Usaha

Mengenal Lebih Jauh Seputar Saham Di Indonesia

Berbicara mengenai saham tentu bagi Anda yang sudah menjadi investor sejak dahulu sudah tidak asing lagi dengan kata satu ini. Namun bagi Anda yang belum mengerti apa itu saham maka Anda bisa menyimak penjelasannya seperti berikut. Di Indonesia sendiri keberadaan investasi sudah meraja rela. Mulai dari investasi untuk anak di masa depan hingga investasi untuk Anda sendiri di masa tua yang akan datang.

Memang tidak bisa di pungkiri jika perkembangan zaman yang semakin maju maka Anda juga harus memiliki pemikiran yang semakin maju pula. Karena jika Anda tidak mengikuti arus perkembangan zaman maka Anda bisa tertinggal sangat jauh. Dan akibatnya bisa sangat buruk untuk kehidupan Anda, baik sekarang maupun di waktu yang akan datang.

Pengertian Saham Di Indonesia

Jika dahulu orang lebih menyukai menyimpan uang mereka di bank sebagai tabungan maka saat ini Anda harus lebih berani untuk mengambil langkah dan menjadikan investasi sebagai salah satu jalan untuk menabung Anda. Sebab jika Anda lebih memilih menanam saham di suatu perusahaan maka keuntungan yang akan Anda dapatkan lebih banyak.

Dibandingkan jika Anda menyimpan uang yang Anda miliki di bank setempat. Mengapa demikian? Sebab uang yang di simpan di bank tidak akan bertambah namun justru berkurang. Sedangkan jika Anda memilih menanam saham maka uang yang sudah Anda jadikan saham tadi bisa bertambah semakin banyak seiring dengan waktu berjalan.

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali jasa penyedia investasi baik bagi perorangan maupun kelompok dan salah satunya adalah perusahaan kami. Karena semakin banyak orang yang semakin menyadari jika investasi menggunakan saham akan lebih menguntungkan di bandingkan dengan investasi jenis yang lainnya.

Saham di bagi menjadi dua jenis yaitu saham biasa dan saham preferen. Pengkategorian saham ini di buat karena setiap orang memiliki seleranya sendiri dalam berinvestasi. Dengan adanya dua pilihan kategori saham ini maka Anda akan lebih mudah menentukan investasi saham mana yang akan gunakan di antara keduanya. Adapun pengertian dari kedua saham di atas adalah:

1. Saham biasa

Saham biasa adalah sebuah surat atau dokumen yang di miliki oleh seseorang sebagai bukti bahwa ia memiliki sebagian perusahaan dimana ia menanam saham di dalamnya. Biasanya pemilik saham biasa ini terdiri dari beberapa orang mulai dari pemilik saham terkecil, pemilik saham menengah atau sedang, hingga pemilik saham yang besar.

Pemilik saham pun memiliki hak atas perusahaan dimana ia menanam saham tadi. Ia juga bisa ikut andil dalam kinerja perusahaan. Namun besaran hak yang di miliki dan seberapa besar Anda boleh andil dalam kinerja perusahaan adalah sesuai dengan jumlah saham yang Anda tanam di perusahaan tersebut. Sehingga semakin tinggi saham yang Anda miliki maka semakin tinggi pula hak yang Anda punya.

2. Saham preferen

Sedangkan pengertian saham preferen hampir sama dengan saham biasa. Namun bedanya adalah saham preferen lebih tinggi tingkatannya dari pemilik saham biasa. Dimana pemilik saham satu ini bisa mendapatkan keuntungan lebih dahulu, bisa lebih besar ikut andil dalam kinerja perusahaan, hingga pemilik saham preferen juga bisa menukarkan sahamnya dengan saham biasa.

Biasanya pemilik saham preferen adalah mereka yang memang menyetorkan uang saham dengan lebih besar. Sehingga bagiannya di dalam memegang perusahaan juga bisa di bilang lebih besar di bandingkan pemilik saham yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *