Wisata

Wisata Pantai di Malang – Pantai Ngliyep

pemandangan-di-pantai-ngliyep

AfriQueheBdo – Pantai Ngliyep ialah sebuah pantai di yang terletak  pesisir selatan yang terletak di Samudera Hindia tepatnya di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Jarak yang ditempuh ke tempat ini kurang lebih 62 km ke arah selatan dari pusat Kota Malang. Dari Kota Malang, Ngliyep paling mudah dicapai karena semenjak tahun 1980 akses mengarah ke pantai sudah diaspal dan dibenahi dari waktu ke waktu oleh pemerintah setempat.

pemandangan-di-pantai-ngliyep

Luas area wisata Pantai Ngliyep lebih dari 10 Hektar yang terdiri dari hutan lindung, area wisata, tempat penginapan, dan juga lahan parker kendaraan. Fasilitas yang terdapat di Pantai Ngliyep antara lain adalah pesanggrahan 4 buah, penginapan 6 buah, dan cottage 2 buah. Pada era 1980-an, Pantai Ngliyep merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Bahkan sebelum pantai Balekambang dan Pantai Sendangbiru dikenal kalangan wisatawan, pantai ini jauh lebih dulu dikenal.

Sejarah Pantai Ngliyep

Konon pantai ini ditemukan pertama kali oleh Mbah Atun, perantauan asal Jogjakarta, pada tahun 1919 dan mulai di buka secara sah pada tahun 1951. Sayangnya, kini Pantai Ngliyep kurang dikelola dengan baik sebab masih terjadi persengketaan lahan antara pemerintah setempat dengan Perum Perhutani.

Pantai Ngliyep mempunyai panorama yang begitu indah. Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang lembut dan lokasi bermain yang luas dengan ditumbuhi pepohonan yang rindang. Bahkan buaian gelombangnya pun sangat menarik untuk dinikmati. Karena itulah namanya Ngliyep yang memiliki makna setiap orang yang menyaksikan pantai ini bakal merasa mengantuk dan tertidur lelap.

Di sekitar ngliyep, terdapat suatu pulau kecil yang mempunyai nama Gunung Kombang dan terdapat suatu petilasan yang biasa dikunjungi wisatawan.

Teluk Putri di Pantai Ngliyep

Tak jauh dari Pantai Ngliyep, di sebelah kiri terdapat suatu teluk dengan pemandangan yang tak kalah indah yakni Teluk Putri. Untuk mengarah ke sana, pengunjung harus berjalan ke sisi kiri naik ke bukit yang tak terlampau tinggi.

gunung kombang pantai ngliyep

Asal usul kenapa Disebut dengan Teluk Putri, sebab di teluk ini dilapisi pasir putih paling bersih dan halus lembut sehalus kulit semua putri. Pantai ngliyep mempunyai Ketebalan pasir kurang lebih sekitar 40 cm. Memang hamparan pasir disini tidak luas, sekitar tak lebih dari 100 meter saja, tetapi nyaman untuk lokasi meyendiri dan relaksasi.

Hanya saja para pengunjung yang ke sini mesti lebih hati-hati sebab terkadang gelombang laut cukup besar. Oleh karena tersebut pengunjung tidak diizinkan mendekat hingga di bibir pantai. Namun Pengunjung tetap boleh berada di area wisata pasir putih yang telah disediakan.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini, Anda diharuskan membayar Rp 15.000/Orang untuk tiket masuk. Biaya untuk parkir motor dikenai Rp 5.000 sedangkan untuk mobil dikenai harga Rp 10.000,00. Jam parkir berlaku untuk satu hari saja, Untuk parkir melebihi dari itu. Pengjunjung akan dikenai ongkos tambahan.

Pasti Anda telah bertanya – tanya bukan, bagaimana cara untuk menjangkau pantai ini? Sebuah pantai yang terletak di Desa Kedungsalam, Donomulyo Malang Jawa Timur, Anda tentunya harus tahu jalur mana yang gampang untuk dilewati agar perjalanan sampai ditujuan dengan selamat dan menyenangkan.

Rute Menuju Pantai Ngliyep

Jika Anda mengawali perjalanan dari pusat Kota Malang, silahkan anda langsung mengambil rute ke arah Karang Kates atau arah Kepanjen. Setelah itu, ikuti jalan besar, lurus saja menuju wilayah Pagak. Dari Pagak, ambil jalan ke Donomulyo, nanti Anda akan menemukan papan penunjuk jalan yang akan mengarahkan Anda ke ke Pantai Ngliyep. Jika anda masih bingung anda dapat menggunakan aplikasi peta online seperti Google Maps.

Jika Anda memulai perjalanan dari kota lain seperti Sidoarjo, Surabaya, atau Pasuruan maka Anda harus menuju Kota Malang terlebih dahulu. Untuk ini saya tidak perlu jelaskan ya.

Perjalanan dengan mobil atau motor pribadi tetap menjadi pilihan yang kami sarankan. Namun, apabila Anda berasal dari luar provinsi atau sedang melakukan kegiatan backpacker, Anda dapat menyewa motor atau mobil dari Kota Malang atau anda juga dapat mengikuti paket wisata malang yang ditawarkan oleh beberapa agensi travel di malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *