Wisata

Hati-Hati Penipuan Berkedok Umroh Murah

Anda mungkin sempat mendengar beberapa waktu lalu media sempat penuh dengan pemberitaan tentang penipuan travel umroh yang merugikan hingga ribuan calon jamaah. Para calon jamaah ini termakan dengan iming-iming umroh murah yang ditawarkan oleh pihak travel. Pada akhirnya ternyata impian berangkat umroh pupus akibat uang yang dibawa lari oleh si travel tidak bertanggung jawab. Kejadian ini membuat masyarakat kini lebih hati-hati terhadap penawaran paket umroh dengan harga yang sangat murah. Memang, sudah sepatutnya Anda lebih waspada pada penawaran-penawaran semacam itu agar tidak terjebak. Supaya lebih selektif lagi, ketahui beberapa kriteria yang patut dicurigai dari sebuah travel umroh.

Ciri-Ciri Umroh Murah yang Dicurigai Tidak Bertanggung Jawab

Jika Anda baru akan berangkat umroh untuk pertama kali ketahui beberapa kriteria yang perlu dicurigai dari sebuah travel umroh dan sebaiknya Anda hindari berikut ini:

  • Tidak adanya izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia

Penting untuk mengecek apakah penyedia paket umroh murah yang Anda lirik sudah mengantongi izin resmi ataukah belum. Pihak travel yang berizin resmi tentu akan lebih hati-hati karena harus mempertanggung jawabkan segala kegiatannya kepada pemerintah.

  • Harga yang ditawarkan terlalu murah

Anda perlu berhati-hati kalau harga paket yang ditawarkan travel jauh lebih murah dibandingkan harga yang ditawarkan travel lainnya. Di sini lah pentingnya Anda melakukan survei lebih dulu untuk membandingkan harga antar travel. Harga yang terlalu murah justru patut dipertanyakan karena ongkos untuk perjalanan umron sendiri memang tidaklah murah.

  • Tidak ada kejelasan tentang jadwal pemberangkatan

Anda patut curiga pada penyedia jasa travel yang tidak memberikan kepastian tanggal keberangkatan. Lebih baik memilih travel yang langsung memberangkatkan jamaah yang sudah melakukan pelunasan pembayaran tanpa ada waktu tunggu.

  • Janji yang ditawarkan terlalu muluk-muluk dan tidak sebanding dengan biaya yang dibayarkan

Semakin manis janji yang diberikan justru harusnya membuat Anda semakin berhati-hati. Anda perlu waspada pada travel yang menjanjikan pelayanan ekslusif namun dengan harga yang murah.

Pergi ibadah dengan paket umroh murah memang bukan hal yang salah, tapi akan sangat lebih baik kalau Anda berhati-hati dalam memilih travel yang tepat supaya impian Anda menginjakkan kaki di tanah suci bisa jadi kenyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *