Bisnis

Cara Berhemat & Menabung via KlikBCA Individual

Cara Berhemat & Menabung via KlikBCA Individual - seobigbang.com

Sebelum membahas mengenai cara berhemat dan menabung via KlikBCA Individual. Kami akan membahas beberapa hal terlebih dahulu. Ketika manusia masih berupa janin, Allah SWT telah menetapkan kadar rezekinya. Apakah ia akan hidup dengan rejeki berlimpah atau terbatas.Inilah yang membuat kita percaya bahwa rezeki seseorang besar tidaknya sudah ditentukan oleh Allah SWT. Seperti halnya kakak ipar penulis yang mendapatkan rezeki nomplok dimana tanah dan rumahnya tergusur oleh proyek pembangunan rel kereta api. Sehingga harga tanah dan rumah di daerah tersebut melambung tinggi. Yang membuat pihak PT KAI membeli tanah dan rumah kakak ipar sebesar Rp 2 miliar.

Banyak hal yang membuat seseorang kaya raya secara mendadak. Seperti memiliki pemikiran orang kaya, mendapatkan harta karun, memperoleh warisan, menikah dengan orang kaya dan lain-lain. Dan banyak pula hal yang membuat orang tidak bisa kaya raya. Seperti pemikiran negatif dan miskin, tidak berinvestasi, terpengaruh oleh lingkungan yang miskin, suka memboroskan uang dan lain sebagainya.

Salah satu sikap orang miskin adalah boros. Seperti sebuah kata mutiara : Hemat pangkal kaya. Dan boros pangkal miskin. Jika anda ingin miskin maka cukup dengan berlaku boros. Dan Allah SWT berfirman : Sesungguhnya pemboros itu adalah teman setan. Pemborosan umumnya terjadi karena timbulnya keinginan untuk memenuhi segala apapun padahal barang tersebut tidak dibutuhkan. Berapapun besarnya gaji yang anda miliki dengan bersikap boros maka anda akan tetap menjadi orang miskin.

Harus Tahu Cara Berhemat yang Tepat

Cara Berhemat dan Menabung via KlikBCA Individual - seobigbang.com

Bagi anda yang berpenghasilan kecil tentunya harus mampu bersikap hemat dan tak boros. Prioritas pembelian harus ditetapkan. Dari pemenuhan kebutuhan mendesak, penting, dan kurang penting. Atau bisa juga disusun berdasarkan skala prioritas kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Misalkan kebutuhan primer meliputi bayar cicilan mobil, sepeda motor, rumah, biaya bulanan air, biaya telepon, biaya listrik, biaya transportasi, biaya makan dll. Untuk kebutuhan sekunder yang meliputi tersier adalah biaya nongkrong bersama teman, biaya piknik atau jalan-jalan, biaya membeli baju dan lain sebagainya.

Pengeluaran harus disusun secara tertulis berdasar proritas dan wajib dipatuhi. Jangan sampai ada kebocoran anggaran. Pastikan pengeluaran sesuai yang tertulis berdasarkan skala prioritas. Dan jangan pernah kondisi keuangan minus yakni lebih besar pasak dari tiang. Dalam arti, jangan sampai pengeluaran lebih besar ketimbang kebutuhan yang sudah ditetapkan.Dengan cara memenuhi barang atas kebutuhan bukan atas keinginan yang identik dengan keserakahan.

Cara Berhemat Dan Menabung Untuk Kemakmuran Keuangan

Cara berhemat dan menabung yang bisa dilakukan untuk menuju kemakmuran finansial di masa datang adalah dengan membeli barang yang lebih murah dan masih layak pakai. Misalkan anda membutuhkan sepeda motor maupun mobil sebagai sarana transportasi maka anda bisa membeli sepeda motor dan mobil bekas tapi dalam kondisi yang masih bagus dan layak pakai. Hal ini akan sedikit menghemat keuangan anda ketimbang membeli mobil dan sepeda motor baru. Untuk contoh lainnya bisa diterapkan dalam membeli perabotan bekas, furniture bekas dan barang elektronik bekas. Ada banyak tempat untuk membeli barang bekas tersebut yang layak pakai. Seperti marketplace, olx, toko online, grup jual beli barang bekas di facebook, toko barang bekas terdekat, pasar loak dan lain-lain.

Penghematan keuangan lainnya dapat dilakukan dengan mengontrol secara bijak penggunaan kartu kredit. Sebagaimana Robert T Kiyosaki berpendapat bahwa banyak orang yang hidupnya semakin miskin karena penggunaan kartu kredit yang tak terkontrol. Penggunaan kartu kredit untuk membeli semua keinginannya bersifat konsumtif. Kalau dibiarkan berlarut-larut maka kartu kredit akan membuat anda semakin miskin. Alih-alih berhemat justeru anda akan semakin boros dengan pembelian yang tak dibutuhkan dan adanya biaya administrasi dan bunga. Sebaiknya untuk mencegah pemborosan, anda menggunting kartu kredit anda.

Pendek kata, untuk bersikap hemat dalam rangka mencapai kebebasan keuangan di masa depan maka anda harus bersikap disiplin dalam keuangan. Pastikan anda bersikap hemat dalam segala hal. Yang intinya, mengurangi sebisa mungkin pengeluaran atau liabilitas. Dan sebisa mungkin meningkatkan aset atau sesuatu yang menghasilkan uang. Dengan cara membuka bisnis sampingan seperti jualan online, penulis paruh waktu, jualan pulsa keliling, dll. 

Demikianlah cara berhemat dan menabung untuk kemakmuran keuangan di masa depan. Semua cara berhemat tersebut di atas dapat dengan mudah dilakukan dengan bantuan klikbca individual. Sehingga anda bisa mengatur arus masuk dan arus keluar uang dengan baik. Selamat mencoba.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *