Kesehatan

Mengenal Macam Metode Sterilisasi Alat Medis

Tahukah anda apa itu sterilisasi. Untuk orang awam mungkin masih jarang mendengar tentang sterilisasi. Untuk itu kami akan memberikan informasi yang tentang sterilisasi. Di perkembangan jaman yang semakin kesini semakin canggih beragam alat diciptakan untuk kemudahan manusia. Seperti alat yang bernama Autoclave. Terus apa hubungannya autoclave dengan sterilisasi itu?

Mari kita bahas satu per satu. Mulai dari sterilisasi, sterilisasi adalah proses menghilangkan suatu mikroorganisme hidup , dalam hal ini mikroorganisme ini meliputi (protozoa, fungi, bakteri, mycoplasma,virus) yang menempel pada suatu benda benda. Proses ini bertujuan agar bakteri atau mikroorganisme yang menempel pada suatu alat tertentu dapat hilang.

Pada prinsipnya proses sterilisai dapat dilakukan melalui 3 macam cara yaitu :

1# – Sterilisasi secara mekanik

Dalam proses sterilisasi secara mekanik menggunakan suatu saringan yang berpori sangat kecil dengan ukuran 0,22 mikron atau 0,45 mikron. Hal ini akan membuat mikroba akan tertahan pada alat tersebut. Proses sterilisasi ini ditujukan bahan yang peka terhadap panas seperti larutan enzim dan antibiotik

2# – Sterilisasi secara fisik

Sterilisasi secara fisik dapat dilakukan dengan aktifitas pemanasan dan penyinaran.

Yang pertama dengan pemanasan.

Sterilisasi dengan pemanasan dapat dilakukan secara langsung dengan menggunakan api yang dipanaskan. Contoh membakar alat secara langsung seperti jarum inokulm, pinset, batang L atau alat lainnya.Pemanasan kering dilakukan dengan oven dengan suhu 60-180oC. Sterilisasi ini cocok digunakan untuk alat yang terbuat dari bahan kaca seperti erlenmeyer, tabung reaksi dan lainnya Uap air panas, Konsep dalam menggunakan metode ini seperti mengukus. Bahan bahan yang mengandung air sangat tepat menggunakan cara ini untuk sterilisasi.Uap air panas bertekanan. Cara ini dilakukan dengan bantuan alat yang bernama autoclave.

Yang kedua dengan penyinaran

Sinar Ultraviolet juga dapat dimanfaatkan dalam proses sterilisasi. Contoh untuk membunuh microba dengan proses penyinaran dengan lampu sinar UV.

3# – Sterilisasasi Kimia

Dalam melakukan sterilisasi dengan menggunakan bahan kimia biasanya memakai alkohol sebagai desinfektan. Antiseptik kimia biasanya digunakan dan dibiarkan menguap seperti alkohol. Sudah mengetahui tentang prinsip proses sterilisasi bukan. Lalu pembahasan selanjutnya mengenai alat sterilisasi yang biasa digunakan dalam bidang medis atau kesehatan. Alat tersebut bernama autoclave.

Apa itu autoclave? Autoclave adalah alat yang digunakan untuk mensterilkan peralatan dan perlengkapan dengan menggunakan tekanan uap yang tinggi pada suhu 121oC. Autoclave banyak digunakan dalam bidang kesehatan, medis, kedokteran, rumah sakit, klinik.

Alat ini memiliki fungsi khusus untuk membunuh bakteri atau micro organisme yang menempel pada suatu benda. Prinsip kerja autoclave menggunakan tekanan uap tinggi dengan suhu mencapai 121oC. Dengan suhu yang tinggi tersebut akan membuat micro organisme mati sehingga alat akan menjadi steril kembali.

baca juga: Mengenal Beberapa Jenis Defibrillator (Alat Kejut Jantung)

Untuk kebutuhan rumah sakit atau klinik tentu autoclave menjadi sesuatu yang wajib dimilki. Bagi yang membutuhkan autoclave tentu banyak yang jual autoclave laboratorium atau autoclave jenis lainnya sesuai kebutuhan. Banyak referensi yang Jual autoclave laboratorium, autoclave untuk medis, autoclave untuk industri. Sehingga tidak perlu bingung dalam memilih autoclave. Saran untuk yang sedang mencari autoclave untuk menghubungi agen resmi agar mendapatkan barang dengan kualitas terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *