fashion

Nama Pakaian Adat Jawa Barat dan Penjelasannya

Pakaian Adat Jawa Barat

Pakaian Adat Jawa Barat – Jawa Barat jadi salah satunya propinsi di jawa sisi barat yang mempunyai lokasi dibagian ujung dengan ibu kota Bandung. Propinsi ini diduduki oleh penduduk yang sebagian besar datang dari suku sunda yang sangatlah diketahui mempunyai adab serta istiadat yang tinggi sekali dengan turun temurun dari nenek moyang yang bahkan juga sangatlah lampau.

Tidak salah bila di lokasi jawa barat ini gampang sekali diketemukan bukti-bukti peninggalan nenek moyang berbentuk candi serta prasasti di jaman kerajaan hindu serta kerajaan budha. Nah, Salah satunya peninggalan kebudayaan yang sampai saat ini masih tetap diketahui tidak hanya Baju Adat Jawa Timur dengan begitu baik bahkan juga masih tetap dipakai yakni baju adat Jawa Barat.

Di jawa barat terutamanya di sunda diketahui sangat banyak jensi baju adat yang didasarkan atas status sosial dari keluarga itu perihal ini sebetulnya kira-kira dari bahasan kami awal mulanya mengenai baju adat Jawa Tengah. dengan cara langsung dibagi jadi 3 type yakni bangsawan, menengah serta rakyat jelata. Buat Anda yang ingin tahu info komplet tentang beberapa type nama baju adat jawa barat, di bawah ini akan kami berikan dengan jelas serta detil tentang kekhasan baju adat yang datang dari jawa barat.

Daftar Nama Pakaian Adat dan Penjelasannya

Pakaian Adat Jawa Barat
Pakaian Adat Jawa Barat

1. Pakaian Pengantin Yang Menggunakan Adat Sunda

Bukan sekedar di propinsi jawa barat saja yang mengaplikasikan baju adat di pernikahan, akan tetapi spesial pada kesempatan kali ini akan dibicarakan dengan mendalam tentang baju apa yang dipakai oleh beberapa mempelai yang memakai adat sunda dalam mengikat janji sucinya pada hari sangat bahagia.

Baju adat jawa barat pengantin ini seringkali dimaksud dengan arti baju sukapura. Untuk mempelai pada wanita dipakai kebaya brukat yang berwarna putih diperlengkapi dengan ikat pinggang yang mempunyai warna emas, alas kaki berbentuk sepatu selop berwarna putih, kain rereng eneng di bagian bawahnya. Sedang untuk mempelai lelaki dipakai jas warna putih tertutup dengan ikat pinggang berwarna merah. Sama dengan mempelai wanita, alas kaki yang dipakai ialah sendal selop berwarna putih.

2. Pakaian Adat Jawa Barat Sunda di Acara Sah

Baju adat jawa barat lelaki serta wanita yang seringkali dipakai di acara-acara sah salah satunya ialah di salah satunya kontes pasangan yang seringkali dimaksud dengan mojang serta jejaka. Di acara itu mojang akan kenakan pakaian adat berbentuk kebaya yang polos dengan hiasan-hiasan yang memberi kesan-kesan yang begitu cantik seperti kain kebat, karembong, bebeur, hiasan polos dengan sulaman, tusuk konde, bros, kalung cincin, selop berwarna putih serta ada banyak kembali.

Sedang jejaka kenakan jas tutup atau jas takwa dengan beberapa warna yang bebas akan tetapi seringkali dipakai warna gelap atau warna hitam. Bukan sekedar itu saja, di bagian bawah memakai celana yang mempunyai warna seirama dengan jas yang dipakai. Jam rantai umumnya jadi hiasan yang begitu popular yang dijepitkan pada saku jas. Kesan-kesan tampan serta cantik pasti akan tampak dari pancaran aura.

3. Pakaian Adat Jawa Barat Spesial Bangsawan

Arti bangsawan mungkin untuk saat ini lebih pas ditukar dengan arti papan atas atau konglomerat. Sama dengan namanya, cuma beberapa orang dipilih saja yang dapat kenakan pakaian adat ini. Baju adat ini tidak sekedar hanya jadi pewaris budaya daripada nenek moyang akan tetapi ikut otomatis jadi lambang keagungan serta kekayaan ekonomi seorang. Dari sisi desainnya saja, baju adat ini akan tampak begitu susah akan tetapi menyuguhkan kesan-kesan estetika yang begitu mempesona.

Jadi, tidak salah bila siapapun yang mengenakannya akan tampak begitu cantik serta begitu tampan. Spesial untuk lelaki bangsawan, baju yang dipakai ialah jas berwarna gelap yang memakai material bludru yang disulam memakai benang emas dari bagian lengan s/d sisi pinggir jas, sedang untuk wanita memakai kebaya atau gaun berwarna gelap dengan sisi pinggirnya dijahit memakai benang emas. Bukan sekedar itu saja, pernak pernik yang begitu elegan ikut tidak lupa dipakai oleh beberapa bangsawan salah satunya berlian serta emas. Tentunya, tidak ada satupun yang tidak takjub lihat kemegahan dari baju adat itu.

Itulah Nama Nama Pakaian Adat Jawa Barat beserta penjelasan singkat dari saya. Mudah mudahan bermanfaat ­čÖé

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *