Uncategorized

Lulus SMA mau kuliah atau langsung kerja?

Bulan April kemarin menjadi bulan penentuan bagi siswa/siswi kelas 12. Pasalnya, pada bulan tersebut mereka melaksanakan Ujian Nasional. Meskipun kini nilai UN sudah tidak menjadi patokan kelulusan, namun nilai UN masih digunakan sebagai patokan jika ingin kuliah/kerja. Dan pada bulan Mei ini siswa-siswi kelas 12 akan melaksanakan kelulusan/wisuda.

Nah, setelah lulus ini udah ada rencana kedepanya? Mau lanjut kuliah, atau langsung kerja, atau langsung nikah? Wkwk,pada generasi muda kita seharusnya udah ga zaman lagi kalau kamu langsung nikah ya? Sebagai generasi penerus bangsa, baik laki-laki maupun perempuan kita harus memberikan kinerja terbaik kita untuk turut serta memajukan negara tercinta Republik Indonesia. untuk itu, mulai sekarang yuk dipikirkan matang-matang rencana kedapanya!

Masih ragu dan bimbang untuk menentukan? Nih kami berikan sedikit bahan untuk pertimbanganmu, tapi tetap pilihan ada di tangan mu sob!

Lanjut kuliah

Sekolah Menengah Atas atau SMA dinilai memiliki kualitas yang bagus jika banyak lulusanya diterima di Universitas ternama. Jika kamu lulusan SMA, maka hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah lanjut kuliah. Namun ga menutup kemungkinan untuk kamu langsung bekerja kok! Jika kamu mau kuliah, ini nih pertimbanganya:

Pertama, pertimbangkan lagi bidang/jurusan kuliah yang akan kamu ambil. Pastikan kamu tidak dipaksa atau hanya ikut-ikutan trend/teman kamu. Karena selama kamu kuliah harusnya kamu merasa nyaman dan enjoy dengan jurusan yang kamu ambil. Coba pikirkan, di bidang apa kamu sampai mencuri waktu untuk melakukanya. Di bidang mana jika kamu melakukan hal itu, kamu bisa lupa waktu karena saking asyiknya?

Kedua, kalau kamu sudah menemukan bidang yang kamu gemari kamu bisa memikirkan universitas mana yang kamu incar. Apakah universitas swasta/universitas negri. Bandingkan akreditasi universitas yang satu dengan yang lainya. Bandingkan juga lingkungan sekitar universitas tersebut. Jarak dari rumahmu ke sana. Apakah kamu akan masuk ke universitas di dalam kota atau di luar kota ataupun luar negri. Cari refrensi dari internet,koran,media maupun bertanya langsung kepada teman yang belajar di universitas tersebut. Kamu harus tau seluk beluknya jadi kamu ga kecewa kalau ada sesuatu!

Ketiga, setelah menentukan universitas mana yang akan kamu pilih. Selanjutnya cari tahu apakah universitas tersebut membuka jalur beasiswa untuk jurusan yang kamu pilih. Atau kamu bisa mencari tahu info beasiswa lainya dari pihak luar. Jika kamu bisa mendapatkan beasiswa pastinya akan sangat meringankan beban orang tua dan juga kamu sendiri. Namun, jika kamu mampu gak ada salahnya masuk ke universitas tujuan dengan jalur reguler kok!

Keempat, setelah tau informasi beasiswa pastinya kamu harus mengikuti ujian beasiswa tersebut. Persiapkan dirimu sebaik mungkin agar kamu bisa lancar dalam berjuang mendapat beasiswa. Untuk tips mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negri bisa kamu baca disini. Ikuti setiap langkah dengan tenang, hati-hati dan percaya diri. Kerahkan semua kemampuanmu untuk dapat memenangkan pertempuran ini!

Yang terakhir, tunggu saja pengumuman apa kamu diterima atau enggak. Kalau kamu diterima, segera siapkan berkas yang diperlukan untuk pendaftaran ulang/registrasi. Kalau kamu belum diterima, jangan berkecil hati. Masih ada banyak peluang yang belum kamu coba. Jangan menyerah untuk keinginanmu!

Langsung kerja

Apabila kamu lulusan SMA dan kamu mau langsung kerja, ya gapapa. Semua kan sudah diatur rezekinya masing-masing oleh Tuhan. Kalau memang kebutuhan ekonomi lebih mendesak dan kamu ingin kerja sambil kuliah, tenang saja sob ada kelas karyawan. Kamu bisa melamar bekerja pada toko,pabrik,cafe,restoran, dll. Kamu bisa mengumpulkan uang sambil menunggu kuliah kelas karyawan. Apapun pilihanmu, pastikan untuk mempertimbangkan lagi baik buruknya ya. Sesuaikan dengan kemampuan dan keadaan masing-masing. See you on top guys!

baca juga beasiswa ke luar negri untuk mahasiswa S1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *