Rumah

Genset, Solusi ketersediaan Listrik Yang Tidak Merata

Solusi ketersediaan Listrik Yang Tidak Merata

Solusi ketersediaan Listrik Yang Tidak Merata – Listrik di era ini merupakan salah satu kebutuhan primer agar kegiatan harian berjalan dengsn semestinya. Hampir seluruh perabot rumah tangga menggunakan tenaga listrik. Mulai dari mesin cuci, penanak nasi, lemari es hingga kompor pun kini sudah ada yang menggunakan daya listrik. Jadi, semakin tinggi tingkat ekonomi, semakin tinggi pula daya listrik yang dibutuhkan.

Namun bagaimana dengan daerah terpencil, terjauh dan tertinggal? Ternyata belum sepenuhnya teraliri listrik. Hal ini mendorong beberapa tangan dermawan untuk menyediakan listrik melalui beberapa proyek pembangkit listrik. Akan tetapi tak semua daerah mendapatkan aliran listrik secara merata, distributor genset Manado pun memberi solusi bagi masalah ini.

Listrik bagi Daerah Pedesaan

Tak sedikit daerah pedesan di beberapa wilayah di Indonesia tersentuh oleh teknologi. Mungkin ini disebabkan karena ketiadaan sumber daya seperti listrik ini. Sehingga yang seharusnya mereka mampu mengetahui informasi di luar wilayah, mereka menjadi jauh tertinggal. Untuk itu, ketersediaan listrik di wilayah pedesaan sangatlah penting.

Selain agar mereka tak tertinggal, ketersediaan listrik ini diharakan mampu memberi kenyamanan bagi anak-anak yang kerap kesulitan belajar atau membaca di malam hari karena minim penerangan.

Listrik bagi Daerah Pesisir Pantai

Tak jauh berbeda dengan daerah pedesaan, ternyata masih ada daerah pesisir pantai yang belum teraliri listrik. Sehingga mereka kadang kala beralih menggunakan generator set yang digunakan untuk melaut.

Terkadang mereka pun sedikit mengalami kendala ketika harus membagi bahan bakar perahu denga genset karena memerlukan budget yang tak sedikitnketikabpenggunaan genset 2 kali (di perahu dan di rumah).

Solusi bagi Ketersediaan Listrik di Seluruh Wilayah

Proyek pembangkit listrik perlu ditingkatkan dan harus merata di seluruh wilayah. Paling tidak kita dapat melihat potensi apa yang menonjol pada suatu wilayah dan kemudian dikembangkan. Misalnya di suatu wilayah pedesaan memiliki aliran air yang stabil, maka proyek pembangkit listrik dapat menggunakan tenaga air.

Kemudian wilayah pesisir pantai dapat dibuat proyek pembangkit listrik tenaga angin ataupun dengan memanfaatkan tenaga matahari (panel surya), karena umumnya memiliki pencahayaan alami yang baik.

Apapun itu, solusi bagi ketersediaan energi listrik sangat berarti bagi mereka. Bukan berarti ketika suatu wilayah mampu bertahan di era ini bukan berarti mereka bertahan karena tradisi, namun lebih kepada mereka menunggu solusi bagi keterbatasan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *