Kesehatan

Cara Membersihkan Karpet Bulu dan Permadani

Kehati-hatian ekstra diperlukan disaat membersihkan permadani dan karpet bulu berbahan sensitif. Hati-hati didalam pilih pembersih dan hati-hati didalam menanganinya. Selain itu, proses ini dapat memakan lebih banyak waktu. Jika Anda tidak yakin dapat mengerjakannya sendiri, serahkan kepada jasa pencucian permadani dan karpet bulu profesional.

Untuk jalankan perawatan sehari-hari, kibaskan permadani dan karpet bulu di luar rumah untuk menjatuhkan kotorannya. Letakkan selembar kain tipis yang berserat renggang, semisal sarung bantal katun mudah dan kain penyaring, di atas permadani.
Sedot debu di bagian permadani yang telah dilapisi kain. Debu bakal tersedot melalui celah-celah serat kain tanpa menyebabkan kerusakan bulu-bulu karpet permadani.

Untuk menghilangkan noda yang nampak jelas, sebisa mungkin manfaatkan pembersih buatan sendiri bersama dengan manfaatkan bahan-bahan di rumah. Campuran deterjen, cuka, dan air hangat merupakan pilihan cocok untuk membersihkan permadani dan karpet bulu yang sensitif.

Untuk menanggulangi bau tidak sedap, khususnya bau hewan peliharaan dan bau rokok, taburi permadani dan karpet bulu bersama dengan bedak bayi. Diamkan semalaman supaya bedak menyerap bau, selanjutnya sedot sisa-sisa bedak Mengenakan mesin pengisap debu.Atau anda bisa kunjungi Jasa Cuci Karpet

Membersihkan Debu di Permukaan Karpet Bulu

Karpet bulu mempunyai serat panjang yang lembut dan nyaman di kaki, namun condong mudah menangkap partikel debu. Bersihkan karpet bulu Anda paling tidak seminggu sekali bersama dengan beberapa langkah berikut:
Kibaskan karpet berasal dari satu} kali di luar rumah untuk menghilangkan debunya. Jika Anda cemas soal debu yang mungkin masih tertinggal, manfaatkan penyedot debu bersama dengan langkah mendorongnya maju mundur secara perlahan.
Balik karpet dan membersihkan permukaan belakangnya bersama dengan ujung penyedot debu yang bersifat sikat halus. Pastikan ujung penyedot debu tidak menyentuh daerah pinggir karpet, untuk menghambat kerusakan terhadap serat-serat bulunya.

Gunakan sikat lembut untuk mengangkat rambut atau bulu, bila dari hewan peliharaan layaknya anjing dan kucing.
Jika karpet bulu Anda mempunyai permukaan yang condong sensitif atau rapuh, jangan manfaatkan penyedot debu langsung di atasnya. Tutupi permukaan karpet bersama dengan kain tipis, selanjutnya manfaatkan penyedot debu di permukaan kain tersebut.

Membersihkan Noda Basah
Bahan karpet bulu yang lembut membuatnya condong sensitif terhadap produk-produk pembersih karpet biasa. Pastikan manfaatkan metode paling “ramah” kala membersihkan karpet bulu dari noda basah. Berikut berasal dari satu} tips untuk melakukannya:

Segera membersihkan noda basah kala baru menetes ke permukaan karpet, supaya tidak meninggalkan noda. Gunakan campuran air biasa dan sedikit detergen untuk membersihkan noda yang bukan air biasa, bila minuman atau kuah makanan. Jangan tunggu sampai noda kering, supaya tidak ada bekas tersisa.

Untuk pembersihan lebih baik, manfaatkan product yang dibikin untuk membersihkan karpet bulu, bukan karpet sintetis biasa. Mintalah himbauan terhadap penjual karpet untuk membeli product yang tepat. Agar situasi karpet terjaga, jangan manfaatkan pembersih dari bahan sintetis terkecuali terkecuali terpaksa.

Cuka dan air lemon dapat menjadi pembersih alami untuk menghilangkan noda sekaligus bau. Campurkan air perasan sebutir lemon bersama dengan sedikit air hangat dan cuka putih untuk menciptakan pembersih alami. Semprotkan sedikit ke atas noda, selanjutnya diamkan sepanjang lima sampai sepuluh menit sebelum akan Anda membersihkannya. Anda dapat manfaatkan dua butir jeruk nipis terkecuali tidak ada lemon.

Untuk pembersihan yang membutuhkan mesin, Anda dapat membungkus karpet bersama dengan kain layaknya sarung bantal atau seprei sebelum akan memasukkannya ke mesin cuci. Periksa labelnya untuk memastikan karpet berikut dapat dicuci bersama dengan mesin.

• Mulailah terhadap Pemilihan Tempat
Kenapa penentuan daerah menempatkan karpet itu penting? Sebab di sudut ruang mana karpet itu bakal dipasang bakal merubah kebersihan dan frekuensi perawatan karpet itu sendiri. Sebaiknya, letakkan karpet terhadap daerah yang jauh dari pintu atau jendela, karena debu bakal mudah sekali masuk dan menempel ke bulu karpet melalui celah-celah pintu atau jendela.

• Gunakan Mesin Penyedot Debu
Mesin penyedot debu merupakan alat paling tepat yang dapat kita manfaatkan untuk membersihkan karpet bulu di rumah. Jika terdapat noda yang bila tidak dapat hilang hanya bersama dengan manfaatkan mesin penyedot debu, gosok karpet bersama dengan sikat yang bertekstur lembut. Hindari Mengenakan sikat berbulu keras karena perihal ini justru bakal membawa dampak bulu terhadap karpet menjadi lepas.
Tips lain yang dapat Anda terapkan adalah melapisi bagian atas karpet bersama dengan kain yang lembut, bersama dengan demikian bulu terhadap karpet tidak bakal rontok kala dibersihkan.

• Perhatikan Penggunaan Pembersih Karpet Antinoda
Pembersih karpet antinoda kala ini banyak sekali dijumpai di pasaran. Namun sebelum akan memutuskan untuk menggunakannya, baca dan menyimak petunjuknya baik-baik. Pastikan zat yang terdapat didalam product pembersih itu sebenarnya aman untuk serat kain karpet bulu Anda di rumah. Alternatif lain yang dapat Anda jajal adalah manfaatkan air hangat yang dicampur bersama dengan cuka dan deterjen sebagai bahan pembersih karpet.

• Rutin Membersihkan Karpet
Tips lain yang perlu Anda menyimak adalah frekuensi atau seringnya Anda membersihkan karpet berbulu tebal tersebut. Jika karpet berikut sebenarnya sering dipakai, sebaiknya bersihkanlah secara rutin seminggu sekali. Namun terkecuali karpet Anda jarang digunakan, membersihkan 2 minggu sekali. Membersihkan karpet bersama dengan manfaatkan mesin penyedot debu dirasa telah cukup.

• Sebelum Mencuci Karpet, Ini yang Harus Anda Perhatikan
Sebelum memutuskan untuk mencuci karpet berbulu tebal, ada berasal dari satu} perihal yang perlu Anda perhatikan. Yang pertama adalah memastikan bahwa karpet berikut sebenarnya dapat dicuci. Karena ada berasal dari satu karpet bulu yang sebenarnya tidak dapat dicuci bersama dengan mesin. Mencuci karpet jenis ini pun tidak boleh teledor dilakukan, kita perlu mengerti betul caranya.Jika anda kesulitan untuk membersihkannya anda bisa menggunakan Jasa Pembersih Sofa

Sebelum memasukkan karpet ke mesin cuci, sebaiknya bungkus karpet bersama dengan sarung bantal atau kain katun khususnya dahulu. Hal ini dikerjakan supaya serat dan bulu karpet tidak bergesekan langsung bersama dengan mesin cuci yang dapat membawa dampak bulu karpet rontok dan rusak. Setelah bersih, jemur karpet di bawah sinar matahari langsung sampai terlampau kering. Jangan sekali-kali manfaatkan karpet yang masih basah karena rentan terkena jamur.
Itu saja 5 langkah mudah membersihkan karpet berbulu tebal. Semoga tips ini berfaedah bagi Anda, para fans karpet berbulu tebal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *