3 Jenis IMB Khusus Rumah yang Harus Anda Ketahui

Tentu Anda sudah sering mendengar dan melihat maupun membaca tentang berita yang menyatakan penggusuran rumah secara paksa oleh pemerintah. Biasanya kejadian seperti ini paling sering terjadi di area perkotaan yang memang sebagian besar warganya membangun rumah di tanah yang belum jelas kepemilikannya. Sehingga ketika rumah atau bangunan lain sudah jadi maka di gusur karena tidak jelas siapa yang memiliki.

Meskipun para pemilik bangunan yang di gusur tersebut mengatakan bahwa tanah yang ia tempati adalah milik nenek moyangnya zaman dahulu namun tetap saja jika sang pemilik bangunan tidak bisa menunjukan surat atau dokumen kepemilikan atas tanah atau pun gedung maka bangunan yang sudah selesai di bangun tadi akan di gusur oleh pihak berwajib.

Jenis-Jenis IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah lama di canangkan atau di informasikan bagi setiap pemilik bangunan untuk melengkapi bangunan mereka dengan dokumen yang sudah di tetapkan oleh pemerintah Indonesia. Dan salah satu dari dokumen tersebut adalah IMB atau kepanjangan dari izin mendirikan bangunan. Adapun jenis-jenis IMB adalah:

1. IMB untuk rumah baru

Seperti namanya yaitu izin mendirikan bangunan maka otomatis dokumen penting satu ini di tujukan bagi Anda yang ingin membangun bangunan baru. Baik itu bangunan rumah tinggal ataupun gedung lainnya. Sama seperti ketika Anda akan mendirikan sebuah rumah baru maka sebelum membangunnya Anda harus mengurus dokumen IMB nya terlebih dahulu.

Biasanya IMB untuk rumah baru terdiri dari beberapa jenis, mulai dari IMB pra pembangunan yaitu merupakan dokumen izin mendirikan bangunan yang di buat sebelum Anda membangun bangunan tersebut dan biasanya dokumen ini hanya berlaku satu tahun lamanya. Jika selama satu tahun Anda belum selesai membangun rumah Anda maka harus memperbarui IMB tersebut.

2. IMB untuk merenovasi rumah

Dokumen izin mendirikan bangunan tidak hanya wajib di miliki oleh Anda yang akan mendirikan bangunan baru saja namun juga untuk Anda yang berniat akan merenovasi rumah Anda. Namun jika renovasi rumah hanya sebatas memperbaiki bangunan rumah yang rusak atau mengecat ulang dinding rumah agar tampak baru maka renovasi ini tidak memerlukan pembuatan IMB baru.

Yang di maksud dengan IMB untuk renovasi rumah adalah jika Anda merenovasi rumah Anda dengan menambah bagian yang ada di dalam rumah sehingga menyebabkan rumah Anda bertambah luas dan juga lebar. Karena IMB untuk renovasi rumah adalah dokumen yang harus di perbarui ketika bentuk semula rumah berubah drastis, atau Anda bisa mempelajari selengkapnya di sini.

3. IMB untuk rumah lama

Macam-macam dokumen IMB selanjutnya adalah sebuah dokumen IMB untuk rumah lama. Contohnya jika Anda akan membeli rumah lama dan belum ada IMB nya maka Anda harus mengurus dokumen ini terlebih dahulu. Namun sebelum melakukan pengurusan dokumen izin mendirikan bangunan untuk rumah lama maka ada baiknya Anda cari tahu terlebih dahulu apakah bangunan yang akan Anda beli tersebut merupakan bangunan rumah tinggal ataupun bukan.

Nah itu tadi beberapa jenis dari dokumen IMB yang di khususkan untuk bangunan rumah. Masih ada banyak sekali jenis dokumen IMB yang ada di Indonesia sendiri. Namun bagi Anda yang belum memiliki IMB maka Anda bisa menggunakan jasa kami untuk membuatkan dokumen perizinan ini. Anda hanya perlu bersantai di rumah lalu dokumen izin mendirikan bangunan Anda akan jadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *