Cara Mencuci Pompa ASI Model Manual yang Efektif

Penting untuk Anda mengetahui cara mencuci pompa ASI agar alat ini selalu dalam keadaan bersih tanpa adanya kuman dan bakteri yang berbahaya bagi bayi. Salah satu jenis bakteri berbahaya yang bisa ada pada pompa ASI adalah cronobacter sakazakii. Ini cara mencuci alat pompa ASI model manual yang efektif untuk dilakukan.

Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Cucilah tangan Anda terlebih dahulu sebelum membersihkan alat pompa ASI bayi. Gunakan sabun yang aman dan air yang bersih. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel di tangan. Setelah dicuci, keringkan tangan dengan mengelapnya.

Pisahkan Setiap Bagian

Salah satu yang menjadi bagian dari cara mencuci pompa ASI dengan memisahkan setiap bagian dari alat pompa ASI tersebut. Anda bisa membaca buku petunjuk penggunaan untuk mengetahui mana saja bagian yang dapat dicuci. Bagian yang biasanya dapat dicuci adalah bagian botol, leher botol, corong pompa, dan klepnya.

Cuci setiap bagian ini dengan menggunakan air hangat yang sudah diberikan sabun. Anda bisa memilih jenis sabun yang aman untuk digunakan pada perlengkapan bayi agar tidak menimbulkan alergi. Jangan gunakan sabun cuci piring yang umum karena berisiko menimbulkan alergi pada bayi.

Gosok dengan Menyeluruh

Saat membersihkan pompa ASI gunakan spons atau sikat untuk menggosok setiap bagian sampai menyeluruh. Sediakan spons dan sikat yang hanya digunakan khusus untuk membersihkan perlengkapan bayi ini. Jangan digabungkan penggunaanya untuk peralatan makan secara umum di rumah karena berisiko akan adanya bakteri yang menempel.

Setelah semua bagian dirasa sudah bersih dengan menggosoknya secara menyeluruh. Bilaslah semua bagian pompa ASI tersebut hingga bersih. Lakukan pembilasan sebanyak dua kali agarĀ 

lebih terjamin kebersihannya. Setelah itu letakkan di dalam baskom yang bersih.

Rendam Air Hangat

Setelah semua bagian pompa ASI bersih, rendamlah dengan air hangat agar menjadi lebih steril. Anda bisa melakukan perendaman selama 30 menit. Saat direndam sebisanya untuk menutup wadah agar tidak ada kotoran yang dapat masuk.

Keringkan

Lakukan pengeringan alat pompa ASI dengan mengelapnya menggunakan handuk atau kain khusus untuk mengeringkannya. Anda bisa mengelap setiap bagiannya dan sekaligus bagian dalam botol jika diperlukan. Letakkan semua bagian pompa ASI dengan cara telungkup juga dapat menjadi cara yang tepat agar cepat kering.

Penyimpanan

Setelah selesai semua cara di atas Anda lakukan, maka langkah selanjutnya dengan melakukan penyimpanan alat dengan benar. Simpanlah di dalam kotak atau pun tas khusus alat pompa ASI bayi. Letakkan di tempat yang tidak lembap agar terlindungi dari masalah jamur.

Anda bisa menerapkan cara mencuci pompa ASI model manual ini dengan mudah dan tidak memakan banyak waktu. lakukan secara rutin agar botol susu bayi pun dapat awet. Pastikan setiap kali Anda melakukan pencucian, alat disimpan secara aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *