ke semua tanaman dan mati semua.

3. Gunakan pestisida organik

Pestisida organik sangatlah penting untuk menggantikan peran pestisida kimia yang berbahaya bagi kesehatan kita. Pestisida organik ini memiliki beragam manfaat bagi daur hidup makhluk lingungan sekitar.

Jadi itulah beberapa macam jenis pencegahan dan pengendalian hama pada tanaman padi. Sebenarnya ini pun hisa diprakitkan pada tanaman jagung maupun tanaman lainya.

Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *