Usaha

Struktur dan Fungsi Organ Sel Tumbuhan

organel sel tumbuhan

Sel adalah unit struktural dan fungsional kehidupan terkecil. Setiap makhluk hidup terdiri dari banyak sel (multiseluler), seperti hewan dan tumbuhan. Tetapi ada juga sel tunggal (uniseluler), seperti bakteri dan protozoa.

Sel Tumbuhan

Pengertian Sel Tumbuhan

Sel-sel tumbuhan juga termasuk dalam organisme eukariotik, bukan pada prokariota.

Organisme eukariotik memiliki inti sejati yang dibatasi oleh membran (membran sentral). Uni Eropa berarti benar dan karyon berarti inti. Ukuran sel relatif besar (10-100 μm) dan memiliki organel yang melekat pada membran, seperti ER, badan Golgi, mitokondria dan lisosom.

Sel eukariotik juga memiliki organel yang tidak terbatas pada membran seperti ribosom, mikrotubulus, sentriol, dan sitoskeleton.

Sel tumbuhan adalah sekelompok sel eukariotik, sel eukariotik yang merupakan kelompok sel yang memiliki bahan genetik (DNA) yang diselimuti atau dibungkus oleh membran. Sel-sel tumbuhan memiliki struktur yang berbeda dibandingkan dengan sel-sel eukariotik lainnya.

Struktur organel sel tumbuhan

Perbedaan paling mendasar adalah bentuk sel tanaman yang kaku. Bentuk ini diperoleh dari dinding sel, yang merupakan yang paling eksternal dalam sel tanaman. Dinding sel terdiri dari senyawa selulosa, pektin, hemiselulosa dan lignin yang akan memperkuat struktur tanaman.

Meskipun hewan dan tumbuhan memiliki eukariota, mereka berbeda dalam karakteristik tertentu. Sebagai contoh, sel tumbuhan memiliki dinding sel yang berkembang dengan baik dan vakuola besar, sedangkan organel sel hewan tidak memiliki struktur itu. Selain perbedaan dalam bentuk struktural, dalam sel hewan ada centrioles dan filamen tengah yang tidak ditemukan dalam sel tanaman.

Karakteristik sel tumbuhan terdiri dari organel dan sitoplasma, di mana semua organel (kecuali inti sel atau inti) dan struktur subseluler dalam sitoplasma akan ditutupi oleh membran sel atau dinding sel sebagai lapisan pelindung.

Organel sel tanaman dan fungsinya
Organel dalam sel tanaman terdiri dari retikulum endoplasma, ribosom, mitokondria, badan golgi, plastid, vakuola, dan peroksisom. Fungsi organel dirangkum dalam tabel berikut dan penjelasan yang lebih lengkap berikut.

Organel dan Fungsinya

NoOrganelFungsi
1RibosomTempat sintesis protein
2MitokondriaRespirasi seluler yang menghasilkan banyak ATP (energi)
3Badan Golgi (Diktiosom)ekskresi sel dan pembentukan lisosom
4PlastidaMenghasilkan klorofil dan sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis
5VakuolaTempat penyimpanan air, cadangan makanan, minyak, enzim, pigmen, senyawa toksik dan hasil samping metabolisme
6PeroksisomMembantu kloroplas pada saat melakukan fotorespirasi dan sebagai pemecah sama lemak menjadi gula.

Sumber : https://rumus.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *