Uncategorized

Begini Cara Belajar Menyetir Mobil Matic yang Baik dan Benar

cara menyetir mobil matic

Mengendarai mobil matic merupakan hal yang susah-susah gampang. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan mobil manual atau mobil bergigi, tentu cukup sulit untuk belajar menyetir mobil matic.

Akan terasa perbedaan yang cukup mencolok ketika Anda mengendarai mobil matic dan manual, mengingat keberadaan gigi rupanya sangat berpengaruh. Anda pun membutuhkan waktu untuk mempelajari seluk beluk mobol matic.

Namun hal ini berbeda dengan Anda yang pertama kali belajar langsung menggunakan mobil matic. Anda tidak merasakan perbedaan drastis antara mobil amnual dengan matic sehingga tak kaget dengan perubahan atau kebiasaan baru. Inilah yang membuat Anda lebih mudah menguasai mobol matic ketika Anda belum pernah menyentuh manual sama sekali.

Tips belajar menyetir mobil matic dengan lancar

belajar menyetir mobil matic
sumber : daihatsu

Karena belajar menyetir mobil matic merupakan hal yang cukup sulit dan memakan waktu, maka Anda perlu mempelajari tips agar Anda bisa dengan mudah belajar menyetir mobil matic. Beberapa tips tersebut antara lain:

  1. Pahami terelebih dahulu posisi serta urutan yang benar dan tepat mengenai tuas transmisi. Mulai dari cara pemindahan transmisi untuk maju, cara menambah kecepatan, serta perpindahan tuas untuk memundurkan mobil. Tentu saja ahap ini harus dapat dipahami di luar pikiran agar saat mengemudi tidak ada kendala atau masalah yang berarti.
  2. Jika Anda terbiasa menggunakan mobil manual dimana kaki kiri menginjak kopling, maka Anda harus membuang kebiasaan tersebut dan membebaskan kaki Anda selama mengendarai mobil matic. Pasalnya pedal bagian kiri pada mobil matic merupakan pedal gas yang justru mmebahayakan ketika Anda menginjaknya sampai dalam.
  3. Biasakan diri untuk diri untuk menginjak pedal rem terlebih dulu baru memindahkan tuas transmisi pada posisi D, hal ini bertujuan untuk mencegah mobil melaju dengan sendirinya.
  4. Ketika sedang berada di jalan yang macet, tuas transmisi sebaiknya dipindahkan ke posisi netral agar tidak terjadi hal-hal yang dapat membahayakan pengemudi lainnya karena tuas transmisi belum dipindahkan ke posisi netral dan kaki dah lelah meminjak pedal rem akhirnya jadi lepas kendali.
  5. Perhatikan tuas dengan seksama utamanya ketika sedang berada di jalan tanjakan yang cukup beresiko tinggi.
  6. Selalu gunakan tombol hold ketika mengemudi agar tidak boros bahan bakar. Meskipun demikian, tidak semua mobil matic dibekali dengan fitur ini.

Begini cara belajar menyetir mobil matic di tanjakan

Menyetir mobil matic di tanjakan tentu berbeda dengan di jalanan biasa. Anda peru mempelajari lebih lajut agar bisa dengan lancar mengendarai mobil matic.

Untuk mengendarai mobil matic di tanjakan, pastikan Anda mempunyai acuan untuk memperkirakan tingkat ketinggian yang akan dilewati. Untuk tanjakan yang berada di kota besar misalnya, masih termasuk standar sehingga bisa menggunakan mode D, mode D sudah bisa untuk mengatasi tanjakan yang akan dilewati.

Namun ketika Anda berada di tanjakan yang cukup tinggi dan tajam, maka tidak cukup jika hanya menggunakan mode D saja tetapi harus menggunakan transmisi D2 agar bisa digunakan untuk melalui tanjakan tajam tersebut dengan mudah.

Jika tanjakan sangat curam, Anda bisa menggunakan tuas transmisi pada posisi L. Transmisi ini juga bisa digunakan saat mobil berada di pertengahan tanjakan dan mengalami kemacetan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika belajar menyetir mobil matic agar bisa cepat lancar dan selamat sampai tujuan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *