Apa Saja Ciri-Ciri Mau Melahirkan yang Tak Kasat Mata?

Masa kehamilan yang merupakan momen terindah bagi perempuan seringkali berjalan dengan sangat cepat sehingga tak terasa usia kandungan pun sudah memasuki trimester ketiga. Pada masa ini tubuh Anda akan mempersiapkan diri untuk membantu keluarnya janin ke dunia. Lalu apa saja ciri ciri mau melahirkan yang tak terlihat oleh mata dan dialami oleh wanita?

  1. Leher Rahim Mengembang

Dalam rangka mempersiapkan kelahiran janin, leher rahim yang menjadi satu-satunya akses keluar dengan persalinan normal ini pun membuat dirinya menjadi lebih mengembang daripada sebelumnya.

Hal ini bisa terjadi pada hari-hari atau bahkan minggu sebelum melahirkan. Untuk lebih memastikan kebenarannya, Anda bisa meminta bidan atau dokter pribadi Anda untuk mengukur pelebaran atau penipisan melalui ter internal.

  1. Kepala Bayi Turun

Beberapa minggu sebelum proses persalinan terjadi, bayi Anda akan mulai turun ke area bawah. Beberapa wanita yang baru pertama kali hamil, bayi belum akan menuju area bawah sebelum benar-benar mendekati kelahiran.

Banyak ibu hamil yang terpaksa diporasi caesar karena sang bayi tidak kunjung  menuju area bawah. Untuk membantu menangani masalah ini, biasanya calon ibu dianjurkan untuk berolahraga jalan kaki tanpa alas agar lebih sehat, dan kegiatan ini biasanya dilakukan pada pagi hari saat udara masih bersih dan segar.

  1. Nyeri Punggung dan Kram Perut

Semakin tua usia kandungan, maka nyeri punggung serta kram perut yang Anda alami akan semakin menjadi. Terlebih jika kehamilan tersebut merupakan yang pertama, maka kemungkinan pangkal paha nyeri juga bertambah.

Nyeri punggung yang dialami oleh ibu hamil pada umumnya terjadi akibat kekakuan sendi. Kekakuan sendi itu sendiri disebabkan oleh pergerakan yang tidak stabil antar sendi selama hormon yang bertugas untuk melenturkan ligamen dan jaringan antar sendi bekerja. Untuk meringankannya Anda bisa meminta parasetamol dosis rendah kepada dokter kandungan Anda.

Sedangkan kram perut hebat yang sering melanda ibu hamil tua disebabkan oleh perubahan posisi rahim yang mengikuti gerak bayi. Pada umumnya, bayi akan mengarak ke bagian bawah rahim sebagai pertanda ia siap keluar. Hal inilah yang menyebabkan kontraksi terjadi sehingga memicu timbulnya kram perut.

Menjelang hari-hari melahirkan, kram yang terjadi ini sering disebut juga dengan kontraksi palsu. Untuk menekan terjadinya masalah ini, Anda dianjurkan untuk minum air putih secukupnya dan juga sering melakukan gerakan senam untuk memperlancar proses persalinan.

  1. Menggigil

Ciri-ciri mau melahirkan selanjutnya adalah keadaan ibu hamil yang menggigil menjelang proses kelahiran meski tidak demam. Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon progesteron menjelang detik-detik melahirkan. Menggigil menjadi cara tubuh untuk meredakan ketegangan dan biasanya akan hilang dalam beberapa menit dengan relaksasi.

Karena setiap wanita mempunyai kondisi yang berbeda, maka seluruh ciri-ciri mau melahirkan yang telah dipaparkan di atas tidak bisa dijadikan patokan. Seorang wanita bisa jadi mengalami satu atau bahkan semua tanda di atas. Untuk berjaga-jaga, tetap waspada dan perhatikan dengan baik perubahan tubuh Anda yang terjadi setelah kandungan memasuki usia trimester ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *