Uncategorized

Sejarah Musik Metal

Tahun 1970-an

Pada tahun 70-an, musik metal digawangi oleh band-band layaknya Black Sabbath, Led Zeppelin, dan Deep Purple, musik metal pada jaman selanjutnya masih tergoda oleh elemen Blues yang kental. Genre ini dikembangkan oleh Judast Priest bersama dengan menyingkirkan unsur Blues dan lebih mengandalkan distorsi, beat yang cepat, dan harmoni.Kemudian New Wave of British Heavy Metal atau yang lebih sering disingkat NWOBHM terlihat pada akhir 70-an, yang dipelopori Motorhead. NWOBHM ini mengkombinasikan Punk dan Heavy Metal. Band-band NWOBHM lainnya yaitu Saxon, Venom, Iron Maiden, Diamond Head, dan lain-lain.

Tahun 1980-an

Awal jaman 80-an, digawangi oleh band-band NWOBAM layaknya Iron Maiden, Venom, Motorhead, dan Diamond Head. Akhirnya, Heavy Metal bertabrakan bersama dengan musik Pop, perihal ini menghidupkan genre yang disebut Glam Metal, Glam Metal sukses menerobos chart-chart papan atas, perihal ini mengakibatkan Heavy Metal lebih tersebar cepat di semua dunia.

Tahun 1990-an

Berlanjut ke awal 90-an, musik Metal ini terasa digerakkan oleh timbulnya kemampuan Alternative Rock terutama Grunge. Band-band Glam Metal pada jaman 80-an mengalami penurunan popularitas, publikasi pada kala selanjutnya menitik beratkan pada Grunge. Disamping itu, band-band layaknya Pantera, Metalica, Tool, White Zombie dan Megadeth menjadi ujung tombak keberadaan musik Metal pada kala tersebut.

Tahun 1990-an

Pada tahun 1990-an, Underground ini lebih memasuki ke Extreme Metal layaknya Grindcore dipelopori oleh Brutal Truth dan Napalm Death. Berkembang pada 1991, menjadi Death Metal Scandinavia oleh Dismember, Entombed, Unleashed, dan At The Gates. Melodic Death Metal yang berasal berasal dari Gothenburg Swedia lantas berkembang di Finlandia dan Norwegia oleh band-band seperti, Dark Tranquility, Arch Enemy, Dissection.Kemudian, tersedia istilah yang digunakan yaitu Techical Metal yang di pioniri oleh Atheist, Cynic, Meshuggah, Death. Progressive Metal yang banyak Mengenakan Tradisional dan lebih condong ke visualisasi pun diwajari, Pionirnya yaitu Pestilence, Opeth, Death, Novembre dan kemungkinan Progressive Metal oleh Dream Theatre, Queensryche, dan Fates Warning.

Sumber: alatmusik.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *